Saat ini, jendela rumah menjadi salah satu ikon yang wajib untuk dipertimbangkan ketika membeli sebuah rumah/hunian. Termasuk bahkan ketika membangun rumah dari nol pun, jendela adalah bagian dari sebuah rumah yang wajib banget untuk masuk dalam prioritas pembuatan. Pertimbangan soal pemilihan jendela rumah minimalis bisa dilihat dari bentuk dan modelnya. Apakah menjamin kenyamanan dan keamanan rumah atau tidak.

Bicara soal desain dan model jendela, ada banyak opsi yang tentu sangat bagus untuk dipilih. Di artikel kali ini kita akan membahas beberapa model yang biasanya dipakai pada rumah minimalis. Namun sebelum itu, kita bahas dulu kenapa penting sekali memilih jendela yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi rumah kita.

Alasan Pentingnya Memilih Jendela Terbaik

Untuk sebuah hunian, kenyamanan dan keamanan adalah dua hal yang cukup penting dan tidak bisa tergantikan. Tanpa adanya kedua hal tersebut rasanya hunian seperti kehilangan fungsi dasar yang sesungguhnya. Kenyamanan berarti segala sesuatu yang menunjang fungsi ruangan bisa dipakai sesuai peruntukannya. Bicara ini maka tidak jaug-jauh dari yang namanya elemen interior rumah. Bagaimana pemilihan furniturenya, menata dekorasinya dan lain-lain.

Sementara itu, faktor keamanan juga tidak kalah penting karena seringkali dan ini sudah jadi rahasia umum bahwa rumah kerap menjadi sasaran empuk para pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya. Disinilah adanya jendela dan pintu menjadi elemen rumah yang sebaiknya sama prioritasnya dengan bagian dalam rumah. Atau bisa lebih diprioritaskan ketimbang yang lain.

Jadi, untuk sementara bisa disimpulkan bahwa penting sekali menambahkan jendela rumah minimalis yang tdiak hanya mdoelnya bagus namun juga menunjang keamanan hunian itu senidiri. Sebab, ciri jendela rumah ideal ialah yang mampu menjadi sumber pencahayaan alami saat siang dan menjamin keamanan rumah saat malam hari.

Jenis dan Bentuk Jendela Rumah Minimalis Modern

Di pasaran, jendela rumah minimalis memiliki bentuk yang sangat beragam. Material yang dipakai sebagai bahan baku jendela biasanya terdiri dari dua jenis, yaitu alami dan sintetis. Disinilah pentingnya mengenali dua jenis bahan tersebut. Setelah itu baru memilih model bentuknya.

Pemilihan jenis bahan pembuat kusen dan jendela yang tepat akan mengurangi beban Anda untuk secepatnya renovasi rumah. Sebab, kusen dan jendela yang ada di rumah Anda akan dapat bertahan lama hinga bertahun-tahun.

rumah ramah lingkungan
model jendela rumah minimalis dan fungsinya – diminimalis.com

Penting bagi Anda yang sedang merencanakan pembangunan rumah untuk mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu. Hal ini untuk mempermudah Anda dalam berkomunikasi dengan desainer atau tukang yang mengerjakan projek pembangunan rumah Anda.

Sebelum Anda merancang sebuah hunian ada baiknya selain melakukan perencanaan biaya dan desain, pengetahuan soal arsitektur perlu diupgrade. Termasuk dalam menentukan furniture dalam bentuk jendel untuk rumah minimalis Anda. Berikut ini diminimalis berikan beberapa contoh jenis jendela yang umumnya dipakai dalam konstruksi sebuah rumah minimalis.

Jendela rumah minimalis
ragam jendela rumah – diminimalis.com

1. Jendela Ayun (Awning Window)

Jenis jendela ini terdapat engsel pada bagian atasnya. Letak engsel yang di atas, menjadikan Anda tetap dapat membuka jendela meskipun hujan sedang turun di luar rumah. Udara dalam rumah pun tetap bersirkulasi dengan baik dan Anda tidak perlu khawatir air akan masuk ke bagian dalam rumah.

