by

Jenis Lampu Untuk Interior Rumah Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

Jenis lampu untuk interior sekarang-sekarang ini sudah sangat beragam. Penerangan jenis lampu sendiri termasuk ke dalam penerangan buatan.

Ketika malam tiba, penerangan yang bersumber dari lampu listrik menjadi satu hal yang sangat penting. Sumber cahaya dari lampu dibandingkan dengan sumber cahaya lain seperti lilin, obor, dan templok (lampu dari minyak) jelas lebih unggul dari sisi kepraktisannya.

Lampu memang menjadi benda yang amat penting dikarenakan fungsinya yang nyaris belum bisa tergantikan sebagai sarana penerang rumah. Dengan urgentnya fungsi yang dimiliki lampu menjadikannya wajib Anda perhatikan dalam pemilihan dan penggunaannya.

Kesalahan dalam penggunaan dikarenakan tidak memahami jenis lampu interior maupun eksterior akan mengakibatkan rumah Anda tidak nyaman.

jenis lampu untuk interior
Memilih lampu – diminimalis.com

Ketika Anda memilih jenis lampu indoor yang tepat maka rumah akan terasa lebih indah dan detail dari ornamen di dalamnya akan lebih menonjol. Ada banyak jenis lampu interior rumah yang bisa Anda pilih dan jenis lampu downlight adalah salah satunya.

Lampu downlight biasanya dipasang pada sudut-sudut ruangan di dalam rumah untuk memberikan kesan elegan dan membuat detail perabot yang indah. Ada beberapa jenis lampu untuk interior yang bisa digunakan sebagai isian lampu downlight. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda, berikut diantaranya:

Berikut macam, kelebihan dan kekurangan jenis lampu untuk interior:

jenis lampu untuk interior
Lampu pijar – diminimalis.com

Selanjutnya diminimalis akn berikan list jenis lampu untuk bagin dalam rumah (interior) yang bisa dipilih.

1. Lampu Pijar

Jenis lampu yang dikembangkan oleh Thomas Alfa Edison ini memakai semacam kawat pijar di dalam bola kaca yang berisi gas nitrogen, argon, kripton, hidrogen dan sebagainya.

Banyak orang yang membeli lampu jenis ini dikarenakan harganya yang relatif murah. Warna kuning yang dihasilkan memberi kesan hangat tersendiri, inilah beberapa kelebihannya.

Di sisi lain ada juga kekurangannya, yakni umur lampu yang relatif pendek (sekitar 3-4 bulan) dan memerlukan energi yang lebih dibandingkan jenis lampu ubtuk interior yang lain.

2. Lampu TL (Fluorescent)

Dahulu jenis lampu ini terkenal dengan sebutan lampu neon, namun seiring perkembangan jaman jenis dan macamnya pun beragam.

Dahulu bentuk lampu ini memanjang biasa, sekararang Anda bisa menjumpai lampu jenis ini dengan beragam bentuk, seperti spiral, melingkar, dan memanjang dengan fitting yang mirip lampu pijar.

Harga yang lebih murah dibanding lampu pijar dan umur lampu yang lebih panjang menjadikan kelebihan lampu jenis ini. Kelebihan yang lain adalah lampu jenis ini memberikan efek cahaya yang beragam, yaitu kuning, putih dan lain sebagainya.

jenis lampu untuk interior
Lampu LED – diminimalis.com

3. Lampu LED

Jenis lampu LED memancarkan cahaya lewat aliran listrik yang relatif tidak banyak menghasilkan panas, berbeda dengan lampu jenis lain. Karena tidak menghasilkan panas , lampu LED merupakan lampu paling hemat energi dibanding jenis lampu untuk interior yang lain. Lampu LED juga memiliki ragam warna yang banyak.

Sisi kelemahannya hanya terdapat pada harga yang mahal saja.

Baca:

Lampu Rumah Minimalis Anda Semakin Manis Dengan Tips Berikut

4. Lampu Halogen

Lampu jenis ini merupakan jenis lampu terbaik untuk lampu down light, karena cahaya yang dihailkan lebih fokus. Area taman yang ditambah dengan lampu jenis ini akan memberikan kesan dramatis. Harga yang mahal menjadi pertimbangan tersendiri jika Anda ingin memilih jenis lampu ini.

Dari beberapa jenis lampu interior diatas bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kepentingan saat memilih lampu. Dan jangan lupa juga sesuaikan lampu yang Anda pilih dengan kesan rumah yang ingin Anda munculkan saat lampu tersebut Anda hidupkan. Semakin sesuai dengan tema rumah tentunya akan semakin nyaman.

Adapun tips saat membeli lampu adalah mintalah untuk dicek kondisinya: apakah menyala atau tidak. Jangan terima dan minta ganti jika lampu tersebu saat tidak menyala.

Demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan beberapa jenis lampu untuk interior yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan. Satu hal terpenting adalah jangan segan untuk bertanya kepada orang disekitar Anda sebagai penambah wawasan Anda. Salam diminimalis. (am.)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 comments

  1. artikelnya bermanfaat sekali.
    selain jenis lampu yang sudah di sebutkan di artikel ini, ada juga jenis- jenis lampu downlight yang bisa di baca di leddo.id
    atau kalau sedang mencari lampu yang tepat sesuai kebutuhan bisa hubungi leddo.id juga

    1. terimakasih sudah menyempatkan berkunjung dan membaca artikel di diminimalis.com. Jangan lupa kunjungi juga artikel seputar lampu rumah minimalis di web ini. Terimakasih.