Plus Minus Desain Kamar Tidur Tanpa Ranjang, Mau Coba?

Kenyamanan sebuah kamar tidur merupakan hal utama yang diharapkan oleh setiap penghuni rumah. Sebab, di ruangan inilah segala penat, capek, dan lelah akan dilepaskan, baik dengan rebahan ataupun tidur sungguhan. Kamar tidur yang nyaman tidak mesti harus memiliki elemen dekorasi yang super mewah. Bahkan bagi sebagian orang, sekedar alas karpetpun bisa untuk memejamkan mata dengan lelap.

Inilah yang kemudian menjadi penting untuk memaknai seperti apa sih kamar tidur yang nyaman itu? Barangkali Anda perlu mencoba desain kamar tidur tanpa ranjang yang banyak diadopsi oleh masyarakat Jepang sejak zaman dulu.

Ya, kamar tidur dengan kasur tanpa dipan alias langsung digelar di atas lantai bisa jadi alternatif ide yang anti-mainstream. Desain ini cocok tidak hanya untuk yang ingin hemat budget karena tidak perlu beli dipan, tapi juga bagi yang mau menerapkan ranjang portable. Artinya bisa dibongkar pasang saat dibutuhkan.

Plus minus Desain Kamr Tidur Tanpa Ranjang

Kita sepakat bahwa kenyamanan tidak bisa ditukar dengan apapun jua. Itulah kenapa meski mungkin ruangan rumah Anda minim furniture bisa saja tetap nyaman untuk ditempati. Jadi, mempertimbangkan untuk mengadopsi kamar tidur tanpa dipan adalah ide yang patut dicoba. Kita akan coba gali apa saja kelebihan dan kekurangan ide desain yang satu ini agar Anda semakin mantap.

Kelebihan desain kamar tidur dengan dipan

Pertama, Efisiensi Ruangan

Ide desain kamar tidur ini cocok untuk Anda yang memiliki rumah minimalis. Dengan menerapkan desain kamar tidur tanpa ranjang maka ruangan tidak akan berkurang cukup banyak akibat adanya dipan. Kelebihan ini akan sangat terasa jika diterapkan pada kamar anak remaja Anda, dimana anak seusianya akan menyukai ruangan yang lapang.

Anak akan punya lebih banyak space untuk bermain, dan yang lebih penting, belajar jadi tidak terganggu. Sebab, hanya dengan menggelar kasur lantai yang bisa disisihkan maka akan lebih banyak space untuk meletakkan mainan dan alat belajarnya.

Kedua, Penghematan

Ya, dengan menerapkan ide desain ini secara tidak langsung Anda sedang menjalankan misi penghematan. Kamar tidur yang tadinya memiliki ranjang dengan dipan pasti akan membuat pengeluaran Anda jadi lebih banyak. Kaena, Anda harus membeli kasur dan juga dipan secara terpisah. Sekarang, dengan Anda mengubah konsepnya menjadi kasur lantai maka tidak perlu lagi beli dipan bukan?

Ketiga, Anti-mainstream

Kita tahu, bahwa ide kamar tidur tanpa ranjang seperti ini dipopulerkan oleh masyarakat Jepang. Jika ide ini Anda terapkan di rumah Anda tentu orang akan bilang “jarang-jarang”. Nah, maka dari itu, tidak perlu ragu lagi untuk mengusung konsep ini ke dalam kamar tidur minimalis Anda dan keluarga. Jika Anda ingin konsepnya mirip dengan Jepang, bisa ditambahkan ornamen lain misalnya dengan pintu geser.

Keempat, keamanan dan kesehatan

Mungkin konsep ini biasa saja bagi Anda yang memang sudah cukup dewasa. Namun, bayangkan jika di rumah Anda ada bayi kecil, maka konsep ini akan membantu membuatnya aman. Tempat tidur yang identik dengan dipan dan kasur jelas akan cukup tinggi dan beresiko bagi balita. Ketika mereka akan naik ke ranjang atau malah sedang tidur lalu mengigau, ia bisa saja jatuh.

Jadi, menurut kami, mengadopsi desain kamar tidur tanpa ranjang adalah ide yang paling aman untuk Anda sekeluarga. Tinggal disesuaikan saja, jika penerapannya di kamar tidur anak Anda maka sesuaikan segala kebutuhan furniturenya. Buat kasur dan dekorasinya yang sesuai dengan selera si anak.

