Salah satu kriteria rumah yang sehat adalah adanya bukaan jendela yang bagus. Jendela rumah yang sehat juga setidaknya memiliki karakteristik yang umumnya menunjang kesehatan sekaligus menyumbang keindahan hunian.

Rumah yang memiliki jendela yang tidak sehat seringkali membuat kenyamanan selama tinggal di rumah jadi berkurang. Kondisi suhu ruangan jadi panas dan pencahayaan alami juga berkurang alias cenderung gelap saat siang hari.

Untuk itulah, memiliki jendela rumah yang sehat merupakan suatu keharusan yang wajib disadari oleh setiap pemilik rumah.

Cara Mendesain Jendela Sehat desain ventilasi atap, ventilasi atap dapur, ventilasi atap rumah minimalis, ventilasi udara di atap rumah, model ventilasi jendela, desain ventilasi rumah yang baik, ventilasi udara rumah minimalis, ventilasi rumah minimalis modern, Jendela rumah minimalis
Contoh jendela rumah yang sehat – diminimalis.com

Manfaat Adanya Jendela Rumah yang Sehat Bagi Penghuninya

Setiap rumah perlu memiliki jendela, tetapi untuk merancangnya tidak boleh sembarangan. Jendela rumah yang sehat pasti dapat memberikan manfaat untuk kehidupan para penghuninya. Adapun manfaat jendela sehat diantaranya adalah sebagai berikut;

1. Memberikan rasa nyaman dan sehat pada ruangan

Jendela rumah minimalis
Sirkulasi udara dari jendela dapat memberikan kesegaran di dalam ruangan – diminimalis.com

Salah satu kriteria rumah nyaman adalah rumah tersebut memiliki jendela yang sehat. Jendela rumah yang sehat akan memberikan kenyamanan dalam ruangan, karena ada beberapa manfaat seperti berikut;

• Sebagai pintu masuk udara dan cahaya matahari

• Sebagai sirkulasi udara (penghawaan)

• Membantu menghilangkan uap air yang biasanya ditimbulkan dari berbagai aktivitas indoor, seperti mandi, memasak dan lain sebagainya.

• Menghilangkan kalori atau panas yang berlebihan di dalam ruangan.

• Menghilangkan gas-gas negatif yang biasanya dihasilkan dari keringat atau CO2 yang dihasilkan dari proses pernapasan.

2. Melihat kondisi di luar ruangan

Jendela memungkinkan penghuni rumah untuk dapat melihat kondisi di luar ruangan. Aktivitas ini tidak hanya dapat memberikan dampak positif untuk mengurangi rasa kebosanan di dalam ruangan. Selain itu, berikut ini beberapa manfaat lain dari memiliki jendela rumah yang sehat;

• Memungkinkan Anda untuk menikmati pemandangan

• Sumber inspirasi

3. Sebagai bagian dari dekorasi suatu rumah

Jendela rumah yang sehat tidak berarti monoton, konvensional dan biasa-biasa saja. Faktanya, kini telah hadir beragam desain jendela kontemporer yang tidak hanya memenuhi standar kesehatan, tapi juga bentuk dan strukturnya yang menarik. Jendela yang demikian tentu saja akan menambah nilai estetika rumah Anda, terutama jika dilihat dari eksteriornya.

4. Sebagai emergency exit (pintu keluar darurat)

Ciri Jendela Ideal, Ciri Jendela sehat, jendela sehat dan ideal , jendela lebar, jendela lebar minimalis, ukuran jendela rumah minimalis
jendela lebar dapat dijadikan pintu darurat – diminimalis.com

Dalam keadaan darurat, misalnya terkurung di dalam ruangan, Anda bisa menggunakan jendela sebagai pintu keluar darurat. Jika Anda mempertimbangkan manfaat dari jendela ini, maka jendela kaca lebar merupakan pilihan yang tepat.

Baca juga: Tips Merawat Kaca Jendela Rumah Minimalis

5. Menandakan keberadaan pemilik rumah

Rasanya tidak nyaman jika berada di dalam ruangan dan tidak membiarkan jendela dari ruangan tersebut terbuka (dengan catatan ruangan tersebut tanpa AC). Baiknya ketika Anda sedang berada di dalam rumah, bukalah jendela-jendela rumah minimalis Anda.

