Kain Pelapis Sofa Yang Semakin Memperindah Interior Ruangan

Keberadaan sofa di rumah minimalis memiliki beragam fungsi yang tidak bisa dianggap remeh. Selain fungsinya sebagai tempat duduk juga berguna untuk menunjang penampilan interior. Oleh karenanya bahkan kain pelapis sofa pun harus diperhatikan agar sesuai dengan tema ruangan.

Banyak orang kurang menyadari pentingnya memperhatikan pemilihan kain sofa. Padahal elemen ini adalah salah satu penunjang sofa tersebut bagus atau tidak saat dipandang.

Peran Kain Pelapis Sofa untuk Tampilan Interior Rumah

Memiliki sofa sebagai tempat duduk yang nyaman dipakai dan memiliki tampilan indah merupakan keinginan besar bagi sebagian orang. Sofa dipilih sebagai tempat duduk memang memiliki keistimewaan tersendiri pada bahan, motif dan bentuknya. Dari sini memilih kain pelapis sofa menjadi satu hal yang penting agar sofa yang diinginkan sesuai dengan hasrat si penghuni rumah.

kain pelapis sofa
kain pelapis sofa – diminimalis.com

Kain sofa memang memiliki ragam motif dan warna yang sangat banyak serta variasi bahan yang bermacam juga. Anda harus jeli saat memilih bahan pelapis sofa yang bagus, agar hasil yang diharapkan bisa maksimal. Kesesuaian motif kain sofa dengan konsep ruangan juga turut memberikan andil cukup besar dalam memperindah tampilan interior sebuah ruangan.

Bahan kain pelapis sofa

Faktor keindahan memang biasanya lebih dominan digunakan sebagai pertimbangan dalam memilih kain sofa. Namun, apalah jadinya jika sofa yang indah tadi tidak nyaman saat digunakan dikarenakan bahan kain sofa yang dipilih panas saat digunakan. Untuk Anda yang masih awam berkenaan bahan kain sofa yang cocok dipakai pada sofa di rumah Anda, berikut diminimalis berikan ulasannya.

Katun

Bahan yang satu ini paling banyak dipakai untuk bahan pelapis sofa dikarenakan tidak menimbulkan panas sehingga nyaman saat diduduki. Corak motif dan warnanya cukup beragam sehingga Anda lebih mudah memilihnya. Namun, kain katun umumnya memiliki bahan yang mudah menyerap air dan juga tidak terlalu tebal sehingga mudah sekali sobek. Jadi, berhati-hatilah dalam pemakaian sofa, agar tetap awet dan tahan lama.

Polyester

Kain polyester memiliki kelebihan tidak mudah robek sehingga lebih awet saat digunakan. Bahan ini juga baik digunakan pada model sofa yang memiliki banyak lipatan dikarenakan mudahnya dibentuk pada bahan ini. Biasanya, bahan polyester dicampur dengan bahan lain seperti wool agar tidak terlalu rentan terhadap cairan. Namun, pencampuran tadi mengakibatkan bahan pencampur tersebut mudah terkelupas sehingga sofa terlihat jelek.

Linen

Serat linen terbuat dari bahan alami, sehingga memiliki daya tahan yang baik. Namun, bahan yang satu ini memerlukan perawatan yang cukup sulit. Anda harus melakukan pembersihan rutin menggunakan sedikit deterjen agar kain pelapis sofa berbahan linen ini tetap bersih. Setelah selesai pencucian harus langsung dibersihkan agar tidak meninggalkan noda yang membandel.

Akrilik

Bahan ini memiliki karakter yang tahan terhadap sengatan matahari, sehingga sangat cocok jika Anda menggunakannya sebagai kain pelapis sofa yang berada pada area outdoor. Sifatnya yang ringan dan mudah mengering jika terkena air akan memudahkan Anda dalam perawatannya.

Nilon

kain pelapis sofa
kain pelapis kursi sofa – diminimalis.com

Selain katun, bahan nilon merupakan bahan yang banyak digunakan sebagai bahan pelapis sofa. Daya tahan yang tinggi serta tidak cepat terkelupas menjadikan awet saat digunakan. Namun, bahan jenis ini lebih cepat berkerut sehingga tampilannya tidak begitu menarik.

Chenille

Kain jenis ini lumrahnya ditemukan pada desain sofa minimalis bergaya klasik. Teksturnya yang mirip dengan rajutan memberikan ciri khas tersendiri. Namun sayangnya kain ini sulit dibersihkan jika sudah terkena noda.

Rayon

Secara sekilas kain ini mirip dengan katun ataupun linen, namun secara harga kain rayon jauh lebih murah. Kain rayon memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan dua ‘saudaranya’ tadi. Kekurangannya terletak pada mudahnya kain ini mengerut dan terbakar, jadi harus ekstra hati-hati dalam penggunaannya.

Jadi, apapun motif kain pelapis sofa yang Anda pilih, sebaiknya tetap memperhatikan berbagai hal seperti material yang digunakan.

Mana bahan kain pelapis sofa pilihan Anda? Semua pilihan diminimalis kembalikan kepada Anda. Salam diminimalis (am). editted by RN15012020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.