by

Jenis Rel Pintu Geser yang Paling Bagus

-Umum-1,643 views

Rumah minimalis biasanya hadir dengan terbatasnya ukuran untuk setiap ruangannya. Oleh karenanya untuk mengatasi hal tersebut diaturlah penataan interior yang tepat agar tetap terkesan luas dan nyaman saat digunakan. Bicara soal alternatif memperbaiki ruangan agar terlihat lebih luas salah satunya adalah dengan memilih pintu geser. Namun tahukah Anda bahwa pintu geser sendiri memiliki jenis rel pintu yang berbeda? Berikut pembahasannya.

jenis rel pintu
jenis rel pintu geser untuk daun pintu dari kayu – diminimalis.com

Penggunaan rel dan daun pintu pada pintu geser memang tidak bisa dipisahkan. Keduanya memiliki hubungan yang jika tidak ada salah satunya maka tidak akan bekerja.

Tanpa adanya rel, sistem kerja pintu geser tidak dapat berjalan dengan baik, bahkan sangat mungkin malah tidak berfungsi sama sekali. Apalagi jika rel pintu yang digunakan tidak tepat. Hal ini selain dapat merusak daun pintu juga dapat membahayakan orang yang melintas di atasnya dikarenakan daun pintu bisa jatuh dan menimpanya sewaktu-waktu.

Artikel kali ini akan spesifik membahas tentang kegunaan pintu geser dan jenis-jenis relnya yang sudah cukup populer di masyarakat.

Dua Jenis Rel Pintu Geser yang Ada di Pasaran

Di pasaran saat ini sudah banyak jenis rel pintu geser yang beredar. Masing-masing jenisnya memiliki sistem kerja, kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Nah, dengan mengetahui jenis rel yang tepat untuk pintu geser diharapkan hal buruk yang kami singgung di atas tidak terjadi. Selain itu fungsi pintu sebagai pengaman rumah juga akan bisa bekerja dengan baik.

Berikut beberapa jenis rel pintu yang lumrah dipakai pada pintu geser dengan kelebihannya masing-masing. Mana pilihanmu?

1. Rel pintu gotri (pelor)

Secara keseluruhan sistem kerja pintu geser sebetulnya sama. Perbedaannya terletak pada mekanisme kerjanya saja.

Bahan apa yang digunakan sebagai bantalan pintu saat digeser. Sesuai dengan namanya, rel pintu gotri menggunakan gotri atau pelor sebagai media bantalan daun pintunya. Rel pintu jenis ini memiliki kelebihan utama yaitu pada sisi keekonomisannya. Harganya yang relatif murah sangat cocok untuk Anda yang memiliki kendala biaya untuk pemasangannya.

Yang harus diperhatikan adalah, apabila daun pintu yang Anda gunakan memiliki bobot yang cukup berat, kami sarankan untuk tidak menggunakan jenis rel pintu ini.

Beban berat yang diterima gotri bisa menyebabkannya hancur sehingga otomatis akan menggangu kinerja pintu geser selanjutnya. Jadi, jika Anda ingin menggunakan rel pintu gotri sebagai pengganti engsel pintu, gunakan saja daun pintu yang memiliki bobot ringan. Dengan begitu pintu Anda akan relatif lebih aman dari potensi kerusakan.

jenis rel pintu
jenis rel pintu geser sistem roda  – diminimalis.com

2. Rel pintu roda

Jika rel pintu gotri menggunakan gotri sebagai media ‘seluncurnya’, maka pada jenis rel pintu yang kedua ini menggunakan roda sebagai mekanisme geraknya. Roda yang digunakan biasanya terbuat dari bahan plastik nilon dan besi yang kuat menahan beban berat.

Material ini dikenal cukup kuat dan awet sehingga Anda tidak perlu khawatir roda dan pintunya akan cepat rusak.

Penggunaan rel pintu jenis ini biasanya dipakai pada daun pintu rumah yang hanya memiliki satu daun pintu maupun pada pintu yang memiliki lebih dari satu daun pintu.

Saat ini penggunaan pintu rel roda juag sudah merambah ke sektor lain. Contohnya seperti pada garasi dan toko, perbedaannya terletak pada besaran rodanya saja.

Pada rel garasi dan toko ukurannya jauh lebih besar dibandingkan rel pada pintu geser rumah. Ini karena folding gate tergolong berat dan jika menggunakan roda kecil akan cepat rusak.

Nah, pada dasarnya penggunaan pintu geser sudah sangat populer sudah sejak lama. Popularitas jenis pintu geser juga demikian mengingat semakin banyaknya kebutuhan industri rumah dan konstruksi.

Anda bisa menerapkan pemasangan pintu geser untuk berbagai keperluan desain pintu. Soal jenis rel yang akan Anda gunakan bisa diatur sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Kami kira demikianlah pembahasan singkat mengenai beberapa jenis rel pintu geser beserta kelebihan dan kekurangannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat (am). -editted by RN04042019


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.