Dalam memilih sofa sebaiknya dipilih yang terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas. Dimulai dengan menentukan pilihan jenis bahan sofa yang awet, berkualitas, dan awet/tahan lama.

Lantaran biasanya kualitas bahan berbanding lurus dengan harga, maka paling tidak keduanya harus seimbang. Ini berlaku untuk Anda yang tidak suka atau tidak mau mengeluarkan banyak uang untuk membeli perabotan rumah.

Jika keukeuh ingin mendapatkan sofa terbaik degan harga yang murah, maka jalan tengahnya adalah dengan memilih jenis bahan sofa kelas medium. Kenapa kami menyarankan ini, sebab kami yakin Anda pun tidak mau bolak-balik membeli sofa lantaran ketidak awetannya.

Tips Memilih Jenis Bahan Sofa Berkualitas

Sofa merupakan salah satu furniture penting dalam sebuah ruangan, terutama ruang tamu.

Dalam memilih sofa minimalis modern yang baik tidak hanya dilihat dari segi warna dan modelnya saja. Akan tetapi kualitas bahan pelapisnya juga penting dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Berikut ini hal-hal yang sebaiknya Anda jadikan pertimbangan dalam memilih jenis bahan sofa terbaik:

1. Keawetan

Jenis bahan sofa apapun yang nantinya Anda pilih untuk ada di rumah Anda, satu hal yang harus jadi pertimbangan utama adalah keawetannya.

Jadi PR nya adalah bagaimana Anda memilih bahan yang memang bagus dari sisi kualitas sehingga akan awet dipakai bertahun-tahun.

2. Variasi Motif

Selain memilih bahan yang awet, cara memilih sofa juga sebaiknya memperhatikan variasi motif. Bahan kain mungkin jadi salah satu yang awet untuk dipilih, namun apakah motfnya termasuk banyak? Silakan riset sendiri.

Pertimbangan yang sama berlaku juga untuk bahan-bahan lain yang bisa jadi ada plus minusnya.

Sebaiknya pilih yang opsi motifnya cukup banyak sehingga Anda bisa dengan leluasa menentukan mana yang pas untuk ruangan yang akan Anda tempati.

3. Harga Murah juga Penting

Kalau ada yang murah kenapa harus mahal? Ini adalah prinsip yang ada benarnya juga. Jadi jika Anda akan membeli apapun termasuk dalam hal ini sofa, maka cari yang murah tapi dengan tetap memperhatikan dua hal sebelumnya di atas: awet dan banyak pilihan motif.

4. Serasi dengan Ruangan

Jika kualitas, motif, dan harga terbaik sudah didapatkan, selanjutnya bicara soal keserasian. Pilihlah sofa dengan bahan terbaik yang sesuai dengan ruangan yang akan dijadikan lokasi peletakannya.

Misalnya untuk ruang tamu, maka sebaiknya pilih motif sofa yang netral dan tidak terlalu mengidentikkan kesukaan pribadi semata. Ini penting agar tamu yang datang tidak risih dan jadi betah mengobrol dengan Anda selaku tuan rumah.

5. Perawatannya Mudah

Tips terakhir dalam memilih jenis bahan sofa yang terbaik adalah dengan juga mempertimbangkan kemudahan perawatan. Misalnya jika dari bahan kain maka setidaknya harus mudah ketika mengganti kain sofa.

Kemudian untuk bahan lainnya juga perlu dipertimbangan metode perawatannya jika kotor atau perbaikannya jika suatu saat mengalami kerusakan.

jenis bahan sofa, bahan sofa yang bagus, bahan kain sofa yang bagus
Sofa yang nyaman ditentukan dengan bahan yang berkualitas – diminimalis.com

Berbagai Pilihan Jenis Bahan Sofa Terbaik yang Bisa Dipilih

Sesuai dengan inti bahasan kita kali ini, berikut ini jenis-jenis bahan untuk sofa yang dapat dipilih sesuai keinginan Anda dan dengan pertimbangan poin-poin sebelumnya di atas.

Bahan Kulit

Sofa berbahan kulit memiliki banyak kelebihan, salah satunya ialah teksturnya yang khas dan kesan mewah yang muncul.

Material ini biasanya terbuat dari kulit sapi bagian dalam sehingga memiliki daya tahan lebih lama dari bahan lainnya. Karena langka, wajar saja jika bandrol harga sofa dari bahan kulit ini cukup mahal.

Meski unggul dari sisi tekstur dan kemewahannya, sofa berbahan kulit punya kekurangan yang cukup kentara. Yakni sensitif terhadap sinar matahari langsung yang mana dapat menyebabkannya permukaannya terkelupas.

Kain Katun

Diantara berbagai jenis bahan sofa yang beredar di pasaran, material kain adalah salah satu yang paling banyak digunakan. Selain bagus, juga rata-rata harganya tidak terlalu mahal.

Selain itu, bahan kain juga memiliki motif dan warna yang lebih beragam dibandingkan bahan kulit sehingga Anda bisa leluasa memilih yang sesuai.

Katun sendiri merupakan jenis kain yang paling sering dipilih sebagai pelapis sofa. Semakin rapat jalinan benangnya, maka akan semakin baik kualitasnya serta nyaman diduduki.

Harganya juga cukup terjangkau serta tersedia dalam beragam pilihan warna dan motif. Salah satu kekurangan bahan ini adalah kurang awet/tahan lama karena bahan ini lebih beresiko cepat robek atau warna memudar serta memerlukan perawatan berkala agar tidak ditumbuhi jamur.

bahan sofa, bahan sofa yang bagus, bahan kain sofa yang bagus
sofa yang terbuat dari bahan linen – diminimalis.com

Linen

Linen terbuat dari serat alami yang memiliki kekuatan 2 hingga 3 kali lebih kuat dibanding kain katun. Bahan ini biasanya tidak menyerap tinta sehingga sering kali sofa dengan lapisan linen tidak memiliki banyak motif.

Jika terkena noda, bersihkan dengan air dan kain kering saja. Hindari pembersih kimiawi dan dengan bantuan hairdryer sebab dapat mengakibatkan permukaan sofa mengelupas.

Setelah dibersihkan dengan kain kering dan sedikit air, tinggal biarkan sampai mengering.

Kemampuan buruk bahan ini menyerap tinta membuat bahan linen umumnya tampil polos tanpa motif.

Baca juga: 7 Tips Memilih Sofa Rumah yang Tepat Sebelum Membelinya

Akrilik

Dibandingkan dengan bahan lain, bahan akrilik lebih tahan terhadap panas matahari dan cepat kering jika terkena cipratan air. Karena kelebihan ini, sofa dari lenin lebih cocok digunakan di area outdoor seperti di teras rumah.

Harganya relatif stabil tidak terlalu mahal dan tergantung juga dengan model serta ukuran yang dipilih.

Mungkin demikian saja ulasan dari kami tentang jenis-jenis bahan sofa terbaik yang bisa Anda pilih untuk mengisi ruangan-ruangan di rumah minimalis Anda. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN20102021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *