Jenis Tandon Air Rumah Lengkap Dengan Kelebihan Dan Kekurangannya

Jenis tandon air lengkap - diminimalis.com

Jenis tandon air yang bisa digunakan pada rumah sebagai penampung air untuk memenuhi kebutuhan setiap hari sangatlah beragam. Memiliki tandon air di rumah memang memiliki banyak keuntungan. Selain menjamin ketersediaan air pada musim kemarau tandon air juga bisa Anda gunakan sebagai penghemat listrik.

Jenis tandon air
Jenis tandon air lengkap – diminimalis.com

Penghematan listrik bisa terjadi karena Anda tidak harus selalu menggunakan pompa air pada saat Anda membutuhkan air. Pompa air yang sering digunakan akan menjadikan biaya listrik membengkak dan juga jika Anda tidak hati-hati pada saat menggunakannya, pompa air akan mudah rusak. Sebuah kerugian ganda bukan?

Ragam jenis tandon air berdasarkan bahan pembuatnya

Di pasaran banyak sekali jenis dan ukuran tandon air yang ditawarkan. Mulai dari yang berukuran kecil hingga tandon yang bisa menampung ribuan liter air. Pada setiap rumah pastilah berbeda dalam menentukan ukuran tandon air yang dibutuhkan, hal ini menyesuaikan dengan seberapa banyak penghuni di dalamnya yang menggunakan air.

Kesalahan pemilihan sering terjadi dikarenakan minimnya pengetahuan Anda tentang jenis-jenis tandon dan juga kelebihan dan kekurangan yang melekat pada produk tersebut. Untuk membantu Anda dalam mencari jenis tandon yang sesuai dengan kebutuhan Anda berikut diminimalis berikan ulasannya. Selamat menyimak.

Tandon air beton

Jenis tandon yang satu ini merupaka jenis tandon tertua yang sering digunakan oleh masyarakat. Konstruksinya yang kuat dan kokoh menjadikan tandon berbahan beton ini kuat menahan air yang banyak serta tidak mudah bocor. Namun di sisi lain material beton yang berat juga perlu perhatian khusus dalam menyusunnya.

Jangan sampai Anda salah dalam menyusun tandon air beton ini yang nantinya akan mengakibatkan rembesan pada dinding yang menyebabkan rumah menjadi lembab dan ber lumut. Agar memudahkan saat pembersihan Anda bisa melapisi dinding beton dengan keramik.

Tandon air stainless stell

Bahan stainless stell sudah terkenal memiliki ketahanan karat yang baik sehingga banyak juga digunakan sebagai bahan pembuat tandon air. Masa pakai tandon air stainless stell juga memiliki usia yang panjang yaitu berkisar 20 tahun. Untuk urusan desain, tandon air jenis ini memiliki bentuk yang cukup beragam.

Tandon jenis ini bukannya tanpa kekurangan, harga tandon air stainless stell relatif mahal jika dibandingkan dengan jenis tandon lainnya. Bagi Anda yang memiliki hunian di dekat pantai sebaiknya hindari penggunaan jenis tandon air ini. Hal ini dikarenakan sifat air laut yang korosif bisa menjadikan tandon air cepat rusak.

Tandon air logam

Selain stainless stell masih ada jenis tandon air logam yang ada di pasaran. Tandon air berbahan zincalum dan galvanis salah satu diantaranya. Harganya yang murah sangat cocok sekali dijadikan pilihan bagi Anda yang terkendala masalah biaya dalam pembeliannya. Namun sayangnya daya tahan tandon jenis ini hanya berkisar 5 hingga 8 tahun saja.

Tandon air PE (Polyethylene)

Jika And memiliki rumah minimalis yang kecil pemilihan tandon air jenis ini bisa Anda jadikan pilihan. Bobotnya yang ringan menjadikan tandon ini tidak memerlukan konstruksi yang rumit dalam pembuatannya. Daya tahan yang diminiki juga termasuk lama yaitu berkisar 13 hingga 25 tahun.

Tandon air rumah
Memilih tandon air rumah – diminimalis.com

Anda harus ekstra hati-hati jika ingin menggunakan tandon air berbahan PE ini dikarenakan mudah sekali terbakar dan juga jika sudah bocor cukup sulit untuk memperbaikinya, sehingga gunakanlah dengan bijak.

Tandon air fiberglass

Jenis tandon terakhir ini masih jarang yang menggunakannya dikarenakan belum lama dilaunching. Sifat anti lumutnya yang tinggi serta bobotnya yang ringan bisa Anda jadikan referensi untuk dijadikan tandon air untuk rumah Anda. namun, bentuknya yang transparan akan menjadikan ganggang hijau mudah tumbuh di dalamnya sehingga Anda harus sering membersihkan tandon ini.

Demikianlah beberapa jenis tandon air rumah yang bisa Anda jadikan referensi untuk menampung air rumah. Perhatikan baik-baik kekurangan dan kelebihannya dan jangan lupa juga sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. semoga bermanfaat, salam diminimalis (am).

Baca juga: Instalasi tandon air

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.