Ide Memanfaatkan Kayu Sisa Gergajian untuk Dekorasi Rumah

Pada kesempatan kali ini diminimalis akan mengajak Anda untuk bicara tentang ide membuat elemen dekorasi ruangan dari kayu sisa gergajian. Ada banyak ide pemanfaatan yang bisa Anda coba mulai dari bahan furniture sampai dengan dekorasi biasa seperti untuk bingkai cermin. Tidak terlalu sulit untuk membuatnya, Anda hanya perlu menyiapkan konsep dan alat yang dibutuhkan saja.

Untuk mendapatkan berbagai inspirasi yang Anda inginkan, Anda bisa perbanyak berkunjung ke galeri seni kerajinan kayu dan mebel. Disana Anda akan mendapati contoh desain pemanfaatkan kayu sisa gergajian untuk keperluan tertentu. Dengan begitu, setelah Anda pulang ke rumah tinggal menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Memanfaatkan Kayu Sisa Gergajian untuk Dekorasi Rumah Unik

Sering kita jumpai kan, kayu sisa gergajian pohon dan mebel tergeletak dan terbuang begitu saja tanpa ada yang mau memanfaatkannya. Kalaupun ada paling hanya sebagai kayu bakar saja untuk pemilik tungku tradisional. Material kayu sendiri memang sudah digunakan manusia sejak dulu sebagai bahan rumah maupun sebagai kayu bakar. Teksturnya yang mudah dibentuk dan juga kuat menjadikan kayu sulit untuk digantikan material lainnya.

kayu sisa gergajian
kayu sisa gergajian untuk cermin – diminimalis.com

Di tangan sebagian orang yang kreatif sisa kayu tersebut sebetulnya masih bisa dialih fungsikan menjadi sesuatu yang bernilai tinggi. Pemanfaatan limbah kayu gergajian berupa serbuk, hari ini bisa diolah menjadi briket untuk bahan bakar industri dan rumah tangga.

Jika dimanfaatkan secara kreatif, Anda bisa menggunakan sisa gergajian tersebut sebagai media tanam tumbuhan di dalam polybag. Atau bisa juga untuk keperluan lain yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda di rumah.

Memanfaatkan Kayu Sisa Gergajian untuk Memperindah Rumah

Selain limbah serbuk sisa gergajian, pemanfaatan limbah kayu mebel berupa potongan-potongan kayu dengan bentuk tidak beraturan juga bisa Anda manfaatkan. Bagi Anda yang memilki tungku perapian, kayu sisa ini bisa menjadi stok bahan bakar. Lumayan kan untuk menghadapi dingin pada musim penghujan tidak perlu menyediakan kayu dari beli.

Bentuk alami dari potongan kayu sebetulnya memiliki nilai dekoratif yang bisa Anda eksplore dan tuangkan menjadi furniture. Bentuk yang tak beraturan ini justru akan menambah nilai seni tersendiri yang menunjukan keunikan pada rumah Anda. Untuk mewujudkannya, Anda bisa membuatnya sendiri ataupun meminta tolong kepada tukang kayu. Anda tinggal sodorkan desain dan bentuk yang Anda inginkan.

Meja unik berasal dari potongan kayu ini contohnya. Meja ini terlihat menarik dengan menonjolkan tekstur kayu yang dibiarkan apa adanya tak beraturan. Namun sedikit polesan saja bisa menjadikan meja ini nampak lebih menarik dan bisa Anda fungsikan sebagai meja pada umumnya dan juga menjadi elemen dekoratif dalam ruangan.

kayu sisa gergajian
meja dari potongan kayu tak berbentuk – diminimalis.com

Anda juga bisa membuat bentuk-bentuk lain dari kayu sisi gergajian.  Ada satu bentuk rak yang bisa Anda coba buat sebagai rak buku maupun rak pajangan koleksi Anda. Sisa potongan dahan dan ranting bisa Anda susun bertingkat membentuk anak tangga yang Anda letakkan menempel pada dinding. Buku ataupun pajangan koleksi Anda akan terlihat lebih menarik.

Anda bebas mau memanfaatkan serbuk kayu sisa ini untuk kegunaan apapun. Yang penting Anda harus memahami bahwa mendesain setiap elemen dalam ruangan perlu perencanaan khusus termasuk memahami bagaimana merawat furniture kayu.

Anda bisa mencari tahu dari internet jika ingin belajar secara otodidak. Atau jika ingin pesan kepada tukang bisa cari tukang yang profesional agar didapat hasil yang maksimal. Uang Anda jadi tidak sia-sia nantinya.

kayu sisa gergajian

rak buku dari ranting kayu – diminimalis.com

Jika tidak ingin membuatnya untuk rumah Anda, bisa juga dimanfaatkan untuk usaha kerajinan. Di luar sana, ada banyak orang yang sukses menekuni bisnis semacam ini. Berawal dari hobi dan ketelatenan akhirnya menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Anda bisa mencobanya, bisa dimulai dengan mencari seminar ataupun pelatihan soal ini.

Demikianlah beberapa contoh pemanfaatan kayu sisa gergajian yang bisa Anda bentuk menjadi sebuah furnitur berdesain atraktif bernilai dekoratif yang bisa menjadikan suasana ruang menjadi lebih indah dan nyaman. Semoga bermanfaat, salam diminimalis (am). Editted by RN10032020


Comment