Mengenal Ragam Karpet Rumah Minimalis Berdasarkan Bentuknya

Rumah minimalis tidak hanya bicara soal bagian atas atau furniture umum saja. Perabot rumah seperti halnya karpet juga turut penting dalam menunjang tampilan hunian yang lebih baik. Karpet rumah minimalis adalah salah satu elemen dekorasi yang cukup penting. Adanya karpet selain sebagai hiasan juga menambah kesan rumah yang rapi dan bersih.

Nah, lalu bagaimana memilih karpet yang bagus dan apa saja jenis karpet rumah yang banyak dipakai? Kita akan bahas selengkapnya di artikel ini.

Model Karpet Rumah Minimalis

Karpet bisa jadi pilihan yang sangat tepat untuk menghadirkan kesan elegan khususnya pada ruang tamu. Kehadiran karpet lantai rumah minimalis juga dapat semakin menghangatkan suasana rumah disaat musim penghujan tiba. Anda pun tidak akan merasakan dingin walaupun harus duduk di lantai dalam waktu yang lama.

Karpet rumah minimalis
karpet rumah minimalis untuk ruang tamu – diminimalis.com

Beragamnya model karpet minimalis semakin memudahkan Anda didalam pemilihannya. Jika Anda memilih motif karpet dengan tepat maka akan menjadikan desain interior rumah minimalis Anda semakin bagus.

Jika diaplikasikan pada ruang tamu maka besar kemungkinannya tamu yang datang berkunjung akan semakin nyaman dan betah. Ada tidak lebih dari tiga macam jenis karpet jika dilihat dari bentuknya. Berikut diminimalis sajikan ulasan singkatnya untuk Anda.

Ragam karpet rumah minimalis berdasarkan bentuknya

Ada begitu banyak ragam karpet yang ada di pasaran, namun secara bentuk bisa dibedakan menjadi tiga tipe, berikut ini ulasannya:

Karpet tile

Sesuai dengan namanya, karpet jenis ini memang memiliki bentuk menyerupai ubin. Ukuran yang tersedia pun sangat beragam, mulai dari 30 x 30 cm, 40 x 40 cm, 50 x 50 cm hingga 92 x 92 cm. Salah satu kelebihan karpet rumah minimalis jenis ini adalah Anda tidak harus membawa keseluruhan karpet ke tukang laundry jika terkena kotoran, cukup ambil sebagian karpet yang terkena kotoran saja. Karet yang terdapat pada lapisan bawahnya juga menjadikan karpet tidak licin saat diinjak.

Jika ada satu bagian karpet yang terlihat mengelupas segera saja Anda rekatkan kembali agar tidak menjalar pada karpet yang lainnya. Apalagi jika Anda masih memiliki anak kecil yang biasanya senang bermain di atas karpet, karpet biasanya akan cepat lepas dikarenakan buat mainan. Segera saja Anda rapikan lagi dan rekatkan menggunakan perekat.

Karpet rumah minimalis
ragam jenis karpet – diminimalis.com

Karpet permadani

Jenis karpet ini merupakan jenis yang paling sering dipakai pada ruang tamu berkonsep lesehan. Bahan lembut yang terbuat dari wol atupun nylon dan polipropilene semakin menghangatkan suasana bersama tamu Anda.

Selain ruang tamu ruangan lain di dalam rumah yang pas dilapisi lantainya dengan karpet permadani adalah ruang kamar tidur. Apalagi jika musim hujan tiba penggunaan karpet rumah minimalis di dalam kamar bisa menjadi penghangat tanpa daya yang tentunya hemat energi

Karpet meteran

Karpet jenis ini merupakan jenis yang paling sering kita jumpai pada masjid atau mushola. Namun tidak ada salahnya Anda menggunakannya pada rumah Anda. Ukurannya yang fleksibel dapat menyesuaikan dengan kebutuhan ruangan akan memudahkan Anda dalam menggunakannya, sehingga lantai pun bisa tertutup dengan sempurna.

Karpet rumah minimalis sederhana ini juga bisa Anda gunakan sebagai penutup dinding yang praktis. Dinding yang Anda lapis dengan karpet meteran ini akan menjadi kedap sura sehingga suasana di dalamnya lebih tenang. Anda bisa memotong dan membuat pola yang sesuai dengan keinginan Anda agar diperoleh bentuk yang diinginkan.

Dinding yang Anda lapisi menggunakan karpet juga terbebas dari lumut dan perawatan yang rumit. Anda tidak perlu direpotkan dengan aktifitas mengecat yang tentunya memerlukan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Anda hanya perlu mengganti karpet lama dengan karpet rumah minimalis lainya jika dirasa sudah rusak ataupun ingin mengganti suasana agar terlihat baru.

Demikian ulasan singkat mengenai ragam karpet rumah minimalis berdasar pada bentuknya. Jangan lupa juga karpet Anda bersihkan secara rutin agar kebersihannya tetap terjaga. Pemilihan desain karpet bisa Anda tentukan sendiri, sesuaikan dengan kebutuhan dan konsep ruangan. Semoga bermanfaat, salam diminimalis (am.). editted by RN10122019


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.