Mengenal Jenis Jenis Genteng yang Cocok untuk Atap Rumah Minimalis

Genteng adalah salah satu material terpenting dari sebuah rumah. Tidak sedikit jenis jenis genteng yang dihargai cukup mahal namun secara kualitas terbilang standar. Sebaliknya, ada beberapa yang kualitasnya bagus namun harganya juga terbilang murah.

Untuk mendapatkan genteng terbaik memang harus pandai-pandai dalam memilah dan memilih. Mulai dari paham dengan jenis jenis genteng itu sendiri hingga rating kredibilitas seller-nya.

Soal harga, jika Anda termasuk yang tidak segan untuk berinvestasi pada kualitas, maka satu-satunya jalan adalah dengan mengenali barangnya. Genteng seperti apa yang Anda inginkan dan berapa budget yang Anda anggarkan, semua harus masuk dalam pertimbangan Anda.

Pentingnya Memilih Genteng Berkualitas

Sebenarnya, jenis jenis genteng yang cocok digunakan pada rumah minimalis itu cukup beragam. Anda bisa memilih berdasarkan penyesuaian dengan model atapnya, atau bisa juga sekedar menuruti selera.

Namun, perlu diketahui bahwa syarat utama dari jenis genteng rumah yang sebaiknya dipilih adalah faktor kekuatannya. Kenapa? Tidak lain karena fungsi genteng ini yang menjadi ujung tombak pelindung rumah dari terik panas dan hujan.

 jenis jenis genting, jenis jenis genteng, jenis jenis genteng rumah, Jenis atap rumah yang kuat, bahan atap rumah yang kuat, jenis bentuk atap
rumah yang menggunakan genting metal – diminimalis.com

Terlebih lagi, Anda tinggal di Indonesia yang disebut sebagai wilayah tropis. Pergantian cuaca ekstrim yang tak bisa diprediksi bisa saja terjadi dan membuat masalah terhadap rumah Anda.

Tanpa ditopang oleh genteng yang kuat dan kokoh, maka rumah Anda jelas akan rentan terhadap resiko kebocoran. Bila hal ini terjadi, maka akan timbul berbagai kerusakan lain yang sangat mungkin merembet kemana-mana.

Jadi, sebegitu petingnya memilih genteng berkualitas sehingga kami sarankan agar Anda berinvestasi pada pembelian yang terencana. Jangan lupakan pertimbangan memilih seller terbaik agar produk yang Anda beli benar-benar memang sudah dipercaya banyak orang.

Mengenal Jenis Jenis Genteng untuk Rumah Minimalis

Banyak sekali jenis jenis genteng yang tersedia di pasaran saat ini dengan harga yang tentunya beragam pula. Supaya tidak salah dalam memilih genteng yang tepat untuk konstruksi atap rumah minimalis Anda, maka minimal Anda sudah cukup tahu jenis-jenisnya.

Berikut ini kami ulas tentang aneka jenis genteng yang perlu Anda ketahui sebagai bahan referensi Anda ketika hendak membangun rumah.

atap asbes, atap asbes biar tidak panas, macam macam asbes
Atatp asbes memiliki bobot yang ringan dan mudah di pasang – diminimalis.com

Genteng Asbes

Genteng asbes adalah salah satu dari jenis jenis genteng yang bagus untuk dipilih. Terbuat dari enam gabungan mineral silikat alam, genteng jenis ini cukup banyak digunakan karena harganya yang murah dan pemasangannya pun mudah.

Genteng asbes juga memiliki bobot yang cukup ringan, sehingga tidak memerlukan konstruksi gording khusus. Kekurangannya ialah cukup rentan pecah sehingga harus ekstra hati-hati saat pemasangannya.

Genteng Aspal

Genteng aspal terbuat dari campuran aspal dan bahan kimia lain. Terdapat dua jenis genteng aspal yang tersedia. Yaitu genteng aspal bergelombang dan genteng aspal datar yang mana bertumpu pada multipleks rangka.

Genteng Beton

Salah satu dari sekian jenis jenis genteng ini memiliki bentuk atau model meneyerupai atap genteng tanah liat. Atap ini sering digunakan di rumah bergaya minimalis.

Atap genteng beton tersedia dalam beberapa bentuk mulai dari bergelombang sampai yang datar dengan beragam warna yang bisa disesuaikan. Atap jenis ini terkenal kuat, tahan terhadap perubahan cuaca, serangan serangga hingga kebakaran.

Genteng Beton Cor

Jenis genteng yang juga disebut dengan atap beton bertulang ini sering dipasang pada rumah bertingkat. Atap ini memiliki tingkat kekokohan yang tinggi, tahan terhadap cuaca dan pelapukan serta kebakaran.

Meski begitu, jika sudah lama digunakan, maka beton cor biasanya akan ditumbuhi tumbuhan liar. Jika Anda memutuskan memakai atap jenis ini, maka Anda perlu memperhatikan pondasi rumah.

Apabila pondasi rumah belum dibangun sebaiknya Anda membuat pondasi cakar ayam yang kuat agar dapat menyokong dengan baik jenis atap yang satu ini.

Genteng Metal

Atap yang terdiri dari susunan genteng berbahan baja atau logam anti karat ini memiliki keunggulan dalam bobotnya yang cukup ringan. Selain itu, atap genteng metal juga dapat memantulkan cahaya ke tanah sehingga rumah terhindar dari rasa panas yang berlebihan, anti karat, anti pecah dan tahan terhadap api.

Bentuk genteng jenis ini berupa lembaran mirip seng. Untuk pemasangannya, genteng jenis ini ditanam pada balok gording rangka atap menggunakan sekrup. Dikarenakan bobot genteng ini ringan, maka pemasangannya membutuhkan sekrup supaya tidak mudah terbawa angin.

Genteng Kaca

Selanjutnya ada genteng kaca yang biasanya hanya digunakan untuk bagian ruangan tertentu saja. Seperti ruangan yang membutuhkan penerangan yang alami. Lebih sering dipakai pada kamar mandi atau ruangan sempit lain yang memerlukan cahaya natural dari matahari saat siang hari.

Genteng keramik

Genteng ini terbuat dari keramik namun sudah mengalami proses finishing glazur. Genteng ini tersedia dalam bermacam warna serta ukuran. Penggunaannya cocok untuk atap balkon hunian modern. Penggunaannya bertumpu pada rangka kayu serta beton sehingga bisa menghasilkan atap yang kuat dan tahan lama.

Genteng Tanah Liat

Genteng tanah liat paling banyak digunakan untuk atap rumah minimalis di hampir seluruh daerah di Indonesia. Genteng ini terbuat dari tanah liat yang dipress kemudian dibakar. Pemasangannya dipasang pada atap berangka miring yang terdiri dari kayu atau bambu.

Genteng tanah liat menerapkan pemasangan saling mengunci dan mengikat. Hal ini bisa terlihat dari bagian atasnya yang menonjol untuk mengaitkannya ke rangka bagian atas.

Kesimpulan:

Dari beragam jenis jenis genteng di atas, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Anda bisa pilih yang paling sesuai dengan keinginan dan pertimbangan terbaik Anda dalam mewujudkan rumah minimalis impian.

Semoga pembahasan dari jami tentang jenis jenis genteng untuk atap rumah minimalis di atas bisa bermanfaat untuk Anda. Salam diminimalis. (ls) editted by RN17032021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.