Desain Kamar Tidur Tanpa Dipan, Ini Plus Minusnya Diterapkan di Rumah Minimalis

Efektivitas penataan kamar tidur pada rumah minimalis sangatlah penting. Salah satu diantara penyebabnya adalah usaha pemanfaatan space yang minimal untuk hasil desain yang maksimal. Ide desain yang bisa diusung dalam rangka minimalisasi ruang adalah konsep kamar tidur tanpa dipan.

Konsep ini memungkinkan pemilik/penggunanya lebih leluasa dalam bergerak dan melakukan aktivitas apapun. Di sisi lain, konsep desain ini cukup berbeda dengan kamar tidur pada umumnya sehingga dengan kata lain; anti mainstream.

Keunggulan Desain Kamar Tidur tanpa Dipan Dibandingkan yang Lain

Desain kamar tidur tanpa dipan bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif desain yang perlu dicoba pada rumah minimalis Anda. Sebab, jika ditelaah ada banyak manfaat yang bisa didapat dari mendesain kamar tidur tanpa dipan ini.

Pertama, atas dasar efisiensi, yang mana bagi pemilik rumah minimalis, tentu saja efisiensi ruang adalah hal utama. Setiap orang tentu mendambakan kenyamanan dalam menikamti waktu istirahat. Nah, desain kamar tidur lesehan ini bisa diadopsi untuk menonjolkan kenyamanan saat tidur.

Kedua, dari sisi kesehatan dan estetika dalam ruangan. Setiap pemilik rumah juga tentu menginginkan sertiap elemen dalam ruangan mampu menunjang nilai lebih dari sisi tampilan. Nah, coba byangkan ranjang Anda digelar di lantai tanpa dipan, akan sangat berbeda bukan?

Untuk lebih jauh tentang gambaran penerapan kamar tidur lesehan, kali ini diminimalis akan mengulas berbagai tipsnya untuk Anda.

kamar tidur tanpa dipan, tempat tidur tanpa dipan, desain kamar tidur lesehan

Kamar tidur tanpa dipan yang ternyata memiliki berbagai manfaat kesehatan – diminimalis.com

Kelebihan Desain Tempat Tidur Tanpa Ranjang

Meski kesannya sepele dan ada tidaknya ranjang tetap bisa tidur, namun Ana perlu mencoba tidur di tempat tidur lesehan. Sebab, ada beberapa kelebihan dari memiliki tempat tidur lesehan lho, berikut diantaranya:

1. Lebih santai dan nyaman

Tidur di atas kasur yang sudah ada tempatnya (ranjang) mungkin sudah biasa. Mungkin yang belum adalah lesehan, bagaimana rasanya? Tentu akan lebih nyaman dan santai sehingga istirahatpun terdukung dengan baik. Kasur yang bersentuhan langsung dengan lantai mengisyaratkan kemudahan saat akan membaringkan badan dan memejamkan mata.

2. Lebih mudah dibersihkan

Biasanya, tempat tidur dengan ranjang lebih kotor karena ada kolong di bawahnya yang sulit dibersihkan. Sementara tempat tidur tanpa dipan/ranjang akan membuat Anda lebih mudah membereskan dan membersihkannya. Tanpa adanya kolong di bawah kasur Anda, energi dan waktu untuk berberes jadi lebih efisien.

3. Kamar tidur jadi terasa lebih luas

Kamar tidur dengan ranjang di dalamnya, seringkali luas kamar sudah terpakai hingga 50 %. Nah, dengan mengusung konsep lesehan, maka ruang tidur jadi terasa lebih luas. Faktanya, memang tempat tidur berkonsep lesehan membuat pandangan lebih leluasa. Meletakkan barang juga jadi lebih bebas. Jadi, konsep lesehan cocok untuk desain kamar tidur sempit di rumah minimalis.

4. Bebas mendekorasi

Tempat tidur tanpa ranjang akan membuat Anda jadi lebih leluasa saat ingin menambahkan ide dekorasi. Tenmpatt tidur dengan ranjang tentu memiliki headboard yang membuat tampilan lebih sempit saat akan ditambahkan sesuatu.

Sementara, jika tempat tidur tidak beranjang, maka Anda bisa menambahkan sesuatu hiasan pengganti headboard. Anda bisa menambahkan poster raksasa. Atau jika ada wallpaper maka semuanya akan terlihat secara utuh. Anda akan lebih kreatif bukan jika tempat tidurnya tanpa dipan?

Kamar tidur tanpa dipan dan manfaatnya

Kenyamanan pada sebuah kamar tidur merupakan hal utama yang diharapkan oleh setiap orang. Termasuk tentang bagaimana mengupayakan kualitas desain kamar tidur terbaik. Bisa dengan memilih inovasi desain kamar tidur yang tadinya berada di atas dipan menjadi lesehan.

Perubahan desain kamar tidur in bisa sangat berpengaruh pada kualitas istirahat. Sehingga, penting untuk mendesain kamar tidur yang sesuai dengan selera kita.

Banyak sekali desain kamar tidur yang mengutamakan kualitas istirahat pemiliknya. Diantara konsep kamar tidur yang cocok untuk rumah minimalis adalah penataan kamar tidur tanpa ranjang, atau lesehan.

Awalnya konsep kamar tidur yang satu ini dikenalkan oleh masyarakat Jepang. Mungkin Anda sendiri pernah melihatnya di salah satu film. Bisa dilihat bahwa desain kamar tidur ini sangat praktis dan efisien. Karena ketika tidak digunakan, alas tidur tersebut bisa disimpan dan ruangan kamar bisa dimanfaatkan dengan beragam fungsi.

Bagi para pemilik rumah minimalis, desain kamar tidur lesehan ini akan membuat space pada kamar tidur semakin luas. Dengan begitu, semakin memungkinkan bagi kita untuk memasukan berbagai furniture dan juga aneka hiasan untuk memperindah kamar.

tidur di lantai, manfaat tidur di lantai, manfaat tidur di lantai bagi kesehatan
Alas tidur di lantai pengganti ranjang yang baik bagi kesehatan anak-anak – diminimalis.com

Manfaat kamar tidur tanpa dipan untuk anak-anak

Bagi anak-anak, desain ruang tidur lesehan tentu juga akan memberikan banyak manfaat. Dengan meniadakan ranjang di dalamnya, ada ruang gerak lebih bagi buah hati Anda untuk aktif bermain dan belajar.

Selain itu, anda juga bisa menempatkan meja dan kursi belajar yang menyatu di dalam kamarnya. Sedangkan untuk bagi Anda yang memiliki buah hati yang masih balita. Ddesain kamar tidur ini tentu lebih aman dibanding dengan ranjang dipan, bila tidak dijaga dengan benar.

Demikian ulasan kami tentang manfaat kamar tidur tanpa dipan pada rumah minimalis Anda, semoga bermanfaat. (ls) editted by RN16032020


Comment