Jika saat ini Anda bingung menentukan tanaman apa yang akan diletakkan di area taman rumah Anda, sebaiknya baca sampai selesai artikel ini. Sebab, kami akan mengulas berbagai jenis tanaman taman minimalis yang cocok untuk Anda adopsi.

Bicara soal tanaman maka ada beragam jenis yang bisa dibedakan berdasarkan ukuran dan bentuknya. Tanaman-tanaman yang pendek dan yang bisa menjulang tinggi, hingga tanaman yang bisa langsung ditanam di tanah maupun dalam pot.

Mengenali perbedaan ini sangat lah penting agar dalam menentukan jenis tanaman secara spesifik jadi lebih mudah.

Sekarang, mari kita lanjut bahas mengenai beragam jenis tanaman taman minimalis yang bisa dipilih.

Mengapa Penting Membuat Taman Hijau di Rumah

Memiliki taman sudah bukan rahasia lagi di kalangan pemilik rumah minimalis. Selain memberikan kesegaran yang berbeda, juga ada efek estetis yang tidak biasa.

Apalagi jika ditunjang dengan pemilihan jenis tanaman taman minimalis yang tepat. Pasti akan menghasilkan tampilan hunian yang menyehatkan. Maka, kesan rumah ramah lingkungan akan melekat pada hunian Anda saat ini.

Nah, jika Anda sudah sepakat tentang pentingnya memiliki taman rumah maka selanjutnya tinggal menentukan jenis tanaman yang tepat.

Anda harus bisa menentukan jenis tanaman yang cocok untuk ditempatkan di taman minimalis yang Anda miliki. Jangan sampai salah pilih tanaman, sebab akan berpengaruh terhadap tampilan taman yang jadi terkesan absurd.

Selain itu, faktor lainnya ialah berpotensi menjadikan taman tidak efektif sesuai tujuan awal yang inginnya menyejukkan justru malah membuat suasana rumah jadi panas.

 jenis tanaman taman minimalis, jenis pohon taman minimalis, jenis tanaman buat taman minimalis, jenis tanaman pada taman minimalis, jenis tanaman untuk taman kecil, tanaman hias untuk taman kecil
jenis tanaman taman minimalis-diminimalis.com

Dalam memilih tanaman untuk taman juga harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan dimana Indonesia yang terletak di wilayah bercurah hujan tinggi di bulan-bulan tertentu, membuat kelembaban udara menjadi padat.

Ditambah lagi melimpahnya sinar matahari akan semakin meningkatkan temperatur udara. Untuk itulah, saat hendak membuat taman di teras rumah, Anda harus bisa memadukan banyak jenis tanaman dengan berbagai varian dalam satu lokasi/area.

Kira-kira apa saja jenis tanaman taman minimalis yang dimaksud? Simak pembahasannya berikut ini.

Berbagai Jenis Tanaman Taman Minimalis untuk Ciptakan Hunian Sejuk

Ciri khas taman tropis atau tropical garden adalah  kaya dengan aneka jenis tanaman.

Pada umumnya, taman tropis membutuhkan jenis pohon besar sebagai peneduh, seperti beringin, asam jawa atau pohon palem hias. Namun karena kita akan membangun taman tropis berukuran mini, maka tanaman besar tersebut kurang pas jika dijadikan pilihan.

Mari kita lihat jenis tanaman apa saja yang pas untuk taman rumah minimalis modern milik Anda.

Tanaman Peneduh dari Jenis Buah-Buahan

Meski luas lahan untuk taman mungkin saja terbatas, jangan sampai tidak menghiraukan akan pentingnya keberadaan pohon peneduh. 

Bagaimanapun juga, pohon peneduh merupakan salah satu tanaman yang harus ada untuk menaungi sekitar taman supaya tidak berhawa panas.

Anda bisa memilih pohon peneduh dari jenis buah-buahan seperti mangga, rambutan, jambu biji, jambu air, pisang, leci dan lain sebagainya. Selain kelebatan daunnya bisa menjadi peneduh, juga buahnya bisa dimakan saat nanti masanya berbuah.

Tabulampot

Setelah ada tanaman peneduh, selanjutnya Anda bisa tambahkan tanaman buah dalam pot (tabulampot). Selain berguna untuk mempercantik taman, buah dalam pot juga bisa dikonsumsi untuk meningkatkan nutrisi tubuh. 

Kuantitas daun dan buah yang lebat dalam pot tentu akan menambah nilai estetika taman tropis di rumah minimalis Anda.

 jenis tanaman taman minimalis, jenis pohon taman minimalis, jenis tanaman buat taman minimalis, jenis tanaman pada taman minimalis, jenis tanaman untuk taman kecil, tanaman hias untuk taman kecil
Tabulampot jambu kristal-diminimalis.com

Untuki membudidaya tabulampot relatif mudah. Anda hanya perlu menentukan buah dari gen unggulan yang cocok untuk tumbuh dalam pot.

Biasanya jenis buah ini sudah tersedia di toko tanaman bunga dan perlengkapan taman.

Jika telah memilih bibit terbaik selanjutnya Anda bisa langsung menanamnya dalam pot. Lakukan perawatan awal dengan memberi pupuk dengan intensitas yang tidak terlalu sering, karena di dalam pot penyerapan air dan pupuk bisa mencapai 80%.

Beberapa jenis buah yang cocok dikembangkan untuk tabulampot antara lain; buah naga,  kelengkeng, jambu biji, jambu air, jeruk, sawo dan strowberry.

Tanaman Bunga

Sebagai pelengkap keindahan taman nampaknya Anda tidak boleh luput sama sekali dari memilih tanaman bunga. Ada beragam jenis tanaman bunga yang bisa kita pilih, diantaranya: mawar, melati, adenium, dendobium, kantung semar dan atau anggrek.

Jenis Tanaman taman minimalis dari jenis bunga tersebut terkenal mampu memberikan efek yang luar biasa untuk hunian. Selain sejuk oleh dauh dan pohon juga enak dilihat saat bunga bermekaran.

Tanaman Pengalas

terakhir, untuk membuat taman tropis Anda semakin menarik, Anda perlu menambahkan tanaman pengalas. Sesuai namanya jenis tanaman taman minimalis yang satu ini berasal dari alas/kebun.

Tanaman pengalas bisa berupa ubi kuning dan rerumputan. Misalnya untuk jenis rumput, yang bisa kita gunakan adalah rumput jepang dan rumput swiss. 

Meski kedua jenis rumput tersebut bukan berasal dari daerah tropis, tapi cocok untuk ditanam di taman minimalis mengingat pertumbuhannya yang lambat.

Jika Anda pandai menyusun strategi penanaman maka kami yakin tanaman pengalas ini akan sangat membantu menyempurnakan taman minimalis Anda.

Oke itu dia pembahasan singkat tentang berbagai jenis tanaman taman minimalis yang cocok untuk wilayah iklim tropis. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN19082021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *