JAUHKAN ANJING DARI RUMAHMU

jauhkan anjing dari rumahmu #RUMAHKUSURGAKU - DIMINIMALIS.COM

Keluarga muslim tentu mengharapkan rumahnya penuh dengan rahmat dan keberkahan dari Allah. Namun tahukah kita, ternyata ada beberapa rumah yang tidak dimasuki oleh malaikat? Ya, salah satu sebabnya adalah keberadaan anjing di rumah kita.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing, juga tidak memasuki rumah yang di dalamnya terdapat gambar (patung)”
(HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasa’i dan Ibnu Majah).

jauhkan anjing dari rumahmu #RUMAHKUSURGAKU - DIMINIMALIS.COM
jauhkan anjing dari rumahmu #RUMAHKUSURGAKU – DIMINIMALIS.COM

Imam al-Manawi dalam Faidhul Qadir (2/394) mengatakan, “Yang dimaksud ‘malaikat’ pada hadits tersebut adalah malaikat rahmat dan keberkahan, atau malaikat yang bertugas keliling mengunjungi para hamba Allah untuk mendengarkan dzikir dan sejenisnya, bukan malaikat penulis amal perbuatan manusia karena malaikat itu tidak akan pernah meninggalkan manusia sekejappun sebagaimana halnya malaikat maut. Mengapa malaikat rahmat tidak mau memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing? Karena anjing mengandung najis, sedangkan malaikat terpelihara dari tempat-tempat yang kotor. Mereka adalah makhluk Allah mulia serta tetap berada pada tingkat kebersihan dan kesucian yang paling luhur. Perbandingan antara malaikat yang suci dan anjing yang najis laksana terang dan gelap. Barangsiapa yang mendekati anjing, malaikat akan menjauh darinya.”

Imam An-Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim (14/94) menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan malaikat adalah malaikat rahmat (yang suka memintakan ampun), bukan malaikat hafazhah yang mencatat amal manusia.”

Berbeda dengan kedua pendapat tersebut, Ibnu Hajar dalam Fathul Bari yang menyatakan, “Ungkapan malaikat tidak akan memasuki….’ menunjukkan malaikat secara umum.” Wallahu a’lam.

Bahkan ada suatu riwayat yang menceritakan bahwa Malaikat Jibril enggan memasuki rumah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. Alasannya, karena ada seekor anak anjing yang masuk ke rumah beliau.

Aisyah Radhiyallahu ‘anha menceritakan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam telah mengadakan perjanjian dengan Jibril, bahwa Jibril akan datang. Ketika waktu itu tiba, Jibril tidak datang. Sambil melepaskan tongkat yang dipegangnya, beliau bersabda, “Allah tidak mungkin mengingkari janjinya, tetapi mengapa Jibril belum datang?” Ketika Rasulullah menoleh, beliau melihat seekor anak anjing di bawah tempat tidur. “Kapan anjing ini masuk?” tanya beliau. Aku menyahut, “Entahlah”. Setelah anjing itu dikeluarkan, masuklah malaikat Jibril. “Mengapa engkau terlambat?” tanya beliau. Jibril menjawab, “Karena tadi di rumahmu ada anjing. Ketahuilah, kami tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan patung.”
(HR. Muslim)

jibril tidak masuk rumah ada anjing dan patung #rumahkusurgaku - diminimalis.com
jibril tidak masuk rumah ada anjing dan patung #rumahkusurgaku – diminimalis.com

Rumah keluarga muslim seharusnya merupakan rumah yang selalu dimasuki oleh malaikat rahmat, agar keluarga mendapatkan rahmat dari Allah. Oleh karena itu, hendaknya keluarga muslim menjauhkan segala perkara yang dapat menghalangi masuknya malaikat rahmat ke dalam rumah, termasuk dengan menjauhkan anjing dari rumah kita, agar rahmat senantiasa terlimpah kepada hunian dan keluarga kita. (aa)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.