by

Jenis Ikan Akuarium Tawar untuk Rumah Minimalis (bagian #3dari 3)

Memelihara ikan di akuarium memng menjadi hobi tersendiri bagi sebagian orang. Tidak heran jika muncul komunitas pecinta ikan akuarium. Ada banyak jenis ikan akuarium tawar yang biasanya menjadi idola para fish lovers. Bukan hanya karena fisiknya yang indah namun juga alasan lain seperti harganya yang mahal dan bisa dijual kembali. Untuk alasan ini, biasanya juga dibarengi dengan kompetisi kecantikan ikan yang sering dijumpai di wilayah-wilayah teretntu.

Untuk Anda yang sedang dilema menentukan ikan apa yang akan dipelihara di akuraium rumah, Anda bisa membaca artikel ini sampai habis. Anda akan kami tunjukkan beberapa jenis ikan yang worth it untuk dijadikan sebagai ikan peliharaan di akuarium rumah Anda. Silahkan scrool down untuk membaca artikl ini secara lengkap.

Berbagai Jenis Ikan Akuarium Air Tawar dan Variasi Harganya

Jenis ikan akuarium tawar yang sudah kami bahas di artikel sebelumnya kami bagi berdasarkan kelas harganya. Artikel pertama membahas tentang jenis ikan air tawar dengan harga murah, sedangkan artikel kedua, membahas ikan air tawa dengan harga mahal. Bila Anda belum mebacanya, Anda bisa klik link di bawah ini.

Jenis ikan akuarium tawar yang mudah dipelihara di dalam akuarium

Di artikel seri ketiga ini, kami akan merangkum tentang jenis ikan yang paling mudah dipelihara di dalam akuarium. Diantara ikan tersebut adalah.

1. Ikan Mas Koki

jenis ikan akuariuam air tawar, jenis ikan has air tawar, jenis ikan hias air tawar dan harganya
ikan mas koki – diminimalis.com

Ikan akuarium air tawar ini termasuk dalam keluarga ikan mas. Ikan ini pertama kali berasal dari negara Cina, tapi kemudian banyak dikembangkan di Jepang. Masyarakat Jepang mengembangkan ikan mas koki menjadi banyak variasi warna dan bentuk yang jauh lebih cantik dari sebelumnya.

Gerakan ikan mas koki selalu lucu karena memiliki sirip dan ekor yang melambai-lambai seperti kain yang tertiup angin. Hal ini membuat ikan mas koki selalu diburu oleh para pecinta hias. Selain bentuk dan warnanya yang indah, ikan mas koki tergolong sebagai ikan yang sangat mudah dipelihara.

2. Ikan Discus

jenis ikan akuariuam air tawar, jenis ikan has air tawar, jenis ikan hias air tawar dan harganya
ikan discuss – diminimalis.com

Sebenarnya ikan ini termasuk dalam golongan ikan high class, karena harganya bisa mahal bila ukurannya besar dan memiliki warna yang menarik. Namun ikan ini kalah populer dibandingkan dengan arwana,louhan dan koi.

Meski kalah populer, ikan discus mampu menyesuaikan dengan beragam lingkungan, itulah yang membuat ikan ini mudah dipelihara di dalam akuarium rumah minimalis, karena tidak membutuhkan perawatan yang ribet.

3. Ikan Oscar

Jenis Ikan Akuarium Tawar, jenis ikan has air tawar, jenis ikan hias air tawar dan harganya
ikan oscar – diminimalis.com

Ikan hias ini merupakan salah satu jenis ikan yang banyak disukai para pencinta ikan baik di dalam maupun luar negeri.Jika diperhatikan, ikan oscar sangat mirip dengan ikan yang biasa kita konsumsi yaitu ikan gurame atau nila. Bentuknya yang lebar serta siripnya sangat mirip dengan ikan gurame.

Tetapi, ada hal yang membedakan dari kedua ikan ini, yaitu warna yang dimiliki ikan oscar lebih bervariasi dan kombinasi warna-warnanya jauh terlihat lebih indah dari pada ikan gurame.
Selain itu, kombinasi warna sisik ikan oscar terlihat seperti batik yang menghiasi tubuhnya. Bahkan ada ikan oscar albino atau putih pucat dengan garis totol-totol oranye. Karena ketahanannya terhadap kondisi lingkungan, membuat ikan ini banyak digemari untuk dipelihara di akuarium rumah minimalis.

Dari tiga ikan di atas, semuanya mmemang sudah terbiasa kita dengar. Namun untuk mendapatkan ikan yang benar-benar unggulan, Anda harus berburu di tempat-tempat yang tidak biasa.Carilah informasi seputar komunitas pecinta ikan akuarium di kota Anda. Setelah ketemu bergabung atau minimal berkenalan dan minta rekomendasi ikan yang bagus untuk dipelihara di rumah.

Tidak hanya tiga ikan di atas, masih banyak ikan-ikan lain yang bisa dengan mudah dipelihara untuk dipajang di ruang tamu. Yang jelas, beberapa poin yang akan berpengaruh terhadap harga diantaranya adalah jenis ikannya, ukuran, usia, dan tampilan fisik. Jika memilih jenis ikan yang secara fisik cantik maka tentu resikonya adalah harga belinya paasti mahal. Jadi sesuaikan saja dengan budget dan keinginan Anda sendiri.

Demikian ulasan kami tentang jenis ikan akuarium tawar yang mudah dipelihara di dalam akuarium rumah minimalis Anda, semoga bermanfaat. (ls) editted by RN04012019


Comment