JAUHKAN SETAN DENGAN BACAAN AL-QUR’AN

JAUHKAN SETAN DENGAN BACAAN ALQURAN #rumahkusurgaku - diminimalis.com

Memiliki rumah yang aman dari gangguan setan merupakan nikmat besar dari Allah. Rasa aman pada keluarga muslim dapat diperoleh dengan cara menguatkan keimanan kita kepada Allah. Semakin kuat keimanan seseorang, maka ia akan semakin merasa aman.

JAUHKAN SETAN DENGAN BACAAN ALQURAN #rumahkusurgaku - diminimalis.com
JAUHKAN SETAN DENGAN BACAAN ALQURAN #rumahkusurgaku – diminimalis.com

Allah Ta’ala berfirman,
“Orang-orang yang tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kedzaliman (syirik), mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.”
(QS. Al-An’am: 82)

Bacalah Al-Qur’an Secara Rutin

Keluarga muslim harus senantiasa melaksanaan amal ketaatan, sehingga akan meneguhkan keimanan. Iman itu sejalan dengan ketaatan. Iman akan bertambah dengan bertambahnya ketaatan dan ia akan berkurang karena kemaksiatan.

Amal ketaatan juga dapat menjadi benteng dari segala bentuk gangguan bagi keluarga kita, termasuk gangguan setan. Hendaknya setiap anggota keluarga mengamankan rumah dan para penghuninya dengan memperbanyak amal ketaatan, seperti membaca Al-Qur’an. Rumah yang di dalamnya sering dibacakan Al-Qur’an memiliki banyak kebaikan, sehingga setan akan enggan berada di dalamnya.

Hafsh bin Inan Al-Hanafi meriwayatkan bahwa Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, “Rumah terasa lapang bagi penghuninya, didatangi malaikat, dijauhi setan dan banyak kebaikannya bila dibacakan Al-Qur’an di dalamnya. Dan sungguh, rumah terasa sempit bagi penghuninya, dijauhi malaikat, didatangi setan, dan sedikit kebaikannya bila tidak dibacakan Al-Qur’an di dalamnya.” (Sunan Ad-Darimi no. 3373, shahih).

Membacakan Surat Al-Baqarah

Cara yang paling efektif dalam mengusir setan dari rumah adalah dengan membacakan surat Al-Baqarah hingga akhir ayat. Membaca yang dimaksud adalah dengan membaca secara langsung, bukan dengan memperdengarkan melalui kaset atau MP3.

Mengenai keutamaan surat Al-Baqarah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Janganlah kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.”
(HR. Muslim dan At-Tirmidzi)

setan takut albaqoroh #rumahkusurgaku - diminimalis.com
setan takut albaqoroh #rumahkusurgaku – diminimalis.com

Hadits lain menyebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Siapa yang membaca surat Al-Baqarah di malam hari, maka setan tidak akan memasuki rumahnya selama tiga hari…”
(HR. Ibnu Hibban dalam Shahihnya no. 780. Hanya saja, keterangan tambahan ‘selama tiga hari’ dinilai lemah dalam Silsilah Ad-Dhaifah no. 1349)

Imam Abu Hatim –sebagaimana terdapat dalam Shahih Ibnu Hibban (3;59)—menerangkan,“Sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, ‘setan tidak akan memasuki rumahnya’ maksudnya adalah setan yang membangkang (mengganggu), bukan yang lainnya.”

Siapa saja, baik anggota keluarga maupun orang lain yang sedang berada di sebuah rumah, hendaknya menjadikan rumah tersebut sebagai tempat dibacakannya Al-Qur’an. Siapapun yang membaca Al-Qur’an selama dilakukan di dalam rumah, apalagi jika rutin dilakukan, maka telah memenuhi syarat untuk mengusir setan. Amal yang mudah untuk dilakukan bukan ? (aa)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.