Jendela rumah minimalis
ragam jendela rumah – diminimalis.com

2. Jendela Tingkap (Casement Window)

Pemakaian jendela jenis ini akan memudahkan Anda mendapatkan udara yang cukup di dalam rumah. Engsel yang terletak di salah satu sisinya memungkinkan jendela terbuka lebar pada salah satu sisinya saja. Karena memiliki bukaan lebar, ada baiknya Anda menambahkan teralis jendela minimalis agar lebih aman. Ini juga agar lebih aman saja.

Jendela rumah minimalis
ragam jendela rumah – diminimalis.com

3. Jendela Mati (Fixed Window)

Jendela ini berfungsi sebagai ‘hiasan’ saja dalam sebuah rumah, karena jendela jenis ini tidak dapat dibuka sama sekali. Penggunaannya sangat cocok diterapkan pada rumah ber-AC dan rumah yang tidak memerlukan masuknya udara alami dari luar.

Jendela rumah minimalis
ragam jendela rumah – diminimalis.com

4. Jendela Pintu (French Window)

Ya.. ukuran jendela rumah minimalis jenis ini memang sebesar pintu. Jika Anda menggunakan jendela jenis ini fungsi ganda bisa diperoleh. Selain sebagai area keluar masuknya udara, Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai pintu darurat. Engsel pada jendela ini terletak pada bagian samping yang memungkinkan jendela terbuka lebar. Jendela ini sebenarnya secara bentuk menyerupai casement window, hanya saja posisi dan ukuran yang menyentuh lantai saja sebagi pembedanya.

Jendela rumah minimalis
ragam jendela rumah – diminimalis.com

5. Jendela Jalusi (Jalousie Window)

Di Indonesia, jendela jenis ini lebih familiar disebut dengan jendela nako. Penyusunan jendela jenis ini menyerupai sirip. Tuas yang berada pada sisi kanan atau kiri biasanya berfungsi sebagai pengontrol bukaan jendela. Penggunaan jendela jenis ini sangat cocok digunakan pada jendela berukuran besar dan memanjang ke bawah.

Jendela rumah minimalis
ragam jendela rumah minimalis modern – diminimalis.com

6. Jendela Putar (Pivoted Window)

Engsel yang terletak tepat di tengah daun jendela memungkinkan Anda dapat membuka jendela ini secara berputar baik horizontal maupun vertikal, tergantung di sisi mana engsel Anda letakkan.

Jendela rumah minimalis
ragam jendela rumah minimalis modern – diminimalis.com

7. Jendela Geser (Sliding Windows)

Jendela rumah minimalis jenis ini merupakan yang paling sesuai Anda terapkan jika rumah Anda bergaya minimalis modern. Optimasi ruang bisa diperoleh maksimal dikarenakan jendela jenis ini memiliki arah bukaan ke samping, sehingga ruangan tidak ‘tergangu’ dengan daun jendela. Dikarenakan jendela jenis ini memakai rel sebagai pengganti engsel, Anda harus merawatnya dengan baik agar bisa tahan lama.

Jendela rumah minimalis
ragam jendela rumah minimalis modern – diminimalis.com

8. Jendela Gantung (Hung Window)

Hampir sama dengan jendela geser, namun Anda hanya dapat membukanya ke bawah dan atas. Konstruksi jendela rumah minimalis jenis ini biasanya tersusun dari dua daun jendela. Pada model ini juga terbagi lagi menjadi dua tipe. Yaitu, tipe single yang hanya memiliki satu daun jendela dan type double yang mempunyai dua daun jendela yang dapat terbuka.

Mungkin itu dulu saja ulasan diminimalis kali ini tentang berbagai ragam jenis dan bentuk dari jendela rumah minimalis modern yang bisa Anda pilih. Semoga ulasan kali ini bermanfaat, salam diminimalis. (am.) editted by RN30012021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *