Kayu Sisa Gergajian Bernilai Dekoratif Penambah Nyaman Dan Indah

kayu sisa gergajian untuk cermin - diminimalis.com

Kayu sisa gergajian pohon dan mebel biasanya tergeletak dan terbuang begitu saja tanpa ada yang mau memanfaatkannya kalaupun ada paling hanya sebagai kayu bakar saja. Material kayu memang sudah digunakan manusia sejak dulu sebagai bahan rumah maupun digunakan sebagai kayu bakar. Teksturnya yang mudah dibentuk dan juga kuat menjadikan kayu sulit untuk digantikan material lainnya.

kayu sisa gergajian
kayu sisa gergajian untuk cermin – diminimalis.com

Ditangan sebagian orang yang kreatif sisa kayu tersebut sebetulnya masih bisa dialih fungsikan menjadi sesuatu yang bernilai tinggi. Pemanfaatan limbah kayu gergajian berupa serbuk hari ini bisa diolah menjadi briket untuk bahan bakar indrusti dan rumah tangga. Anda juga bisa menggunakan sisa gergajian tersebut sebagai media tanam tumbuhan di dalam polybag.

Memanfaatkan kayu sisa gergajian untuk memperindah rumah

Selain limbah serbuk sisa gergajian yang masih bisa Anda gunakan pemanfaatan limbah kayu mebel berupa potongan-potongan kayu yang memiliki bentuk tidak beraturan juga bisa Anda manfaatkan. Bagi Anda yang memilki tungku perapian kayu sisa ini bisa menjadi stok bahan bakar yang cukup untuk menghadapi dingin pada musim penghujan.

Bentuk alami dari potongan kayu sebetulnya memiliki nilai dekoratif yang bisa Anda eksplore dan tuangkan menjadi furniture di dalam maupun luar ruangan. Bentuk yang tak beraturan ini justru akan menambah nilai seni tersendiri dan juga keunikan pada rumah Anda. Anda bisa membuatnya sendiri ataupun meminta tolong kepada tukang kayu agar dibuatkan bentuk yang Anda inginkan.

Meja unik berasal dari potongan kayu ini contohnya. Meja ini terlihat menarik dengan menonjolkan tekstur kayu yang dibiarkan apa adanya tak beraturan. Namun sedikit polesan saja bisa menjadikan meja ini nampak lebih menarik dan bisa Anda fungsikan sebagai meja pada umumnya dan juga menjadi elemen dekoratif dalam ruangan.

kayu sisa gergajian
meja dari potongan kayu tak berbentuk – diminimalis.com

Anda juga bisa membuat bentuk-bentuk lain dari kayu sisi gergajian.  Ada satu bentuk rak yang bisa Anda coba buat sebagai rak buku maupun rak pajangan koleksi Anda. Sisa potongan dahan dan ranting bisa Anda susun bertingkat membentuk anak tangga yang Anda letakkan menempel pada dinding. Buku ataupun pajangan koleksi Anda akan terlihat lebih menarik.

kayu sisa gergajian
rak buku dari ranting kayu – diminimalis.com

Demikianlah beberapa contoh pemanfaatan kayu sisa gergajian yang bisa Anda bentuk menjadi sebuah furnitur berdesain atraktif bernilai dekoratif yang bisa menjadikan suasana ruang menjadi lebih indah dan nyaman. Semoga bermanfaat, salam diminimalis (am).

Baca juga: merawat furniture kayu

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.