Hal ini bertujuan agar ruangan-ruangan dalam rumah Anda tersebut memiliki sirkulasi udara yang baik dan sehat. Sebaliknya, jika Anda sedang bepergian, jendela bisa menjadi pertanda bahwa sang empu rumah tersebut sedang tidak di rumah atau sedang tidak ingin diganggu.

Dari berbagai manfaat jendela rumah bagi kehidupan manusia, beberapa poin merujuk kepada pentingnya jendela bagi kesehatan. Oleh sebab itu, sebelum Anda benar-benar menerapkan jendela pada rumah Anda, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mendesain jendela sehat seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

6 Tips Mudah Mendesain Jendela Rumah yang Sehat

Berikut ini beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam merancang jendela yang memenuhi kriteria dari segi kesehatan;

1. Ukuran jendela setidaknya harus ideal

Salah satu ciri jendela ideal dan sehat dapat dilihat dari ukuran. Oleh sebab itu, salah satu cara mendesain jendela sehat adalah dengan memperhatikan ukuran jendela tersebut. Jendela yang baik dan sehat adalah jendela yang sesuai dengan luas dan bentuk dari ruangan yang ada di dalamnya.

2. Perhatikan jumlah penghuni rumah

Setiap makhluk hidup memerlukan udara atau O2. Oleh sebab itu, kapasitas udara yang masuk ke dalam rumah harus bisa memenuhi setiap makhluk hidup yang ada di dalam rumah tersebut.

3. Pertimbangkan jenis dan jumlah perabotan yang ada

Salah satu tips merancang jendela rumah yang sehat adalah dengan mempertimbangkan jenis dan jumlah perabotan yang terdapat di dalam rumah. Idealnya, jika sebuah ruangan memiliki beragam jenis perabotan, apalagi yang ukurannya cukup besar, jendela terbaik adalah jendela yang besar.

4. Lokasi penempatan jendela

Lokasi yang tepat untuk memasang jendela agar sehat adalah dengan mempertimbangkan pergerakan udara dari area yang bersih. Udara yang berasal dari area yang bersih akan membawa udara yang bersih pula. Hal tersebut akan berdampak pada nilai kesehatan udara. Jika kualitas udara baik dan sehat, maka ruangan yang dimasuki oleh udara tersebut akan bersih dan sehat pula.

5. Pertimbangkan pergerakan udara dari area yang bersih ke area yang kotor

Udara yang baik dan sehat berasal dari area yang bersih. Area tersebut dapat menghasilkan kualitas udara yang baik dan sehat. Mengingat salah satu fungsi dari jendela adalah sebagai jalur ventilasi udara, maka untuk mendesain jendela yang sehat Anda perlu mempertimbangkan asal dan arah pergerakan udara tersebut.

Jalur terbaik adalah dari area yang bersih ke area atau ruangan yang kotor. Dengan adanya pergerakan ini, maka ruangan yang kotor akan disehatkan kembali dengan udara yang bersih.se

6. Perhatikan kualitas udara yang masuk

Udara yang masuk perlu diperhatikan. Hanya udara yang bersih dan sehatlah yang sebaiknya diberi akses untuk masuk ke dalam rumah. Oleh sebab itu, salah satu cara untuk mendesain jendela sehat adalah dengan merancang jendela yang tidak hanya dapat mengalirkan udara, tetapi juga menyaringnya.

Jendela menjadi poin paling penting yang perlu dipikirkan oleh setiap pemilik rumah. Alasan utamanya adalah karena faktor kesehatan. Rumah yang sehat adalah rumah yang memiliki sistem sirkulasi udara dengan jendeal rumah ideal yang baik.

Simplenya, mewujudkan jendela rumah yang sehat yang terpenting adalah udara dari luar dapat masuk dengan leluasa ke dalam ruangan agar dapat menggantikan udara kotor yang ada di dalam rumah.

Selebihnya, modelnya akan dibuat seperti apa atau mau ditambahkan gorden terserah Anda saja. Semoga artikel ini menjawab kegelisahan Anda. Sampai jumpa. (ka) editted by RN05082021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *