Pondasi memiliki peran yang amat vital untuk sebuah bangunan. Itulah kenapa jenis pondasi bangunan sangat perlu disesuaikan dengan konstruksi di atasnya.

Fungsi vital sebuah pondasi yang mana menjadi ujung tombak kekuatan bangunan menjadikannya tidak tergantikan. Mau tidak mau harus ada dan dibuat dengan penuh perencanaan. Sebab jika tidak, akibatnya bisa fatal, dari mulai kerusakan tembok hingga amblesnya tanah yang berujung pada runtuhnya bangunan.

Di artikel kali ini, diminimalis akan coba mengajak Anda untuk mendiskusikan tentang berbagai jenis pondasi bangunan yang sering dipakai dalam dunia konstruksi. Langsung saja, mari kita bahas bersama-sama.

Peran Vital Pondasi untuk Sebuah Kontruksi Bangunan

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa sebuah bangunan pasti tidak pernah lepas dari yang namanya pondasi. Entah apapun bentuk bangunannya bahkan sebuah gardu sekalipun pasti pondasi jadi bagian yang tak terpisahkan.

Perlu diketahui bahwa jenis pondasi bangunan bisa dibedakan berdasar pada jenis bangunan yang akan dibuat. Apakah bangunan tersebut akan dibuat rumah, sekolah, hotel atau yang lebih kecil dari itu, pondasi nantinya perlu menyesuaikan jenis peruntukkannya tersebut.

jenis pondasi bangunan, jenis pondasi rumah, pengertian pondasi
Jenis pondasi bangunan cakar ayam – diminimalis.com

Jenis-jenis Pondasi Bangunan yang Kokoh Berdasarkan Strukturnya

Sekali lagi, pondasi merupakan struktur bangunan yang memiliki fungsi sangat penting, yaitu untuk menahan beban berat dari semua komponen di atasnya.

Jadi urgensinya tidak bisa dibantah, baik itu untuk bangunan bertingkat tinggi ataupun yang biasa saja.

Perlu diketahui bahwa setiap bangunan menggunakan jenis pondasi yang berbeda-beda tergantung pada ukuran dan struktur/konstruksi bangunan yang akan dibuat.

Jadi menyesuaikan jenis pondasinya perlu dilakukan untuk memastikan kekuatan bangunan benar-benar aman dan terjaga dengan baik secara kontsruksi dasarnya. Di bawah ini kami ulas jenis-jenis pondasi bangunan yang biasa dipakai dalam dunia konstruksi.

jenis pondasi bangunan, jenis pondasi rumah, pengertian pondasi
pondasi piles untuk sebagai material pondasi dalam – diminimalis.com

Pondasi Dalam

Jenis pondasi dalam biasanya digunakan untuk pembangunan rumah atau bangunan dengan kapasitas beban besar. Jenis yang satu ini cocok untuk pondasi rumah dua lantai atau lebih, menara, atau apartemen. Rumah yang terdiri dari beberapa lantai, hotel, dan bangunan-bangunan lainnya yang membutuhkan kekuatan konstruksi yang tinggi biasanya menggunakan pondasi dalam

Jenis pondasi ini dibagi menjadi tiga, yaitu pondasi piles, pondasi bor pile dan pondasi pile strous. Kami akan jelaskan salah satu jenis saja sebagai contoh, yaitu pondasi bored pile.

Bored Pile ialah salah satu jenis pondasi alternatif ketika dalam pengerjaan kontruksi bangunan tidak memungkinkan untuk menggunakan pondasi tiang pancang lantraran lokasi yang sempit atau pertimbangan lainnya.

Sesuai namanya, jenis pondasi bangunan bored pile ini mengandalkan alat bor canggih sebagai treatment awal pembuatannya.

Mata bor yang digunakan berukuran kecil sehingga mudah masuk ke dalam tanah tanpa menyebabkan tanah sekitarnya ambruk.

Dari contoh di atas menunjukkan bahwa pondasi dalam berarti membutuhkan effort yang lebih besar bahkan perlu bantuan mesin canggih untuk membuatnya. Hal ini tidak lain karena perlu penggalian jauh ke dalam tanah.

Meski hanya sebagai alternatif, namun jenis bored pile sudah banyak dipakai pada berbagai jenis konstruksi bangunan saat ini.

Pondasi Dangkal

Selain pondasi dalam, ada juga jenis pondasi dangkal yang juga dibagi lagi menjadi beberapa jenis.

Pondasi dangkal biasanya digunakan untuk pembangunan rumah yang tidak memiliki beban terlalu besar di atasnya. Misal rumah satu lantai, toko, kios atau bangunan kecil lainnya.

Ada beberapa jenis pondasi yang mencakup kategori pondasi dangkal yaitu: pondasi rollag (bata), pondasi tiang (plate kaki), pondasi terucuk bambu, pondasi batu masonry, dan cakar ayam.

Kita contohkan satu, yaitu pondasi rollag bata yang merupakan pondasi yang biasa dipakai untuk menopang bangunan yang masuk kategori ringan.

Pondasi rollag bata ini terbilang sederhana karena selain sebagai penopang juga untuk menyeimbangkan posisi lantai agar tidak amblas pada ujung lantai.

Pondasi rolag bata disusun dari tumpukan bata yang dirangkai dan ditambahkan dengan adukan beton.

Fungsi pondasi ini hampir sama dengan sloof gantung, hanya saja tidak sekuat dan semahal sloof gantung.

Selain dua jenis pondasi tersebut di atas, masih banyak lagi jenis pondasi bangunan hasil inovasi arsitek. Tujuan dari pengembangan konstruksi pondasi sebenarnya adalah untuk membuat struktur dasar bangunan menjadi hemat dan efisien. Namun begitu semua struktur pondasi tetap harus kuat dan mendukung keindahan bangunan.

Baca juga: Rumah tahan gempa, solusi aman di wilayah rawan

Tips Membuat Struktur Pondasi untuk Hasil Terbaik

Untuk mendapatkan struktur pondasi yang baik dan solid, dibutuhkan perencanaan yang matang dengan tahapan tertentu. Sementara itu, untuk membuat pondasi rumah dengan dasar terbaik, ada beberapa tips yang layak untuk kita pelajari, diantaranya:

• Kita harus memastikan bahwa kondisi tanah memungkinkan untuk dijadikan pijakan pondasi dengan baik. Jika ada partikel tertentu yang membuat tanah kurang baik, maka perlu dilakukan perbaikan terhadap struktur tanah sebelum membuat pondasi di atas tanah tersebut.

• Rencana pembuatan pondasi harus dilakukan dengan matang. Hal ini untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan struktural ketika bangunan sudah jadi. Sesuaikan juga model pondasi dengan struktur bangunan yang akan dibangun agar setidaknya tingkat keawetannya terukur.

• Pilih material berkualitas baik sebagai bahan yang digunakan untuk membuat pondasi bangunan. Material yang berkualitas akan mempengaruhi kekuatan dan ketahanan Pondasi rumah yang hendak Anda bangun.

Mungkin demikian ulasan kami tentang berbagai jenis pondasi bangunan terbaik berdasarkan strukturnya guna mendapatkan konstruksi bangunan berkualitas.

Ingat bahwa kualitas pondasi yang buruk uga bisa menjadi penyebab retak rambut pada dinding rumah, jadi jangan disepelekan ya. Sekian dan semoga bermanfaat. (ls) editted by RN30082021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *