Rumah minimalis identik dengan pagar rumah yang elegan. Anda bisa menemui jenis-jenis pagar rumah minimalis berdasarkan bahan baku yang biasa kita temui diantaranya adalah berbahan kayu, dinding, dan tanaman. Bagi Anda pemilik rumah minimalis, salah satu cara untuk menambah kesan elegan dan modern adalah dengan menambahkan pagar rumah dari salah satu bahan tersebut.

Jenis-jenis Pagar Rumah, Jenis-jenis pintu Pagar Rumah, pagar rumah sederhana , pagar kayu, pagar kayu minimalis, pagar rumah kayu sederhana
pagar kayu dengan desain yang indah – diminimalis.com

Pagar rumah merupakan elemen yang sangat mendukung untuk rumah terkesan modern. Adanya pagar pada sebuah rumah, fungsinya bukan hanya menjadi pelengkap saja, tetapi bisa menjadi salah satu aksesoris keindahan pada bagian desain eksterior. Untuk memaksimalkan fungsi pagar sebagai penambah estetika eksterior rumah, maka Anda juga perlu merancang pagar dengan bahan dan desain yang disesuaikan dengan gaya rumah minimalis Anda.

Jenis-jenis Pagar Rumah Minimalis Modern

Di bawah ini kami uraikan untuk Anda jenis-jenis pagar rumah minimalis berdasarkan bahan bakunya yang bisa Anda buat untuk rumah minimalis Anda, diantranya yaitu :

Pagar Rumah Berbahan Baku Batu Alam

Jenis-jenis pagar rumah minimalis memang banyak. Nah, yang pertama adalah pagar rumah yang terbuat dari batu alam. Batu alam memiliki kesan alami yang membuat rumah menjadi nyaman dan damai. Harga untuk material batu alam sendiri juga tidak terlalu mahal dan mudah untuk didapatkan. Untuk mendapatkan pagar rumah yang cantik, maka perlu kesesuaian antara pagar rumah dengan desain eksterior rumah tersebut.

Pagar Rumah  Dinding

Pagar rumah dari dinding juga masih banyak digunakan terutama di daerah yang letaknya di kampung karena pengecatannya pun mudah. Agar pagar dinding terlihat indah, alangkah baiknya Anda menyesuaikan dengan warna cat rumah Anda.

Jenis-jenis pagar rumah minimalis, pagar kayu, pagar kayu minimalis, pagar rumah kayu sederhana
pagar rumah kayu yang elegan dan kokoh – diminimalis.com

Pagar Rumah Kayu

Bagi Anda yang menyukai tampilan alami, pagar berbahan dasar kayu bisa menjadi pilihan tepat karena kayu memiliki tampilan lebih cantik yang bisa diaplikasikan di rumah minimalis bergaya etnik. Kesan utama yang menonjol dari pagar ini adalah nuansa alaminya yang begitu kuat. Rumah yang dihiasi pagar kayu akan terlihat lebih natural dan bisa menyatu dengan alam. Anda bisa mengkombinasikan bahan dari kayu dengan besi atau alumunium agar kesan modern lebih terasa.

Pagar Baja Ringan

Baja ringan saat ini menjadi tren yang sangat populer untuk menghiasi pagar di daerah perumahan. Pagar jenis baja ringan ini mempunyai tampilan yang minimalis dengan bobot yang ringan namun mempunyai daya tahan yang juga kuat. Selain itu juga, pagar ini mudah untuk dikombinasikan dengan berbagai macam model rumah, sehingga tidak akan ketinggalan zaman.

Pagar Besi Tempa

Pagar besi tempa merupakan jenis-jenis pagar rumah minimalis yang sangat unik karena mempunyai tampilan yang megah dan klasik. Anda dapat mewarnai besi tempa ini dengan warna-warna yang menarik seperti warna hitam, emas, dan tembaga.

Nah, ditambah lagi apabila rumah Anda mempunyai ukuran yang besar dan mempunyai halaman yang luas. Jenis pagar ini sangat cocok untuk Anda. Anda dapat memanggil ahli yang profesional untuk mengerjakan pagar yang satu ini agar terlihat lebih rapi dan bagus. Jangan lupa untuk melakukan proses finishing secara cermat agar tidak mudah berkarat.

