Sebuah rumah yang desainnya bagus tidak melulu diukur dari ukurannya yang luas atau furniturenya yang mahal-mahal saja. Akan tetapi, nilai bagus atau tidaknya bisa dilihat dari banyak faktor lain. Seperti, ketersediaan furniture pendukung dan atau penataannya yang mempertimbangkan aspek kenyamanan. Artinya, bahkan interior rumah sangat sederhana pun bisa dibuat nyaman jika Anda tahu cara memolesnya.

Sekarang mari kita bedah bersama konsep seperti apa yang cocok untuk sebuah desain interior rumah berkonsep sederhana. Pada intinya sih Anda cukup mempertimbangkan pengadaan setap furniturenya dengan baik. Setelah itu baru bicara soal penataannya. Jika kombinasi awal ini berjalan dengan baik maka kami yakin hasil desainnya akan cukup bagus.

Prinsip Tata Desain Interior Rumah Sangat Sederhana

Menyinggung soal gaya desain interior, setiap orang tentu memiliki selera yang berbeda-bedaa. Hal tersebut karena memang cakupan ilmu desain interior rumah sangat luas. Untuk desain interior sederhana sendiri justru lebih menekankan kesan simpel tanpa banyak persyaratan berlebihan.

Mengatur interior rumah sederhana dapat dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan luas ruangan dengan baik guna mendapatkan tampilan yang indah. Disinilah, kreativitas lebih dibutuhkan dibandingkan prioritas penganggaran dana.

Interior rumah sangat sederhana-diminimalis.com
Interior rumah sangat sederhana-diminimalis.com

Memaksimalkan Interior Rumah Sangat Sederhana untuk Dapatkan Kesan dan Elegan

Rumah minimalis merupakan sebuah kreasi desain yang sudah menjadi bagian dari selera yang masif bagi kebanyakan orang. Tidak hanya mereka yang memiliki lahan sempit sehingga terpaksa membuat huniannya minimalis namun juga pemilk lahan yang luas tetapi ingin hunian dengan model yang sama.

Tren desain rumah minimalis selau berkembang menjadi suatu hal yang wajar mengingat peta persaingan hunian saat ini semakin kompetitif. Ketersediaan lahan sudah semakin sedikit dan mahal. Oleh karenanya memiliki rumah mninimalis sederhana untuk saat ini sudah menjadi sebuah keharusan.

Nah sahabat diminimalis, jika Anda menginginkan hunian nampak sederhana, 3 prinsip ini setidaknya tidak boleh Anda abaikan. Apa saja?

1. Pertahankan Identitas Simpel

Sebagai sebuah rumah yang pada konsep awalnya sudah mengusung tema sederhana, Anda harus bisa mempertahankan kesan sederhana pada setiap detail desain ruangan.

Dengan tetap mempertahankan sisi kesederhanaan, tentu rumah minimalis Anda akan memiliki nilai yang berbeda dari yang lain.

Mempertahankan konsep sederhana, caranya bisa dengan tidak menambahkan furniture apapun yang berpotensi mengubah tatanan. Tdak perlu banyak furniture, asalkan yang ada saja bisa diatur penataannya dengan dengan baik, maka sudah cukup.

Baca juga: Aneka Gaya Desain Interior Ruang Tamu Modern Dan Elegan Terbaru

2. Tidak Harus Serba Minimalis

Meski memiliki bentuk dan ukuran yang minimalis, Anda tidak harus mengikutinya dengan memasukkan perabotan-perabotan minimalis saja. Perabotan-perabotan yang masuk ke dalam ruangan hendaklah dibuat dengan perencanaan yang matang.

Memasukkan perabot multifungsi bisa menjadi opsi terbaik untuk mengatasi keterbatasan space dalam ruangan. Misalnya untuk kamar tidur, Anda bisa menempatkan ranjang sekaligus laci barang-barang di bawahnya.

Jika rumah Anda bertingkat, Anda bisa memanfaatkan anak tangga sebagai laci penyimpanan barang-barang pribadi Anda. Dengan memanfaatkan setiap perabotan multifungsi maka rumah Anda dipastikan akan terlihat sederhana dan elegan.

Nah, jika Anda setidaknya sudah menerapkan prinsip desain di atas. Selanjutnya, tips mendekorasi rumah sederhana berikut bisa Anda terapkan.

# Pilih Cat Berwarna Netral

Interior rumah sangat sederhana-diminimalis.com
Nuansa netral sangat pas untuk rumah sederhana-diminimalis.com

Seperti halnya tips penataan desain interior rumah minimalis sederhana, cat dinding menjadi hal yang sangat penting. Begitu pula untuk mendapatkan tampilan interior rumah sederhana.

Pilihlah cat dinding dengan warna netral yang akan memberikan kesan elegan dan lebih luas pada ruangan. Warna-warna netral mampu memberikan kesan lembut dan mudah dipadukan dengan warna lain dari perabotan dalam ruangan.

# Pasang Cermin

Interior rumah sangat sederhana-diminimalis.com
Tmabahkan cermin besar-diminimalis.com

Untuk mendapatkan efek ruangan yang luas, cermin juga bisa dimanfaatkan untuk mengakalinya. Pasanglah cermin berukuran besar di salah satu sudut ruangan niscaya interior sederhana Anda akan terkesan mewah.

# Gunakan Karpet

Interior rumah sangat sederhana-diminimalis.com
Karpet untuk menambah keindahan ruang-diminimalis.com

Karpet juga bisa dijadikan alternatif dekorasi guna mendapatkan tampilan interior ruangan yang indah. Pilhlah karpet berbahan tebal dengan motif yang lembut dan warna senada dengan dominasi warna pada desain interior ruangan Anda.

# Buat Taman

Interior-rumah-sangat-sederhana-diminimalis.com_.png3_.png

Anda bisa membuat rumah sederhana Anda lebih sejuk dan asri dengan menambahkan sebuah taman di salah satu sisi rumah Anda. Meski perabotan rumah terbilang sangat sederhana, dengan adanya taman akan menjadi vocal point tersendiri pada rumah Anda. So, sudah siap menyulap rumah sederhana Anda jadi indah?

Dari sekian hal yang perlu dipikirkan dalam membuat rumah sederhana, mana yang menurut Anda sulit diterapkan? Sepertinya tidak ada ya, interior rumah sangat sederhana pasti akan terwujud dengan mudah jika hal-hal di atas Anda usahakan dengan baik.

Baik, sekian dulu ulasan kami seputar tips mendesain interior rumah sangat sederhana yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! (rn) editted 11122020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *