Jenis-Jenis Lukisan Penghias Kamar Tidur untuk Rumah Minimalis Anda

Di banyak negara dengan peminat karya seni yang tinggi, lukisan selalu memiliki nilai lebih dari sisi harga dan estetika. Tidak sedikit orang yang mau mengadopsi atau membeli lukisan mahal hanya untuk dipajang di salah satu sudut dalam rumah. Bahkan jenis-jenis lukisan yang begitu banyaknya bisa bernilai jutaan rupiah apabila dibuat oleh orang yang ahli dan memiliki nilai filosofi.

Tidak ketinggalan, para pemilik rumah minimalis juga turut serta meminati karya lukis untuk dipajang di dalam rumah. Tujuannya tentu selain mungkin karena minat pada koleksi seni yang tinggi juga karena ada keinginan untuk mempercantik dan menghidupkan suasana rumah. Lukisan yang dipasang pun berbeda untuk setiap ruangan. Misalnya untuk ruang tamu dipasang lukisan bertema alam yang cukup besar. Sementara untuk kamar tidur bisa dipasang lukisan aktor favorit atau gambar apapun yang lebih privatif.

Mengenal Jenis-jenis Lukisan untuk Dipajang dalam Rumah

Lukisan sendiri jika diartikan secara deskriptif bisa diartikan sebagai sebuah karya seni yang dalam proses pembuatannya melibatkan cat, kuas serta polesan pada sebuah kanvas putih. Seni lukis telah eksis sejak ribuan tahun yang lalu. Tidak heran jika saat ini, museum atau galeri di beberapa negara di dunia khususnya Eropa, banyak memajang lukisan bernilai seni tinggi.

Lukisan jenis apapun tidak hanya cocok digantung di museum, melainkan juga pas dipasang dalam rumah. Ada banyak jenis dan tema lukisan yang cocok untuk diadopsi ke dalam rumah. Berikut ini beberapa jenis-jenis lukisan yang secara umum sering diadopsi ke dalam rumah.

Lukisan dengan tema alam

Jenis lukisan dengan tema yang satu ini sudah sangat populer sejak dahulu. Lukisan yang mampu mengeksplorasi bentuk dan keadaan alam sekitar mampu menampilkan susasna berbeda dalam ruangan.

Lukisan bertema alam sangat cocok bagi Anda yang terlampau sibuk dan memiliki segudang aktivitas di rumah. Lukisan bertema pemandangan gunung dan hamparan sawah hijau, akan membuat pikiran Anda lebih rileks, bersemangat, dan tenang. Anda akan merasakan suasana khas pedesaan yang sejuk dan teduh.

Selain manfaat dari sisi estetis, jikapun Anda memutuskan untuk membelinya alias tidak buat sendiri, mencarinya pun cukup mudah di pasaran. Dengan objek alam yang berbeda dan harga variatif, mendapatkan lukisan alam yang indah akan sangat spesial. Anda bisa memasangnya di ruang manapun, jika cukup bagus, ruang tamu adalah salah satu yang direkomendasikan.

Jenis-jenis lukisan apa yang cocok digantung pada kamar tidur?. Pertanyaan ini mungkin sempat terlintas di benak Anda kala menentukan lukisan mana yang cocok dijadikan sebagai penghias kamar tidur. Kamar tidur adalah tempat terbaik untuk beristirahat melepas lelah setelah seharian sibuk beraktivitas. Memilih lukisan yang tepat dapat membuat kamar tidur semakin nyaman untuk ditempati.

Jenis-Jenis Lukisan, Jenis Jenis Lukisan, jenis-jenis lukisan dan penjelasannya
lukisan memiliki jenis-jenis tersendiri yang bisa disesuaikan dengan gaya dan selera penggemarnya – diminimalis.com

Lukisan dengan tema air

Selain lukisan alam yang secara objek lebih luas, Anda bisa memilih objek alam yang lebih spesifik, seperti air. Objek alam yang satu ini menjadi simbol kesegaran pandangan mata bagi siapa saja yang melihatnya.

Hampir sama dengan lukisan bertema alam, lukisan bertema air membuat suasana ruangan menjadi lebih sejuk dan segar. Air dilambangkan sebagai zat atau materi yang dapat menyucikan hati, mata, dan pikiran. Anda tinggal memasang lukisan danau atau sungai di sudut kamar. Atau jika kurang suka dengan keduanya bisa bertema air terjun yang jatuh dari ketinggian.

Lukisan tema air juga tidak kalah mudah utuk mencarinya di pasaran. Anda tinggal datang ke toko lukisan biasanya sudah ada dan siap dibawa pulang. Soal harga tentu tergantung dari ukuran dan bagus atau tidaknya lukisan tersebut. Anda bisa mencari lukisan bertema air bernuansa 3 dimensi jika ingin lebih mantap lagi.

 

Jenis-Jenis Lukisan, Jenis Jenis Lukisan, jenis-jenis lukisan dan penjelasannya

lukisan tema air dengan kesan yang menyegarkan – diminimalis.com

Lukisan dengan tema abstrak

Apakah Anda pernah melihat lukisan yang berwarna warni namun sulit ditebak lukisan itu berobjek apa? Lukisan tersebut lah yang dikenal dalam dunia seni lukis sebagai lukisan abstrak. Lukisan model seperti ini dikenal dengan polanya yang tidak beraturan. Namun jangan salah, meski terkesan “tidak jelas” justru disitulah nilai seninya. Anda bahkan harus membayar mahal jika lukisan abstrak tersebut sangat unik.

Lukisan abstrak sedikit berbeda dengan lukisan berobjek. Oleh karenanya peminat lukisan ini juga berbeda. Jika Anda mencari model lukisan abstrak seperti ini, Anda bisa datang ke galeri-galeri khusus lukisan abstrak. Sesuaikan dengan budget Anda ya karena bisa jadi harganya akan cukup mahal dibandingkan lukisan biasa.

Untuk pemasangannya, sebetulnya Anda dapat menggantung lukisan jenis ini di kamar tidur. Atau di ruangan lain yang lebih privasi namun pilih warna lukisan yang didominasi oleh seperti ruang kerja. Hanya saja, untuk tujuan selain estetika, Anda disarankan memilih warna-warna yang cerah.  Warna merah misanya, direkomendasikan untuk Anda karena dapat membangkitkan semangat dan motivasi.

Jenis-Jenis Lukisan Penghias Kamar Tidur

Tadi kita sudah bahas terkait jenis-jenis lukisan secara umum. Kali ini kita akan bahas mengenai lukisan untuk kamar tidur. Lalu, jenis lukisan seperti apa yang cocok digantung pada dinding kamar tidur? Berapa ukuran lukisan yang pas agar enak dipandang?

Pertanyaan ini mungkin sempat terlintas di benak Anda kala menentukan lukisan seperti apa yang cocok dijadikan sebagai penghias kamar tidur. Kita tahu, kamar tidur sudah dianggap sebagai tempat terbaik untuk beristirahat melepas lelah setelah seharian sibuk beraktivitas di luar. Jadi, memilih lukisan yang tepat punya pengaruh untuk kamar tidur nyaman atau tidak.

Nah, untuk Anda yang sedang mencari inspirasi jenis-jenis lukisan apa saja yang cocok ada di dalam kamar tidur, berikut ini akan kami singgung diantaranya:

1. Lukisan Favorit

Apa atau tokoh siapa yang Anda sukai, bisa Anda tuangkan ke dalam lukisan dan dipajang. Misanya jika Anda menyukai kartun jepang, Anda bisa memasang lukisan tokoh favorit. Atau jika Anda penggemara moto GP, bisa juga memasang lukisan pembalap kesukaan Anda. Jika Anda tidak bisa memebuatnya sendiri, pesan kepada tukang lukis akan lebih bagus.

2. Lukisan Handmade Karikatur

Selain lukisan objek favorit, Anda bisa juga memasang lukisan jenis karikatur. Bisa wajah Anda yang dibuat atau tokoh favorit Anda. Lukisan bertema karikatur akan lebih unik dan pas jika dipasang di dalam kamar tidur.

3. Lukisan kota/tempat impian

Anda juga bisa memasang lukisan berobjek tempat atau kota impian. Atau misalnya memimpikan kuliah di kampus ternama luar negeri, bisa dibaut lukisannya. Ini selain akan membuat ruangan bagus juga akan memotivasi Anda untuk terus semangat belajar. Tentu masih ada contoh lain yang bisa Anda eksplor untuk dijadikan objek lukisan. Tinggal Anda pilih saja sesuka Anda.

Mungkin itu dulu ya ulasan tentang jenis-jenis lukisan secara umum dan yang cocok untuk penghias kamar tidur untuk Anda. Lukisan bukan hanya sekedar penghias ruangan namun juga penyemangat. (ls) editted by RN04042020

 


Comment