Kamar Tidur dengan TV dan Bagaimana cara Mengaturnya

Konsep desain kamar tidur dengan TV di dalamnya sangat cocok diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin menikmati hiburan sambil beristirahat di kamar. Ruang tidur umumnya memang tergolong ruang pribadi yang tidak bisa diakses setiap orang. Namun bukan berarti bebas dari fasilitas seperti televisi. Anda tetap bisa mengadopsinya untuk ada dalam ruangan, dan kabar baiknya; akan tetap bagus.

Soal ini, penting untuk memperhatikan setiap detailnya karena kamar tidur sendiri adalah tempat favorit hampir semua orang untuk menghabiskan waktu istirahat, mengerjakan tugas, atau melakukan hobinya. Tak jarang juga kamar tidur dimanfaatkan untuk menonton TV atau memutar film terbaru bersama.

Fungsi Desain Kamar Tidur dengan TV dalam Ruangan

TV sangat lumrah dijadikan sebagai salah satu fitur pelengkap ruangan dalam rumah termasuk kamar tidur. TV atau bahkan home theater bisa saja dihadirkan ke dalam kamar tidur. Namun, memang memerlukan space khusus untuk memasangnya.

Sementara, kebanyakan rumah minimalis, untuk kamar tidur memiliki ukuran yang tidak seberapa luas. Hal ini tentu menuntut sang pemiliknya untuk bijak dalam memanfaatkan setiap sudut yang ada agar dapat digunakan semaksimal mungkin.

kamar tidur dengan tv , desain kamar tidur dengan tv, posisi tv di kamar tidur
Kamar tidur dengan TV dengan penataan yang rapi – diminimalis.com

Kamar tidur dengan TV sebaiknya diatur bagaimana?

Berkaitan dengan itu, pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan mengulas untuk Anda cara menata kamar tidur dengan TV secara efisien dan tepat. Semoga apa yang nanti kami bahas bisa bermanfaat untuk Anda sekalian.

Kamar tidur dengan TV sebaiknya diatur bagaimana?

Pada dasarnya, tidak ada kiat khusus bagaimana menata tv untuk ada di dalam kamar tidur. Sebab, semuanya bisa Anda atur sesuai selera. Hanya saja, untuk tujuan kenyamanan, hal-hal berikut bisa Anda terapkan pada rancangan konsep Anda.

Memilih Jenis TV

Jika kamar tidur juga digunakan sebagai area kerja atau ruang belajar, maka sebaiknya pertimbangkan memilih TV yang bisa mengakomodir itu semua. Pilihlah smart TV yang bisa digunakan sebagai layar komputer atau layar video game. Pastikan ukuran layar yang ideal yang bisa dimanfaatkan untuk mengakomodasi ketiga kegiatan.

Ukuran TV

Pilih ukuran TV yang pas dengan mempertimbangkan luas kamar dan jarak TV. Sebagai contoh, TV 26 inci bisa ditempatkan setidaknya dua meter dari posisi Anda menonton. Jarak tersebut dianggap ideal.

Biasanya, semakin besar ukuran TV maka semakin jauh jarak antara TV dengan posisi ranjang. Sementara itu, TV 40 inch akan dapat ditonton dengan baik dan ideal pada jarak 3 hingga 3,5 meter dari posisi kita menonton.

Jarak TV yang baik untuk kamar

Ada beberapa pertimbangan saat menonton televisi di kamar tidur. Salah satunya adalah memilih televisi yang tepat dari sisi ukuran layar sebab hal ini akan berpengaruh pada jarak tonton.

Sebaiknya, letakkan TV sedikit di atas dan menghadap tempat tidur agar memudahkan Anda menontonnya. Jangan menempatkan TV di samping tempat tidur karena hal ini akan mengganggu viewing angles Anda. Bisa menyebabkan masalah punggung dan leher.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda perlu memperhatikan jarak pandang ke layar TV karena dampak buruknya akan mempengaruhi penglihatan. Jika terbiasa menonton tv dalam jarak pandang yang dekat akan berakibat pada kerusakan mata secara permanen.

Anda bisa mengaturnya dengan menggunakan ukuran 5x lebar diagonal layar TV. Sebagai contoh diagonal layar TV adalah 21 inch maka Anda tinggal mengalikan 5 x 21 inch yang hasilnya 105 inch dengan jarak pandang yang baik 5 meter.

kamar tidur dengan tv , desain kamar tidur dengan tv, posisi tv di kamar tidur
Jarak TV dengan ranjang perlu diesuaikan dengan ukuran TV – diminimalis.com

Mengatur pencahayaan ruangan

Anda perlu mengatur cahaya di ruangan yang menjadi lokasi favorit menonton tv. Atur pencahayaan pada layar TV Anda dan pastikan lampu di ruangan dalam keadaan menyala sebagai penyeimbang cahaya. Ruangan yang gelap membuat pupil mata pada buah hati Anda akan bekerja terlalu keras.

Kunci dari menata kamar tidur dengan TV adalah memperhatikan ukuran furniture yang digunakan. Pilih kabinet TV yang ukurannya mungil dan memiliki banyak laci di bagian bawah. Tujuannya adalah agar Anda bisa mengatur koleksi DVD serta majalah secara rapi.

Yang tidak boleh dilewatkan dari menata ruang TV selanjutnya adalah sirkulasi udara yang lancar pada kamar. Perhatikan lampu yang dipasang dalam ruang TV serta adanya jendela dan ventilasi udara. Dengan pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik, bersantai di ruang TV akan semakin terasa nyaman.

Nah, jadi kesimpulannya saat akan mengusung konsep kamar tidur yang ada tv di dalamnya, Anda perlu melakukan berbagai pertimbangan. Mulai dari pemilihan jenis TV hingga pemasangannya yang aman dan nyaman untuk dilihat.

Mungkin itu dulu ulasan dari kami tentang tips mendesain kamar tidur dengan TV. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang ide menambahkan background kamar tidur indah di rumah minimalis. Semoga bermanfaat. (ls.) editted by RN11032020


Comment