Kamar Tidur dengan Ruang Kerja, Efisienkan Interior Rumah Minimalis

Kamar tidur dengan ruang kerja sepertinya memang belum begitu familiar untuk diterapkan pada desain rumah minimalis di Indoensia. Banyak yang berpendapat bahwa ruang kerja di rumah haruslah terpisah dengan kamar tidur, demi menjaga mood kerja tetap dalam performa yang optimal. Namun memiliki ruang kerja di dalam kamar sebenarnya banyak manfaatnya, terlebih bagi desain rumah minimalis.

Kamar Tidur dengan Ruang Kerja, Kamar Tidur sekaligus Ruang Kerja, desain ruang kerja kecil
kamar tidur sekaligus ruang kerja dengan pencahayaan alami yang maksimal -diminimalis.com

Ide Mendesain Kamar Tidur dan Ruang Kerja Jadi Satu

Sebelum bicara soal seperti apa tampilan yang akan diusung, sebaiknya Anda tentukan terlebih dahulu apa saja hal yang penting berkaitan dengan desainnya secara umum.

Penempatan ruang kerja

Sebauh ruang kerja yang esensinya untuk mengerjakan suatu projek tidak selamanya harus berupa sebuah ruang khusus/terpisah. Dnegan memanfaatkan sudut sisa sebuah kamar tidur misalnya juga tetap representatif. Anda cukup menambahkan sebuah meja dan satu kursi dan peralatan kerja secukupnya sudah bisa disebut ruang kerja.

Jadi, pada poin pertama ini, yang harus Anda tentukan adalah ruang kerja Anda akan ada di sudut mana dari kamar Anda. Jika sudah ditentukan maka kemudian bisa melangkah pada konsep selanjutnya. Poin ini termasuk pertimbangan menentukan ukuran yang ideal untuk menunjang pekerjaan.

Ruang kerja lesehan bisa jadi opsi anti-mainstream

Jika Anda menjumpai ruang kerja dengan meja dan kursi serta seperangkat komputer misalnya, sudah biasa. Maka, ruang kerja konsep lesehan bisa jadi ide baru yang bagus. Ruang kerja berkonsep lesehan akan membuat pandangan saiapapun menjadi lebih luas. Dari sisi desainnya pun tidak terlalu formal.

Meski berkonsep lesehan, Anda tetap bisa menambahkan beberapa elemen pendukung seperti laci penyimpanan di bawah ranjang. Atau bisa juga dengan menambahkan laci khusus untuk barang-barang keperluan kantor (ATK).

Desain yang simpel saja

Ruang kerja tidak harus penuh dengan peralatan yang bera-berat. Sebab, bisa juga dibentuk dan ditata dengan sederhana, misalnya untuk perabot hanya terdiri dari meja dan kursi kayu saja. Sisanya berikan space untuk barang-barang lain yang diperlukan unuk menunjang pekerjaan.

Pilih Furniture terbaik dan sesuai

Mengingat sebagian space kamar akan terapakai untuk ruang kerja, sebaiknya pilih furniture paling multifungsi dan pas di ruangan. Anda bisa gunakan furniture yang Anda pesan khusus untuk mendesain ruang kerja Anda. Ukuran lebar dan ketinggian furniturenya dapat disesuaikan dengan ukuran ruang yang tersedia. Jangan lupa, rencanakan juga untuk membuat laci tertutup guna menyimpan berkas-berkas penting Anda. Sebagai hiasan, Anda bisa menambahkan rak ambalan untuk memajang buku dan perlengkapan ATK.

Ruang Kerja bisa di bawah tangga

Jika kebetulan kamar Anda di bawah tangga, lebih baik maksimalkan area di bawah tangga sebagai ruang kerja. Tidak perlu banyak furniture yang dimasukkan, cukup tambahkan saja ambalan sebagai meja kerja. Pilih jenis kursi yang sesuai selera dan nyaman digunakan. Untuk menunjukkan tampilan yang menarik, Anda bisa memilih kursi berwarna cerah sehingga memberi kesan semangat kerja yang tinggi.

Kamar tidur dengan ruang kerja yang nyaman

Agar bisa lebih fokus pada pekerjaan dan tidak terlena untuk tidur, Anda bisa menempatkan meja kerja berjauhan dengan tempat tidur. Ini merupakan hal yang wajib diupayakan, karena tidak ada atasan yang mengawasi segala aktifitas pekerjaan kita dirumah. Ada bisa saja mengerjakan pekerjaan di atas ranjang, namun hal ini sabaiknya hanya dilakukan di saat-saat tertentu saja, missal menjelang tidur ketika seluruh pekerjaan sudah hamper selesai.

Selain itu, Anda dapat menciptakan ilusi pada desain kamar tidur dengan ruang kerja supaya terlihat terpisah. Pisahkan dengan menggunakan curtain, sekat, atau bahkan lemari. Jika memang tidak ada space untuk menaruh meja kerja, ciptakan saja meja melayang dan pasangkan dengan dinding kamar.

Keterbatasan lahan justru memunculkan ide kreatif lainnya. Namun perlu untuk diingat, meja ini sifatnya remanen karena tidak dapat menyimpan barang-barang ataupun berkas-berkas penting. Simpanlah barang-barang tersebut pada rak khusus.

ruang belajar nyaman, ruang belajar yang nyaman, desain ruang belajar anak
ruang kerja di samping ranjang dengan penataan furniture yang rapi – diminimalis.com

Desain kamar tidur dengan ruang kerja yang baik juga dapat menggabungkan beberapa manfaat dari furnitur. Bagi Anda yang tidak ingin menaruh lemari penyimpanan berkas, Anda bisa membuat lemari sendiri pada kolong tempat tidur.

Agar desain kamar tidur dengan ruang kerja menjadi lebih segar dan penuh dengan energi, Anda dapat memolesnya dengan warna-warna pembangkit semangat seperti kuning, hijau, atau merah. Gabungkan dengan beberapa warna natural agar menjadi indah, atau Anda bisa juga menciptakan desain kamar tidur dengan ruang kerja menggunakan hiasan dinding dengan tema pop art agar produktivitas kerja semakin meningkat.

Bila Anda telah siap dengan ritme mengerjakan pekerjaan di dalam kamar, jangan lupa imbangi keseharian Anda dengan akifitas outdoor untuk menyegarkan tubuh atau pikiran. Demikian ulasan kami tentang cara merancang kamar tidur dengan ruang kerja. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang ruang komputer pribadi yang bisa ditiru sebagai tambahan referensi. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN14022020


Comment