Kelima, kerapihan dan kebersihan terjaga

Kamar tidur tanpa ranjang jelas akan membuat kamar tidur jadi lebih ringkas. Anda tidak perlu susah-susah membersihkan kolong ranjang. Setelah bangun tidur bisa langsung di angkat dan disimpan sementara. Bekasnya bisa langsung disapu dan dibersihkan dengan mudah. Lihat, kamar tidur tanpa ranjang mampu membuat ruangan tetap terjaga kerapihannya bukan?

Kamar tidur Tanpa Ranjang, desain Kamar Tanpa Ranjang, menata Kamar Tanpa Ranjang, kamar tisur lesehan

kamar tidur tanpa ranjang – diminimalis.comKekurangan Kamar Tidur Tanpa Ranjang

  • Repot mengangkat kasur lantai

Ya, dibalik kelebihan dimana kasur dapat disisihkan saat tidak terpakai, kekurangannya juga menyertai. Yaitu, Anda bisa saja dibuat repot harus mengangkat-angkat kasur yang bisa jadi berat untuk Anda.

  • Kasur bisa mudah kotor karena nyaman untuk tiduran dan beraktivitas di atasnya.

Biasanya anak-anak akan kurang perhatian dengan kebersihan kasur. Setelah dari lantai yang kotor mungkin saja langsung naik keatas kasur tanpa kakinya dibersihkan dulu. Jelas akan mengotori kasur

  • Bahaya hewan liar yang bisa dengan mudah naik ke atas kasur

Keamanan juga jadi pertimbangan ketika akan memilih yang tanpa ranjang. Hewan liar seperti ular jika masuk ke ruangan akan mudah sekali untuk naik ke atas kasur karena tanpa terhalang tingginya dipan.

Bahaya Tidur di Lantai, Bahaya Tidur di Lantai keramik, bahaya tidur di kasur tanpa ranjang
ada banyak potensi bahaya bagi seseorang yang terbiasa tidur di lantai – diminimalis.com

Tips Mengubah Desain Kamar Tidur Menjadi Tanpa Ranjang

Nah, selanjutnya untuk Anda yang ingin menyulap kamar tidur Anda menjadi tanpa ranjang, Anda mesti memperhatikan tips berikut:

Atur pencahayaan yang tepat     

Untuk menunjang kenyamanan saat beristirahat, maka sistem pencahayaan harus diatur sebaik mungkin. Anda harus bisa memaksimalkan pencahayaan alami kamar tidur, buat agar kasur tidak berlawanan dengan jendela. atur agar kasur digelar di sisi samping jendela ruangan, ini agar tidak silau.

Sementara untuk pencahayaan malam, Anda bisa praktekkan cara mengatur lampu di kamar tidur agar cahayanya tidak menyilaukan mata. Anda bisa terapkan ide lampu tersembunyi atau lampu meja. Dengan konsep tersembunyi atau lampu meja yang mudah dion off kan maka ruangan tidak akan menyilaukan sehingga di sisi lain tetap elegan.

Perbanyak unsur kayu

Jika ingin kamar tidur lesehan Anda jadi lebih representatif dan indah, Anda perlu memasukan elemen kayu sebagai pelengkap furniturenya. Bisa Anda aplikasikan pada meja atau kursi ruangan dari kayu bercat coklat atau abu-abu. Ini akan memunculkan kesan elegan yang pas di ruang tidur Anda.

Perbanyak perabot multifungsi

Terakhir soal perabot yang akan dimasukkan ke dalam kamar tidur lesahan Anda. Kami sarankan untuk tidak terlalu banyak memasukkan furniture yang berfungsi tunggal. Perbanyak perabot yang multifungsi saja agar ruangan lebih simpel.

Misalnya, jika Anda merencanakan desain kamar tidur dengan TV di dalamnya maka sebaiknya pilih kabin TV yang sekaligus dengan lemari. Atau bila perlu, pilih TV dinding. Cara ini akan meminimalisasi penggunaan banyak space oleh perabot. Termasuk juga untuk meja dan kursi yang akan dipakai sebagai pelengkap. Usahakan yang tidak terlalu besar dan sebaiknya dipilih yang multifungsi.

Pada intinya, merencanakan desain kamar tidur tanpa ranjang itu mudah. Anda tinggal usahakan desainnya seminimalis mungkin agar didapat ruangan yang menyisakan banyak space. So, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. (ls) editted by RB26042020


Comment