5 Jenis Sayur untuk Lahan Sempit di Kebun Minimalis Anda

Sayuran memang mempunyai berbagai macam variasi. Mengetahui berberapa jenis sayur untuk lahan sempit sangatlah penting. Cara tersebut dapat menjadi inspirasi untuk memanfaatkan lahan terbatas menjadi tempat yang cantik untuk budidaya sayuran. Pada kesempatan kali ini Diminimalis akan mengulas tentang jenis tanaman sayur yang bisa Anda tanaman di kebun minimalis Anda.

Secara garis besar, beberapa sayuran yang memiliki nilai ekonomis dapat dikelompokkan menjadi:
Sayuran daun. Contohnya: Kenikir, kemangi, katuk, antanan, bayam , dan kangkung.
Sayuran buah. Contohnya : Paria, oyong, labu, tomat, dan cabe.
Sayuran polong. Contohnya : Kecipir, kacang panjang, buncis, dan kapri.
Sayuran bunga. Contohnya : Bunga pepaya, bunga kol, brokoli, jantung pisang, dan kuncup bunga lili.
Sayuran umbi. Contohnya : Wortel, lobak, dan kentang.

5 Jenis Sayur untuk Lahan Sempit dan Manfaatnya

jenis sayur untuk lahan sempit, cara bercocok tanam di lahan sempit, membuat kebun sayur di lahan sempit
Ada banyak jenis sayur yang bisa ditanam di lahan sempit – diminimalis.com

Ada berbagai macam sayuran yang sebenarnya cocok untuk lahan sempit rumah minimalis Anda. Berikut ini diminimalis sajikan beberapa jenis sayur untuk lahan sempit, diantaranya:

1. Seledri

Jenis sayur untuk lahan sempit yang pertama adalah seledri. Seledri, biasanya bisa ditanam di dalam pot di halaman belakang rumah. Seledri memang tidak dikonsumsi sebagai sayuran utama, namun sebagai penyedap. Ada tiga kelompok seledri yang dapat Anda budidayakan yaitu:

a. Seledri Daun atau Seledri Iris

Seledri ini biasanya digunakan untuk diambil daunnya. Masyarakat Indonesia banyak menggunakannya sebagai masakan. Anda juga bisa menggunakan seledri jenis ini sebagai tanaman hias untuk mempercantik taman minimalis.

b. Seledri Tangkai

Seledri tangkai adalah seledri yang mempunyai daun besar dan beraroma segar. Seledri jenis ini bisanya digunakan sebagai komponen salad.

c. Seledri Umbi

Seledri umi merupakan seledri yang membentuk umbi pada permukaan tanah. Anda juga bisa memakai seledri ini sebagai pelengkap dalam makanan seperti bakso atau sayur sop.

Selain dapat digunakan sebagai bahan pelengkap masakan. Seledri terutama buahnya juga bisa digunakan sebagai obat anti hipertensi. Tidak hanya itu, seledri juga dapat digunakan sebagai obat pembangkit nafsu makan. Namun, perlu hati-hati juga bagi Anda yang mempunyai tubuh sensitif. Seledri dapat menimbulkan alergi, bahkan tidak dianjurkan pagi penderita radang ka’al.

2. Selada

Selada atau daun sla merupakan sayuran yang biasa tumbuh di daerah yang beriklim tropis. Jenis sayuran yang suka dimakan sebagai lalapan ini memiliki kandungan mineral penting seperti fosfor, zat besi, zinc, dan zodium yang bermanfaat bagi tubuh. Selada dapat ditanam di pekarangan dengan media polybag sebelum dipindahkan ke dalam pot.

Anda juga bisa membudidayakan selada sebagai jenis sayur untuk lahan sempit dipekarangan rumah dengan jenis-jenis yaitu:

a. Selada Kepala Renyah

Selada kepala renyah mempunyai pertumbuhan yang unik. Tanaman ini setelah melalui perkembangan roset awal, daun selanjutnya mulai tumbuh bertumpang tindih, dan akhirnya memerangkap daun yang baru terbentuk. Bentuk kepala ini bisa menjadi sangat keras dan semakin besar, kepalanya dapat pecah.

b. Selada Kepala Mentega

Selada kepala mentega bisa disebut sebagai selada kubis. Selada jenis ini pada umumnya lebih disukai oleh konsumen karena mempunyai aroma yang khas dan daun yang lembut. Tanaman ini mempunyai ciri daunnya lebar, berlipat dan lembut, dan cenderung bertekstur berminyak.

c. Selada Cos

Selada cos atau biasa disebut dengan romaine mempunuai ciri daun memanjang, keras, dan bertekstur yang renyah dengan tulang daun tengah yang lebar. Daun panjangnya cenderung sempit dan tumbuh tegak secara longgar bertumpang tindih sama sama yang lainnya.

d. Selada Daun Longgar

Selada jenis ini mempunyai ukuran yang longgar dan ukuran yang beragam, warna, serta tekstur yang unik pada dunnya. Pada jenis sebagaian lainnya daunnya lembut dan renyah, sebagaian lagi berdaun halus, sementara lainnya lagi perpaduan antara keduanya.

Tidak hanya berbagai variasi yang perlu Anda ketahui. Ada berbagai kandungan gizi dan manfaat dari selada ini yaitu kandungan mineral, termasuk fosfor, besi, tembaga, kalsium , mangan, potasium, iodium, dan kobalt. Oleh karena itu, selada mempunyai kasiat yang sangat baik untuk keseimbangan tubuh.

3. Tomat

Jenis sayur untuk lahan sempit selanjutnya adalah tomat. Tomat merupakan tanaman yang mudah tumbuh di berbagai media tanam. Tomat juga bisa tumbuh dengan menggunakan pot. Karena pola tumbuhnya yang menjuntai dan sedikit merambat, tomat tidak membutuhkan lahan besar untuk menanamnya.

Cara yang baik dalam menanam tomat adalah disemai terlebih dahulu, setelah tomat tumbuh 4 daun kemudian ditanam untuk dijadikan bibit terlebih dahulu. Anda dapat memulai memanennya pada usia 9 minggu setelah tanam selanjutnyasetiap 5 hari.

Sedangkan kandungan dari tomat berupa likopen yang berfungsi untuk memerangi efek radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Tidak hanya itu, tomat juga mempunyai kandungan antioksida, kaya vitamin A dan C.

jenis sayur untuk lahan sempit, cara bercocok tanam di lahan sempit, membuat kebun sayur di lahan sempit
bayam merupakan sayuran yang bisa ditanam di lahan sempit – diminimalis.com

4. Bayam

Sayuran yang sangat kaya akan betakaroten dan vitamin C ini memiliki banyak manfaat bagi jantung, darah, dan kesehatan mata. Bayam juga mengandung zat besi tinggi yang baik untuk pertumbuhan anak-anak. Bayam sangat mudah sekali di tanam, terlebih saat musim hujan.

Bayam merupakan jenis sayur untuk lahan sempit yang sangat cocok untuk lahan minimalis Anda. Ada dua jenis bayam yang dapat Anda tanam, yaitu bayam petik dan bayam cabut.

Bayam petik bisa digunakan sebagai lalapan, misalnya pecel, gado-gado, serta urap. Sedangkan daun bayam cabut mempunyai ukuran lebih kecil dibandingkan dengan bayam petik. Masa tanam bayam ini paling lama 25 hari dan lebih cocok digunakan sebagai sayur bayam dan sayur bobor.

Jenis sayur untuk lahan sempit ini memang mempunyai kandungan zat besi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan sayuran daun lain. Kandungan inilah yang bermanfaat untuk penderita anemia. Di tempat lain, biji bayam juga dapat digunakan sebagai makanan diet karena mengandung sumber karbohidrat yang tidak menyebabkan kegemukan.

5. Cabai Rawit

Jenis sayur untuk lahan sempit selanjutnya adalah cabai rawit. Menanam cabai rawit tidak harus memerlukan lahan yang luas, karena bisa dilakukan di dalam pot. Cara menanam cabai rawit dapat Anda lakukan dengan mengeluarkan biji-bijinya kemudian dijemur hingga kering, barulah biji cabai tersebut siap untuk ditanam di berbagai media tanam yang  Anda siapkan.

Selain dapat Anda gunakan sebagai campuran masakan atau bahan utama dalam membuat sambal. Cabai rawit ternyata mempunyai manfaat kesehatan yaitu untuk meningkatkan metabolisme tubuh karena terdapat kandungan vitamin C yang baik untuk menguatkan imunitas tubuh. Namun, perlu diperhatikan juga, jangan terlalu banyak makan cabai karena dapat menyebabkan diare.

Demikian ulasan kami tentang berbagai jenis sayur untuk lahan sempit, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang cara berkebun di lahan sempit bisa dilakukan dengan beberapa cara ini. (ls) editted by AL250421.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.