Ide Terbaik Mendesain Kamar Anak Kembar, Seperti Apa?

Anda pasti sepakat bahwa fasilitas apapun yang diberikan kepada anak harus mengedepankan tujuan kebermanfaatan. Ya, termasuk dalam hal ini menyediakan kamar tidur pribadi untuk mereka.

Untuk Anda yang punya anak kembar mungkin akan lebih dituntut lagi untuk bisa lebih suportif. Anak dengan genetik dan ciri fisik yang hampir sama biasanya menginginkan segala sesuatu yang diberikan pada mereka juga kurang lebih sama.

Bagaimana seharusnya orang tua menyediakan kamar anak kembar yang benar-benar representatif? Kuncinya ada pada memahami karakter umum keduanya. Tak perlu dijelaskan lagi bahwa desain kamar anak laki-laki jelas beda dengan perempuan. Bahkan jika keduanya sama-sama laki-laki ataupun perempuan bisa saja beda juga.

Disinilah penyesuaian dan pemahaman karakter penting dilakukan. Komunikasi juga penting jika ia sudah cukup bisa diajak berpikir ide. Jika masih kecil, harus diingat bahwa mereka akan tumbuh menjadi remaja dalam beberapa waktu kedepan. Oleh karenanya, fasilitas yang diberikan juga mesti menyesuaikan.

Kali ini, diminimalis akan coba memberikan saran dan masukkan terkait bagaimana seharusnya Anda menyiapkan kamar anak kembar. Beberapa tips berikut ini semoga bisa membantu Anda menemukan inspirasi desain yang tepat.

Poin Penting dalam Mendesain Kamar Anak Kembar

Perlu Anda pahami sejak awal bahwa kamar anak kembar biasanya identik dengan desain yang simetris baik dari ukuran maupun tata letaknya. Hal ini karena menyesuaikan sifat anak lahir kembar yang biasanya selalu ingin mendapat perhatian yang seimbang dari kedua orang tuanya.

kamar anak kembar, desain kamar anak kembar, desain kamar anak kembar minimalis
Kamar anak kembar dengan penataan ranjang yang simetris – diminimalis.com

Bila Anda masih bingung bagaimana menata kamar tidur anak kembar yang pas, diminimalis akan memberikan bocorannya untuk Anda di artikel ini. Silahkan simak, barangkali bisa menjadi inspirasi dalam mensukseskan rencana Anda.

1. Buat desain saling berseberangan (opposite walls) atau simetris

Ide pertama yang bisa Anda terapkan agar hasil desain kamar anak kembar Anda berjalan sukses adalah membuat dengan membuat ranjang saling berseberangan. Ranjang adalah elemen utama dari sebuah kamar tidur, sehingga memikirkan tata desainnya dengan tepat perlu diprioritaskan.

Anda bisa menerapkan desain model ini dengan menata ranjang menempel ke dinding secara berseberangan, sehingga, nantinya masing-masing akan saling berhadapan. Tipe ini bisa Anda terapkan dengan mudah dan sepertinya solutif, terutama untuk kamar dengan ukuran yang mungil.

Sebagai tambahan, tempatkan meja minimalis di samping kanan atau kiri ranjang untuk mengakomodasi keperluan barang-barang favorit mereka. Selanjutnya, untuk lemari pakaian, buat satu yang cukup besar dengan banyak laci sehingga peruntukannya bisa dibagi dua. Dengan penataan ruangan seperti ini, akan ada space yang cukup luas untuk ruang gerak mereka.

Selain model bersebarangan, Anda juga bisa menata ranjang dengan model simetris atau searah. Model ini bisa diterapkan pada berbagai ukuran ruangan, Anda hanya perlu mengatur agar diantara ranjang bisa ditempatkan lemari.

2. Bisa juga pilih desain Bookcase Sandwich

Selain mengatur penempatan ranjang, Anda juga bisa menata tambahan elemen lain seperti lemari di beberapa tempat. Adopsi gaya bookcase sandwich yang merupakan model penataan tempat tidur dengan meletakkan sebuah lemari di tengah ruangan. Posisinya menempel saja di dinding sehingga secara simbolik berfungsi membagi ruangan menjadi dua bagian.

Jadi nanti tampilannya, di samping kiri dan kanan lemari tersebut masing-masing satu ranjang, sehingga setiap anak akan mendapat porsi tempat tidur yang sama. Cara ini tentu akan mempermudah mereka dalam beraktivitas di area mereka sendiri.

kamar anak kembar, desain kamar anak kembar, desain kamar anak kembar minimalis
sesuaikan tema kamar anak kembar berdasarkan keinginan mereka – diminimalis.com

3. Tanyakan apa keinginan mereka mengenai desain dan konsepnya

Meskipun kembar, bukan berarti masing-masing dari mereka memiliki selera desain dan dekorasi kamar yang pasti sama. Biasanya ada perbedaan dalam hal-hal tertentu misalnya pada hal-hal yang lebih detail.

Untuk itu, libatkan mereka pada saat proses perancangan kamar di awal. Kumpulkan semua ide yang mereka ajukan, kemudian satukan agar bisa tercipta desain sebuah ruangan yang mampu mengakomodasi keinginan mereka.

Meskipun ada sumbangsih ide dari mereka, pastinya Anda tetap perlu menerjemahkannya ke dalam gambaran desain yang lebih konkret. Misalnya, jika anak anda kembar sama-sama perempuan mungkin menginginkan desain kamar ala princess atau model girly lainnya.

Nah, dari sini anda mesti mengekslorasi ide sendiri dengan mencari berbagai keperluan pelengkapnya.

4. Beri identitas atau inisial nama pada masing-masing ranjang mereka

Ada baiknya Anda memberikan aksesoris berupa identitas pada masing -masing tempat tidur sesuai dengan nama mereka. Inisial nama misalnya, terapkan saja tidak hanya pada tempat tidur, tapi juga furniture lainnya. Misalnya lemari, meja, tempat sampah, atau rak buku, sehingga mereka akan suka dan lebih bertanggung jawab dengan barangnya masing-masing.

Selain penambahan aksesoris nama agar terlihat menarik, ide lain yang bisa diterapkan ialah mengatur pembelian perlengkapan dengan dibedakan berdasarkan warna. Biasanya anak-anak akan suka dibelikan barang sepasang, untuk membedakannya agar warnanya tidak sama bisa pilih yang beda. Misalnya cat dinding yang dibedakan antara area ranjang satu sama lain.  Atau pada bagian ranjangnya juga bisa.

5. Sisihkan sedikit area dalam kamar dimana mereka bisa saling berbagi

Meski masing-masing dari mereka diberi jatah area pribadi yang sama, sisihkan sedikit area dalam kamar yang dapat digunakan untuk aktivitas bersama. Tempatkan juga furniture atau barang-barang yang bisa digunakan secara bersama-sama, misalnya meja dan kursi belajar.

Atau guna menstimulasi minat belajarnya, bisa saja dibuatkan rak buku dengan ukuran besar dengan warna yang sama-sama mereka suka untuk menyimpan koleksi buku bersama. Dengan demikian, mereka bisa belajar untuk saling berbagi.

Jika mereka suka dengan konsep lesehan, bisa Anda buatkan area santai untuk menggambar dan belajar konsep karpet. Pilih karpet lantai yang empuk dan biarkan mereka berdua menghabiskan waktu bersama.

Dari lima tips di atas, hal terpenting dari mendesain kamar untuk anak kembar adalah menyediakan segala sesuatunya sepasang. Jika memang perlu berbeda paling hanya dibedakan berdasarkan warna saja. Semuanya akan mudah jika anak Anda bisa diajak kompromi, komunikasikan dengan mereka.

Semoga ide desain kamar anak kembar Anda bisa terwujud dengan baik ya. Sampai jumpa. (ls) editted by RN12052020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.