Pagar Besi Hollow

Selain besi tempa, pagar dengan bahan baku besi hollow juga dapat Anda gunakan sebagai material pagar. Ciri-ciri dari pagar ini adalah mempunyai bagian tengah yang kopong atau berongga. Sedangkan, harga dari besi ini relatif terjangkau dan mempunyai tampilan yang simpel, sehingga sangat cocok untuk rumah minimalis modern. Anda juga dapat mengecat pagar ini dengan warna hitam, agar dapat diaplikasikan dengan semua fasad rumah.

Pagar Bambu

Jenis-jenis pagar rumah minimalis selanjutnya adalah pagar yang terbuat dari bambu. Apabila Anda ingin menerapkan pagar jenis ini, memang membutuhkan perawatan yang intensif dan ekstra. Jangan lupa untuk memilih bambu yang berkualitas dan melakukan perawatan setiap bulannya.

Jika bambu sudah mulai rapuh atau jelek, gantilah dengan lebih baru agar tidak terlanjur roboh sehingga mengurangi tingkat keamanan rumah Anda. Rumah Anda yang bernuansa klasik dan tradisional akan semakin cantik apabila menggunakan pagar yang satu ini.

Pagar Tanaman

Jenis pagar yang selanjutnya sangat berbeda dari pagar-pagar sebelumnya. Pagar ini terbuat dari tanaman yang menjalar dan mudah dalam perawatannya. Jenis tanaman yang dapat Anda gunakan yaitu soka, pucuk merah, teh-tehan, dan bambu hias. Pastikan Anda memangkasnya secara rutin, karena biasanya jenis-jenis tanaman ini sangat cepat pertumbuhannya.

Anda harus meluangkan waktu minimal satu kali dalam seminggu untuk melakukan perawatan pagar ini. Jangan lupa juga untuk menyiram setiap pagi dan sore hari pada saat awal-awal penanaman, agar tanaman tumbuh subur dan lebat. Apabila perlu, gunakan obat penyubur tanaman agar hasil bisa lebih baik.

Pagar Beton

Anda tipe orang yang praktis dan tidak suka ribet? Pagar jenis ini sangat cocok untuk Anda. Pagar beton adalah pagar yang terbuat dari hasil cor yang mempunyai campuran terdiri dari semen, pasir, dan sejumlah bahan lainnya. Pagar ini sangat cocok untuk Anda yang mempunyai rumah berukuran besar dan barang-barang yang mahal. Tak heran, jika pagar ini perlu menjadi rekomendasi Anda karena mempunyai tingkat kemanan yang lebih terjamin.

Pagar Kombinasi

Jenis-jenis pagar rumah minimalis selanjutnya adalah pagar yang terbuat dari material kombinasi. Material ini terdiri dari dua atau tiga material yang berbeda, misalnya baja ringan dan batu bata, kayu dan batu alam, dan sebagainya. Anda bisa merancang sendiri konsep seperti apa yang diinginkan. Pastikan kedua bahan yang akan dikombinasikan cocok dan enak dipandang mata. Selamat berkreasi.

Cara Merawat Pagar Rumah Minimalis

Anda sudah melihat pembahasan mengenai jenis-jenis pagar rumah minimalis. Selanjutnya diminimalis akan jelaskan bagaimana merawat pagar rumah minimalis yang terbuat dari besi ataupun kayu.

Pagar Besi

Anda dapat melakukan cara untuk perawatan pagar besi sebagai berikut:

  1. Lindungilah pagar menggunakan cat. Penggunaan cat ini dapat Anda gunakan untuk melindungi pagar dari sengatan sinar matahari dan hujan, sehingga pagar besi tidak mudah rusak dan berkarat. Pagar Anda akan lebih awet dan tetap terlihat lebih cantik.
  2. Oleskan minyak. Selain menggunakan cat, Anda juga bisa menggunakan minyak untuk melindungi pagar dari keropos. Tujuan lainnya agar saat hujan turun, air tidak terlalu lama tertahan sehingga dapat merusak pagar Anda.

Pagar Kayu

Cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan perawatan pagar berbahan kayu yaitu:

  1. Mencegah rayap. Cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rayap yang menyerang material kayu adalah dengan mengoleskan bahan anti rayap yang diaplikasikan sebelum memoles kayu dengan cat atau finishing yang lainnya. Selanjutnya, Anda dapat menggunakan semprotan anti rayap untuk mengusir rayap.
  2. Mengatasi warna kusam. Cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah mengecat pagar kayu yang telah dicampur anti rayap atau mengoleskan produk perawatan kayu khusus.

Demikian ulasan kami tentang jenis- jenis pagar rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang aneka pagar hidup yang bisa ditanam di samping rumah minimalis Anda, semoga bermanfaat. (ls) editted by AL200521.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *