Kamar Mandi Ideal yang Tepat untuk Rumah Minimalis

Intensitas penggunaan kamar mandi yang cukup sering membuat siapapun dituntut untuk selalu aware dengan suasana dan kondisi di dalamnya. Banyak orang tidak sekedar membuatnya nyaman hanya sebatas untuk mandi dan bersih-bersih badan saja. Lebih dari itu, kamar mandi sudah dianggap sebagai bagian dari interior rumah yang estetikanya juga penting untuk dipikirkan.

Kamar mandi sudah bergeser dari yang dulunya sekedar ruangan “belakang” yang dipakai seperlunya, sekarang seperti sudah menjadi bagian penting alias ruangan inti. Terlebih lagi, pada rumah bergaya modern seperti sekarang ini, kurang afdhol jika desain kamar mandinya dibuat biasa-biasa saja. Minimal, punya kamar mandi ideal adalah dambaan sekaligus sebagai solusi keindahanan hunian yang bagus dan representatif.

Syarat Umum Kamar Mandi Ideal yang Sehat

Kita mulai dari gambaran awal seperti apa kamar mandi yang ideal itu. Pada beberapa kasus, orang-orang hanya berpikir tentang bagaimana membuat kamar mandi bisa dipakai untuk mandi dan cuci kakus saja. Jarang yang berpikir tentang bagaimana membuatnya nyaman dan mendukung gaya hidup sehat selama di rumah. Nah, seperti apa sih sebetulnya idealnya sebuah kamar mandi, yang setidaknya bisa dikatakan baik dan sehat?

– Ada dindingnya, pintu, atap, dan berlantai

Syarat kamar mandi ideal yang pertama adalah terlindung dari gangguan luar, dalam hal ini privasi. Minimal adanya dinding, atap, dan pintu mampu mendukung nilai-nilai privasi. Makanya, elemen ini menjadi penting dan utama harus ada di sebuah kamar mandi yang ideal.

Untuk lantai sendiri, bisa pilih dari material apa saja, asalkan nyaman dan tidak membahayakan. Ada lantai khusus kamar mandi, tinggal Anda beli saja di toko material. Untuk pemasangannya, sangat direkomendasikan untuk dibuat miring ke arah saluran pembuangan agar air sisa tidak menggenang. Dengan dibuat miring, maka air akan mudah mengalir ke luar melalui drainase/saluran buang bagian dalam. Bayangkan jika dibuat rata, maka air akan tidak bisa keluar dan tentu akan membuat aktivitas di kamar mandi jadi tidak nyaman.

Rumah minimalis modern saat ini hampir bisa dipastikan tidak ada yang tidak memenuhi syarat. Selanjutnya, tinggal bagaimana membuat interior kamar mandi tersebut berfungsi baik dan mampu menunjang keindahan rumah.

– Ventilasi udara

Tahukah Anda bahwa kamar mandi sangat perlu ventilasi? Ya, untuk bisa disebut ruangan yang sehat maka harus ada sumber keluar masuk cahaya dan udara dalam ruangan. Jika lokasi kamar mandi Anda berada di tengah antar ruangan, sehingga tidak bisa diberi ventilasi maka bisa gunakan opsi lain. Salah satu bisa dipasang exhaust fan kamar mandi yang bisa dibeli di toko material. Alat tersebut akan membantu ruangan mengatasi masalah ventilasinya.

– Lampu penerangan

Selain ventilasi, sistem pencahayaan pada kamar mandi juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Pilih lampu pencahayaan terbaik agar didapat kamar mandi yang nyaman dan elegan. Pilih lampu berwarna terang agar kamar mandi tidak terlihat seram.

– Gantungan handuk dan wadah peralatan mandi

Kamar mandi tentu saja perlu adanya alat untuk menggantungkan baju ganti atau handuk. Jika ingin kamar mandi ideal terwujud di rumah Anda, maka gantungan harus ada di wishlist belanjaan Anda.

Hal ini berlaku juga untuk peralatan mandi. Sebaiknya ada wadah peralatan mandi agar terlihat rapi dan tidak tercecer. Akan sangat tidak bagus dilihat jika sabun, sikat gigi, pasta dan sebagainya diletakkan di atas bak mandi atau di sudut lantai. Akan terlihat jorok bukan?

Saat ini sudah banyak wadah alat mandi portable dari berbagai jenis material, ada yang stainless ada juga plastik. Tinggal Anda pilih sesuai keinginan, yang penting jangan sampai tidak ada.

– Parfum Ruangan sebagai tambahan

Jika Anda ingin kamar mandi Anda sempurna dari sisi tampilan keseluruhan, maka kurang lengkap jika tanpa adanya pewangi ruangan. Beli satu untuk dipasang di salah satu sudut ruangan. Percayalah, kamar mandi Anda akan nampak makin sempurna.

Kamar Mandi Ideal, gambar Kamar Mandi Ideal , desain Kamar Mandi Ideal

contoh kamar mandi ideal pada rumah minimalis – diminimalis.com

Tips Membuat Kamar Mandi Ideal dan Luas di Rumah Minimalis Anda

Sudah bukan rahasia lagi jika rumah bergaya minimalis banyak menyedot minat sebagian besar orang saat ini. Daya tariknya memang khas yaitu tuntutan untuk memaksimalkan space yang terbatas. Bahkan ruangan-ruangan privatif seperti kamar tidur dan kamar mandi juga turut harus menyesuaikannya.

Mari kita bicara soal kamar mandi. Pada desain kamar mandi disarankan untuk memperhatikan banyak hal terutama ide penataannya. Kenapa ini penting? Sebab, ukuran yang bisa dikatakan mungil secara tidak langsung dipaksa untuk harsu bisa memenuhi syarat sebagai kamar mandi ideal. Nah, makanya sekarang tinggal bagaimana strategi yang tepat untuk mewujudkan hal itu. Kita akan coba bahas satu per satu!

Cara Mendesain Kamar Mandi, Cara Mendesain Kamar Mandi kecil, desain kamar mandi mewah, lampu kamar mandi, lampu kamar mandi otomatis, lampu yang tepat untuk kamar mandi

contoh inderect lighting pada kamar mandi dengan cermin yang indah – diminimalis.com

1. Memasang cermin berukuran besar

Ide yang bisa Anda terapkan untuk membuat kamar mandi terkesan luas adalah dengan menambahkan cermin dinding. Pilih cermin berukuran besar di salah satu dinding untuk mendapatkan kesan kamar mandi yang luas. Disarankan berbentuk persegi panjang seperti layaknya di kamar mandi hotel.

Untuk area pemasangannya juga mesti dipertimbangkan. Pasanglah cermin besar tersebut di area focal point seperti di dekat pintu atau wastafel. Posisi ini akan membuat ruangan terlihat lebih luas secara visual.

2. Memilih warna cerah

Dinding kamar mandi juga mesti diatur jika ingin suasananya berbeda. Pilihlah warna-warna yang cerah seperti baby blue atau pink, cream, dan putih. Warna-warna ini akan memberikan kesan yang luas pada ruangan, terlihat bersih dan nyaman.

3. Mengurangi penempatan rak alat mandi

Alat mandi memang perlu diberi wadah khusus, namun bukan berarti nanti kamar mandi Anda penuh dengan rak. Anda bisa mengatur mana yang perlu dimasukkan di wadah dan mana yang dikeluarkan setelah mandi.

Penempatan rak yang berlebihan hanya akan membuat kamar mandi Anda terasa sempit dan sesak. Untuk itu, Anda bisa memilih mana rak yang perlu diletakkan di dalam dan mana yang bisa ditaruh di luar. Mengurangi penggunaan rak akan membuat kamar mandi Anda otomatis menjadi lebih luas alias tidak sumpek.

4. Memilih warna lampu dengan tepat

Lampu pencahayaan sangat penting untuk dipertimbangkan pemilihannya. Agar kamar mandi Anda terasa luas dan cerah, Anda bisa menggunakan lampu neon dengan cahaya putih. Hindari menggunakan lampu berwarna kuning karena akan memberikan kesan yang gelap, temaram, dan sempit.

Selain itu, penggunaan lampu neon dalam kamar mandi juga akan jauh lebih hemat daya. Saat ini harga lampu neon sendiri bervarasi tergantung merk dan daya nya. Pilih merk terbaik dengan daya yang tidak terlalu kecil. Sesuaikan saja dengan kenyamanan Anda.

5. Memilih warna pintu terbaik

Jika di kamar mandi Anda ada jendela, pastikan tampilannya juga mendukung. Poles dengan warna yang senada dengan dinding. Namun jika adanya ventilasi hisap maka pastikan juga warnanya sesuai dengan plafon.

Untuk pintu kamar mandi, pilihlah warna daun pintu yang cenderung cerah agar ruangan tampak lapang. Pastikan selalu memperhatikan detail pintu mulai dari pegangan hingga daun pintu. Saat ini sudah banyak pintu kamar mandi yang tinggal pasang, Anda bisa membelinya di toko mebel.

Yang terpenting dari tips-tips mewujudkan kamar mandi ideal di atas adalah, selalu perhatikan kebersihan ruangan. Apalah artinya jika elemen pelengkap serba ada namun kebersihannya terabaikan. Dengan menjaga kebersihan dan kerapihan maka Anda dan keluarga tidak akan mudah terserang penyakit. Selain itu, tamu bisa saja datang dan memakai kamar mandi Anda, apakah Anda tidak malu? Silahkan pertimbangkan. (ls) editted by RN18042020


Comment