Untuk Anda yang belum tahu apa saja jenis jenis CCTV yang umumnya dipakai atau dipasang sebagai media pantau keamanan rumah, artikel kali ini akan coba menguraikannya.

Dengan megetahui jenis -jensi CCTV yang ada di pasaran, maka nantinya Anda akan lebih mudah dalam menentukan pilihan terbaik. Selain itu, CCTV yang tepat juga akan membantu mengefektifkan kinerja CCTV itu sendiri.

Jadi mari kita bahas topik ini lebih jauh dimulai dari pengertian hingga alasan kenapa Anda perlu memasang CCTV di rumah.

Apa itu CCTV dan Bagaimana Cara Kerjanya?

CCTv atau Closed Circuit Television adalah sistem kamera pengawas yang menggunakan sinyal sistem tertutup. CCTV berfungsi untuk mengawasi keadaan suatu area yang rawan terhadap tindak kejahatan. Baik di area rumah, kantor, toko, ataupun jalan-jalan.

Untuk lebih mengenal sistem kerja alat yang satu ini, Anda bisa mengakses referensi lain seputar CCTv ini dengan mencarinya dari sumber lain. Sebab, artikel kali ini tidak akan detail membahas sistem kerjanya secara mendalam sampai ke mesin.

Jenis-Jenis CCTV, Jenis-Jenis CCTV camera, sepsifikasi kamera cctv , cara pasang cctv, cara pasang cctv wireless, cara pemasangan cctv di rumah
Jenis jenis CCTV untuk Keamanan- diminimalis.com

Oke baiklah, kita lanjutkan pembahasan ke jenis jenis CCTv yang biasa dipakai di pasaran.

Jenis Jenis CCTV untuk Kamera Pengaman

Seperti sudah disinggung di awal bahwa produk CCTv punya banyak jenisnya. Jika Anda belum tahu apa saja, di bawah ini kami ulas untuk Anda tentang beberapa jenis CCTV untuk perlengkapan keamanan rumah minimalis Anda, diantaranya adalah:

tips rumah aman, tips rumah aman dari pencuri, tips aman saat mudik
pencuri akan menghindari rumah yang dipasangi CCTV – diminimalis.com

1. Dome CCTV

Jenis jenis CCTV pertama adalah CCTV berbentuk dome. Jenis CCTV yang satu ini populer dalam pemasangannya.

Adapun keunggulan dari CCTV dome ini ialah lensa yang tidak mudah rusak meskipun dapat diutak atik oleh tangan. Desain yang lebih simple, lapisan dome yang unik membuat orang sulit membidik arah serta mendukung night vision dan infra-red.

2. Box Camera CCTV

Jenis CCTV yang satu ini cocok untuk kebutuhan surveillance jarak jauh. Selain itu, CCTV ini dapat dipasang di area yang vertikal.

Sebelum dilakukan pemasangan, sebaiknya CCTV ini diberi pelindung untuk mencegah kerusakan. Apabila beberapa area tidak memiliki sumber pencahayaan yang baik maka CCTV ini dapat ditambahkan alat eksternal yang mendukung infra merah.

3. Bullet CCTV

Bullet CCTV merupakan CCTV dengan bentuk yang menyerupai teropong. CCTV jenis ini baik digunakan untuk pengamatan jarak menengah dan tidak terjangkau oleh tangan.

Selain itu, Anda yang tidak mempermasalahkan pencahayaan minim, maka CCTV ini juga cocok digunakan.

4. Wireless CCTV

CCTV yang juga dikenal dengan sebutan Ip Cam ini memiliki bentuk dan ukuran yang bervariasi. Sesuai namanya IP Camera terbaik ini memanfaatkan jaringan nirkabel dan terhubung secara langsung sehingga dapat diakses melalui gadget seperti smartphone.

5. Infra Red CCTV

Salah satu CCTV yang umum dijumpai adalah Infra Red CCTV. CCTV ini mengandalkan kapasitas pencahayaan yang dimiliki berupa LED sehingga dapat menangkap objek dalam jarak yang jauh. Kamera ini sangat direkomendasikan untuk area yang gelap.

Dari jenis jenis CCTV yang ada di atas hampir semuanya telah dilengkapi dengan teknologi canggih. Sehingga, soal keamanan dan tangkapan layar akan menghasilkan kualitas yang sesuai keinginan.

Baca juga: Cara mengakses CCTV dari gadget 

Perlunya Anda Memasang CCTV di Rumah

Bicara soal perlunya memasang CCTv di rumah, maka bisa diambil kesimpulannya dari fungsi CCTv itu sendiri. Yaitu untuk menangkap gambar sebagai bentuk pengawasan terhadap situasi di area sekitar.

Jadi, kenapa perlu Anda memasang CCTv? Tidak lain adalah demi tujuan keamanan dan kenyamanan selama tinggal di rumah, kerja di kantor, atau menjaga toko.

CCTV ini berguna untuk mengurangi tindak kriminal yang makin marak terjadi. Pelaku kejahatan biasanya akan berpikir ulang untuk melakukan tindakannya jika ada kamera CCTv di sekitarnya.

Dengan begitu, otomatis, rumah Anda atau toko Anda akan lebih aman dengan adanya CCTv tersebut.

Mungkin demikian penjelasan dan uraian dari kami tentang jenis jenis CCTV untuk membantu menjaga keamanan rumah minimalis Anda. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN14112021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *