Jenis Atap Rumah yang Kuat dan Kokoh untuk Rumah Minimalis Anda

Genting tanah liat termasuk jenis atap rumah yang kuat - diminimalis.com

Bagian penting dalam sebuah struktur bangun rumah salah satunya berasal pemilihan jenis atap rumah yang kuat. Atap rumah berfungsi untuk melindungi ruangan dari teriknya sinar matahari dan perubahan cuaca serta menghambat pergerakan angin yang membawa debu dan kotoran masuk ke dalam rumah. Dari sini kita bisa melihat bahwa betapa pentingnya atap untuk sebuah rumah sehingga perlu perhatian khusus dalam mengaplikasikannya.

Jenis atap rumah yang kuat, bahan atap rumah yang kuat, jenis bentuk atap
Genting tanah liat termasuk jenis atap rumah yang kuat – diminimalis.com

Jenis atap rumah yang kuat dan kokoh

Berbicara mengenai atap, tentu kita juga memikirkan jenis atap rumah yang kuat yang akan digunakan. Pemilihan jenis atap rumah disesuaikan dengan konsep rumah itu sendiri. Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang jenis atap rumah yang kuat berdasarkan materialnya:

1. Atap genteng tanah liat

Jenis atap yang satu ini paling sering digunakan karena harganya yang relatif murah, mudah dijumpai, tersedia dalam beragam bentuk, aman dari serangan hama serta tetap kuat meski dinjak. Meski begitu atap genteng tanah liat rentan terhadap jamur dan lumut.

2. Atap genteng beton

Atap ini memiliki bentuk atau model meneyerupai atap genteng tanah liat. Atap ini sering digunakan di rumah bergaya minimalis. Atap genteng beton tersedia dalam beberapa bentuk mulai dari bergelombang sampai yang datar dengan beragam warna yang bisa disesuaikan. Atap jenis ini terkenal kuat, tahan terhadap perubahan cuaca, kebakaran hingga serangan serangga.

3. Atap beton cor

Atap yang juga disebut dengan atap beton bertulang ini sering dipasang pada rumah bertingkat. Atap ini memiliki tingkat kekokohan yang tinggi, tahan terhadap cuaca dan pelapukan serta kebakaran. Meski begitu jika sudah lama digunakan, maka beton cor akan ditumbuhi tumbuhan liar. Jika Anda memutuskan memakai atap jenis ini, maka Anda perlu memperhatikan pondasi rumah. Apabila pondasi rumah belum dibangun sebaiknya Anda membuat pondasi cakar ayam agar dapat menyokong jenis atap yang satu ini.

Jenis atap rumah yang kuat, bahan atap rumah yang kuat, jenis bentuk atap
rumah yang menggunakan genting metal – diminimalis.com

4. Atap genteng metal

Atap yang terdiri dari susunan genteng berbahan baja atau logam anti karat ini memiliki keunggulan dalam beratnya yang cukup ringan. Selain itu, atap genteng metal dapa memantulkan cahaya ke tanah sehingga rumah terhindar dari rasa panas yang berlebihan, anti karat, anti pecah dan tahan terhadap api.

Itulah beberapa jenis atap rumah yang kuat dan kokoh untuk menopang rumah Anda. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang model atap rumah minimalis yang cocok untuk wilayah tropis di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Model atap rumah minimalis yang cocok untuk wilayah tropis

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.