Ada banyak jataton yang sering dipakai dalam kontruksi. Jenis bataton tersebut dibedakan berdasarkan ukuran dan penggunaannya.

Secara garis besar keuntungan menggunakan bataton sebagai material dinding dan lainnya bisa dilihat dari sisi kekuatan dan kemudahan pemasangan. Dimana ketika menggunakan batu bata merah, secara kekohonan tidak mampu bertahan dalam jangka waktu lebih lama.

Selain itu, pemasangan bata merah sebagai konstruksi dinding juga lebih rumit karena membutuhkan bahan-bahan lainnya.

Keistimewaan bataton dinding adalah Anda tidak perlu menggunakan nat yang tebal seperti pemasangan batu bata atau batako pada umumnya.

Cukup menggunakan mortar ketebalan 1 cm saja sehingga dapat menghemat penggunaan mortar untuk nat.

Jadi, mana yang lebih baik sebetulnya, bataton atau batu bata merah? Tentu masing-masing ada plus minusnya ya, silakan temukan artikel kami yang membahas perbandingan keduanya.

Sebab kali ini diminimalis akan fokus dulu pada pembahasan jenis jenis bataton yang biasa digunakan pada konstruksi bangunan.

Jenis jenis Bataton untuk Konstruksi

Perlu diingat bahwa jenis-jenis bataton untuk bahan kontruksi bangunan ada bermacam-macam, mulai dari penggunaan untuk dinding, kusen, kolom, genteng dan paving.

A. Berdasarkan Ukuran

Jika dilihat dari sisi ukuran ketebalan, bataton dibagi menjadi dua, yaitu ukuran ketebalan 10 cm dan 14 cm. Keduanya memiliki lubang yang berfungsi sebagai peredam cuaca dan suara.

B. Bataton untuk Konstruksi Dinding

Bataton dinding juga tersedia dalam ukuran separuh sehingga Anda tidak perlu memotong lagi sebagaimana ketika Anda menggunakan batu bata.

manfaat bataton, manfaat bata beton, harga bataton jenis bataton
bataton dengan jenis H dan U – diminimalis.com

Adapun jenis bataton yang biasa digunakan untuk mendirikan dinding dibagi menjadi dua.

Bataton jenis pertama adalah UB14 yang biasa digunakan untuk balok pengikat fondasi (sloof ) dan balok pengaku (ringbalk ). Sedangkan jenis bataton ke dua adalah HB14 yang digunakan pembentuk kolom beton bertulang.

Baik Bataton HB14 danUB14, masing masing bisa dipesan dalam ukuran full size atau half size sehingga tidak perlu memotong bataton dalam pemasangannya. Hal ini membuat bangunan konstruksi dinding menjadi sangat kokoh dengan waktu pekerjaan yang lebih singkat dan lebih ekonomis dibandingkan dengan pasangan bata merah.

jenis bataton
bataton dengan jenis HB 14 – diminimalis.com

Bentuk-bentuk bataton yang berongga ini memiliki banyak manfaat, diantaranya bisa diisi tulangan baja untuk sloof, balok dan kolom, juga bisa sebagai jalur pipa air dan kabel listrik.

Dengan demikian, selain menghemat penggunaan kayu bekisting juga membuat dinding lebih rapi tanpa bobokan yang biasa dilakukan dalam memasang jalur kabel dan pipa air.

Rongga pada bataton tersebut juga dapat berperan juga sebagai isolator panas yang dapat menangkap rambatan radiasi panas pada dinding akibat terpapar terik matahari. Dengan begitu, suhu radiasi panas pada dinding tak seluruhnya tembus sampai ke dalam ruangan.

C. Bataton untuk Kusen

Selain bataton HB14 dan UB14, juga tersedia bataton rooster dan kusen beton yang bisa melengkapi bukaan pada konstruksi dinding untuk menambah kekokohan dan keawetannya.

Jenis bataton untuk kusen diantaranya:

  • Bata Beton Interlock

Bataton ini memiliki rongga di kedua sisinya, ada juga cekungan dan tonjolan. Pengunciannya dengan membuat posisi beton tidak bergeser dan cara mengikatnya 2 arah.

  • Bata Beton Aerasi

Jenis bataton untuk kusen yang satu ini memiliki bobot yang ringan. Bataton jenis ini sangat cocok untuk rumah bertingkat karena tidak akan membebani struktur dinding di lantai bawah.

Kelebihan dari bataton ini ialah tahan air, kedap suara, dan juga tahan api. Sehingga dengan demikian sangat cocok untuk menjaga keamanan rumah yang rawan kebakaran.

Kesimpulan:

Dari berbagai jenis bataton di atas, semua punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Termasuk penggunaan bataton dinding dan kusen yang memang dibedakan berdasarkan penggunaannya.

Apapun pilihan Anda nantinya untuk melengkapi pembangunan rumah Anda, sebaiknya telaah setiap kelebihan dan kekurangan bataton itu sendiri.

Bataton memang punya kelebihan dari sisi kekuatan dan kemudahan pemasangan. Namun, dari sisi harga lebih mahal ketimbang bata merah.

Jadi kalau memang ada budget lebih tidak masalah memilih bataton sebagai bagian dari material konstruksi rumah Anda.

Mungkin itu saja dulu ulasan dari kami tentang jenis jenis bataton untuk kontruksi bangunan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi terbaik Anda. (ls) editted by RN22092021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *