Berbagai Jenis Ikan untuk Aquascape yang Bagus untuk Dipilih

Ada banyak sekali jenis ikan untuk aquascape yang bisa membuat tampilan interior jadi lebih indah. Dengan memilih jenis ikan untuk aquascape yang terbaik, keindahan tampilan ruangan akan terpancar dengan lebih sempurna. Nantinya, Anda tinggal memilih apakah akan memelihara ikan hias tersebut dari kecil atau sudah setengah dewasa.

Mesti diingat bahwa aquascape tidak sama dengan akuarium. Bila akuarium memiliki fungsi utama untuk memelihara ikan hias, dan hewan air lainnya saja. Maka, aquascape lebih berfokus pada menonjolkan keindahan tanaman hiasnya dengan landscape indah yang bisa diatur.

Meski seperti sudah menjadi ciri khas masing-masing, bukan berarti Anda tidak bisa mengotak atiknya. Anda tetap bisa menambahkan ikan hias pada aquascape atau sebaliknya menambahkan tanaman koral pada akuarium.

Hanya saja pada quascape, jika Anda berniat menambahkan kumpulan ikan hias, Anda mesti memperhatikan keseimbangan ekosistem di dalamnya. Dimulai dengan memilih jenis ikan yang tepat dan terbaik agar keberadaannya tidak hanya sekedar hiasan semata. Hingga menentukan tanaman dan pelengkap keindahannya yang mendukung.

jenis ikan untuk aquascape, ikan khusus aquascape, ikan untuk aquascape

Tidak semua ikan cocok untuk hidup di ekosistem aquascape – diminimalis.com

Tips Memilih Ikan Hias untuk Aquascape

Secara garis besar sudah kami singgung di atas bahwa jenis ikan hias yang sebaiknya dipilih adalah yang teruji secara daya tahan hidup. Kemudian dari sisi estetika, ikan hias tersebut juga mampu menunjang tampilan aquascape yang jauh lebih bagus. Berikut ini tiga tips yang bisa Anda jadikan pathokan ketika ingin membeli ikan hias untuk dipelihara.

Pertama, pilih ikan hias yang berumur panjang

Terlepas dari keindahan bentuknya untuk tujuan estetika, menambahkan ikan hias yang durasi hidupnya lama akan jauh lebih baik. Anda tidak perlu bolak-balik beli, bahkan sekalipun membeli dari usia anakan, potensi hidup hingga dewasanya tetap besar.

Kedua, cari yang perawatannya mudah

Selain berumur panjang, ikan hias yang dipilih juga sebaiknya mudah dirawat. Kemudahan perawatan disini maksudnya ialah mudah mencarikan makanannya. Akan sangat merepotkan bukan jika Anda memelihara ikan yang untuk mencari produk makanannya saja susah?

Ketiga, perhatikan keindahan

Terakhir, ini mungkin yang paling banyak jadi prioritas. Ikan hias jelas dipakai sebagai hiasan sehingga karakter keindahan tak boleh luput. Ada banyak opsi jenis ikan yang bisa dipilih berdasarkan keindahan bentuk dan warnanya. Nanti kita bahas apa saja jenis ikan yang layak untuk ada di aquascape Anda. Yang pasti, dua aspek sebelumnya tidak boleh luput satupun.

Jenis ikan untuk aquascape

Di bawah ini ada beberapa jenis ikan yang cocok disandingkan dengan tanaman hias di aquascape Anda, diantaranya.

1. Ikan Zebra

jenis ikan untuk aquascape, ikan khusus aquascape, ikan untuk aquascape
ikan zebra – diminimalis.com

Ikan air tawar ini terlihat mungil tapi cukup mudah dipelihara dan diternak. Ikan zebra maksimal tumbuhnya hanya sepanjang 3 – 4 cm saja. Karena ikan Zebra memiliki warna yang cerah, maka sangat cocok bila dipelihara di aquascape.

Pemberian pakan dan perawatannya pun cukup mudah. Anda cukup memberikan cacing sutra atau pelet halus yang bisa Anda beli di toko ikan hias. Sifat ikan zebra yang lincah dan gemar bergerombol ini, tentu dapat membuat penampakan aquascape Anda nampak mempesona.

2. Ikan Guppy

jenis ikan untuk aquascape, ikan khusus aquascape, ikan untuk aquascape
ikan guppy – diminimalis.com

Meski tubuhnya kecil, ikan guppy memiliki ekor lebar bagaikan gaun yang indah. Keindahan ikan ini terlihat saat ekornya meliuk-liuk lembut seperti gaun yang tertiup angin. Selain itu, ikan ini juga memiliki warna-warni yang cerah.

3. Ikan Tetra 

jenis ikan untuk aquascape, ikan khusus aquascape, ikan untuk aquascape
ikan tetra – diminimalis.com

Jenis ikan Tetra yang umum dijadikan ikan hias di dalam aquascape adalah Cardinal tetra, Diamond Tetra dan Glowlight tetra.

Cardinal tetra memiliki ukuran yang kecil dengan warna yang terang. Diamond tetra memiliki sisik yang menyala dan termasuk jenis ikan yang aktif bergerak. Sedangkan Glowlight Tetra memiliki tubuh semi – transparan dengan warna warni merah cerah dan oranye, ditambah garis dari yang memanjang dari mata hingga ekor.

Ikan tetra termasuk ikan yang damai dan dapat berdampingan dengan jenis ikan lain. Warna-warnanya yang terang dan memantulkan silau cahaya ini, membuat ikan tetra cocok dipelihara di aquascape Anda.

4. Udang hias  Red Cherry Shrimp

udang hias untuk akuarium, aquarium ikan hias, makanan udang hias air tawar
red cherry shrimp- diminimalis.com

Red Cherry Shrimp merupakan jenis udang air tawar berwarna merah terang pada bagian badan hingga ekornya. Di Indonesia, udang ini terkenal dengan warna merah terangnya walaupun untuk ada beberapa banyak pilihan lain untuk species Red Cherry Shrimp ini.

Harganya juga cukup murah yaitu sekitar Rp10.000 – Rp20.000 per ekornya. Dalam merawat udang ini perlu di perhatikan kualitas airnya terutama fluktuasi kimia air.

Red Cherry Shrimp akan terlihat sangat cantik bila dekorasi akuariumnya gelap, karena warna tubuhnya yang terang sehingga lebih terlihat warn-warnanya.

5. Udang hisa Blue Pearl Shrimp

udang hias untuk akuarium, aquarium ikan hias, makanan udang hias air tawar
Blue peral – diminimalis.com

Sesuai dengan namanya, udang ini memilki warna biru terang layaknya mutiara yang berkilau. Terlebih jika dilihat pada malam hari atau dengan cahaya redup, warna birunya akan terlihat lebih mewah dan elegan. Haganya juga sangat bersahabat, yaitu Rp 10. 000 per ekornya untuk harga di pasaran.

Demikian ulasan kami tentang beberapa jenis ikan untuk aquascape yang cocok untuk Anda pelihara. Ada banyak manfaat aquascape dalam membantu memperindah ruangan. Semoga adanya ikan-ikan hias tersebut, membuat tampilan aquascape Anda menjadi lebih indah dan menawan. (ls) editted by RN23062020


Comment