Dalam mengatur desain interior rumah, penataan sederhana bukanlah suatu konsep yang buruk untuk diusung. Sebab, sebenarnya sudah cukup bagus jika bisa mewujudkan interior rumah sederhana tapi elegan. Anda sebagai pemiliknya betah dan tamu yang datang juga tidak terabaikan begitu saja jika interiornya tadi dipikirkan dengan baik.

Di artikel kali ini, kita akan bicara soal konsep rumah minimalis dengan gaya penataan sederhana. Kita akan coba gali apakah meski tampilannya sederhana, secara fungsi masih cukup elegan.

Jika bisa terwujud maka kami yakin rumah Anda akan sangat nyaman dihuni tanpa harus mengeluarkan biaya mahal-mahal untuk pengadaan furniture dan aksesoris ruangan. Sekarang kita bahas teknisnya, yaitu bagaimana mengatur tata interior rumah sederhana tapi elegan dengan benar. Namun sebelum itu alangkah baiknya kita bahas dulu urgensi menata interior rumah dengan baik sesuai keinginan.

Pentingnya Menata Interior Rumah dengan Baik

Bagaimana mewujudkan sebuah desain interior rumah yang sederhana namun tetap elegan? Masing-masing Anda tentu memilki standar yang berbeda bukan? Ya, memang tidak ada landasan khusus tentang bagaimana mendesain rumah sederhana yang bagus agar nampak elegan. Meski begitu beberapa hal tentang prinsip dasar desain rumah tidak boleh dilupakan.

Membangun rumah sederhana berarti Anda juga harus memahami kaidah-kaidah desain interior yang harus diterapkan. Membuat rumah sederhana yang elegan juga berarti membuat tampilan rumah terlihat simpel tanpa harus kehilangan fungsi utamanya.

Interior Rumah Sederhana tapi Elegan-diminimalis.com
Interior Rumah Sederhana tapi Elegan-diminimalis.com

Tips Penting Menata Interior Rumah Sederhana tapi Elegan

Beberapa kiat utama tentang mendesain interior rumah minimalis sudah kami singgung pada beberapa artikel sebelumnya. Pada prinsipnya, semua hal yang berkaitan dengan interior ruangan harus direncanakan dengan baik agar fungsi dan nuansa tampilannya tidak jomplang

Nah, beberapa hal berikut setidaknya bisa menjadi gambaran untuk Anda mendapatkan rumah sederhana yang elegan. Anda bisa pastikan hal-hal berikut terperhatikan dengan baik.

1. Nuansa rumah

Interior Rumah Sederhana tapi Elegan-diminimalis.com

Memiliki fungsi dasar sebagai tempat berlindung, sebuah rumah yang baik sudah sepatutnya memiliki kriteria yang indah dan nyaman. Bagaimana mengkondisikan ruangan sederhana agar tetap nyaman ditempati? Jawabannya adalah pada nuansa rumah yang ditunjukkan, cari sesuatu funriture atau aksesoris yang akan Anda jadikan fokus utama.

Anda harus bisa menciptakan nuansa rumah yang asri baik dari sisi tampilan maupun komposisinya. Mengkolaborasikan tampilan dan komposisi interior menjadi penting guna mendapatkan rumah sederhana yang elegan.

Anda bisa menciptakan nuansa rumah sejuk dengan memperbanyak tanaman hias atau pepohonan dan bunga-bunga di sekitar rumah Anda. Menambahkan void juga bisa menjadi alternatif terbaik mendapatkan nuansa rumah yang sejuk dan asri.

Baca juga: Berbagai Macam Desain Interior Rumah Sederhana untuk Hunian Impian Keluarga Kecil Anda

2. Warna Rumah

Rasanya tidak perlu lagi diperdebatkan soal pentingnya memilih tampilan warna dinding saat akan membangun rumah. Baik rumah sederhana maupun mewah tentu tetap harus memperhatikan penerapan warna cat.

Untuk rumah sederhana yang elegan, pilihlah warna yang bisa menunjukkan kesan rumah yang dinamis. Warna-warna dinamis dan netral akan sangat cocok untuk dipadukan dengan warna lain dari perabot rumah Anda.

Jika kombinasi warna ditemukan perpaduan yang pas maka bukan tidak mungkin secara tampilan dari luar sudah mampu mengesankan rumah yang bagus.

3. Efektivitas Tata Ruang Bagian Dalam

Hal lain yang tidak boleh diabaikan dari mendesain sebuah rumah sederhana adalah bagaimaan kepiawaian Anda mengatur tata ruang. Rumah sederhana seringkali perlu mendapatkan sorotan ekstra berkaitan dengan tata ruang.

Rumah sederhana memiliki tingkat kompleksitas perabot ruangan yang lebih kecil. Mengatur tata ruang pada rumah sederhana tentu lebih mudah dibandingkan dengan rumah yang lebih besar.

Meski begitu, jika tidak jeli tetap bisa berefek buruk pada fungsi ruangan. Jadi, pertimbangkan untuk memasukkan perabot yang multifungsi saja sebagai pilihan ideal kebutuhan perabotan rumah Anda. Memilih perabot dengan mengutamakan esensi kebutuhan fungsi akan memberikan kekuatan lebih pada kesederhanaan rumah Anda.

4. Jaminan Kenyamanan

Kenyamanan merupakan faktor penting yang harus ada dari sebuah hunian. Mengingat rumah adalah sebuah tempat sakral untuk berinteraksi antar anggota keluarga maka kenyamanan harus di nomorsatukan.

Hal-hal yang berkaitan dengan kenyamanan sebuah rumah haruslah diusahakan dengan sebaik mungkin. Semua hal terkait pekerjaan desain interior, mulai dari pemilihan perabot hingga penataannya perlu menjadi PR utama Anda demi kenyamanan bersama.

Baca juga: Ide dan Strategi Desain Interior Rumah Minimalis 2 Lantai untuk Wujudkan Hunian Indah

5. Kebersihan dan Kerapihan

Rumah yang indah pasti selalu menampakkan tampilan dan kesan masing-masing ruangan yang elegan. Komitmen Anda dan keluarga sangat diperlukan dalam menjaga agar rumah tetap terawat.

Hunian yang mengusung tema sederhana seringkali menimbulkan kesan kumuh dan alakadarnya. Anda harus bisa menepis stigma tersebut dengan tampilan rumah sederhana elegan Anda yang terjaga kebersihannya.

Contoh Desain Interior Rumah Sederhana tapi Elegan Ala Diminimalis

Untuk melengkapi ulasan kami seputar mendesain interior rumah sederhana tapi elegan, berikut kami lampirkan ilustrasi gambarnya untuk Anda.

Pada prinsipnya, mengatur tata desain interior rumah yang benar tidak ada acuan khusus. Hal terpenting agar hasilnya maksimal adalah dengan mengutamakan estetika dan fungsionalitas. Jangan sampai hasilnya justru membuat Anda selaku pemilik rumah tidak nyaman.

Di tambah lagi tamu juga mesti diutamakan. Sebaiknya ruang tamu diutamakan untuk diatur desainnya. Setelah ruang tamu ok, baru merambah ke ruangan lain.

Mungkin sekian dulu ulasan tentang desain interior rumah sederhana tapi elegan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Sampai jumpa. (rn) editted 11122020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *