Ide Desain Interior Rumah Minimalis Sederhana

Rumah minimalis menjadi satu dari sekian model hunian tren nya terus menanjak satu dekade terakhir ini. Bukan saja karena modelnya yang banyak pilihan, namun juga bagian eksterior dan interiornya yang bisa dengan mudah dieksplorasi.

Bicara bagian dalam, desain interior rumah minimalis sederhana pada umumnya mengedepankan kenyamanan ketimbang kemewahan. Hal ini terlihat dari minimnya penggunaan furniture dibanding pada rumah besar yang bisa jadi ada.

Nah, pada rumah bergaya minimalis, furniture menjadi elemen yang sangat tidak terpisahkan dari interior. Apalagi jika Anda adalah tipikal orang yang menginginkan interior rumah minimalis sederhana minim perabot. Maka, membeli dan mengatur penataannya juga harus terencana agar tidak malah menyebebabkan ruangan makin sempit.

Bicara soal lebih detail, setiap ruangan pada rumah minimalis memerlukan perlakuan tata desain yang berbeda. Misalnya antara ruang makan dan ruang tamu. Secara konsep mungkin sama namun jika bicara lebih dalam soal tata ruang interiornya tentu berbeda. Untuk lebih jelasnya mari kita bedah perbedaan-perbedaan tersebut di bawah ini.

Desain Interior Rumah Minimalis Sederhana

Konsep desain interior rumah minimalis sederhana memang tengah menjadi tren selama beberapa tahun belakangan ini. Bahkan tren rumah minimalis diprediksi akan tetap eksis dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini dimungkinkan karena perbandingan kebutuhan membangun rumah tinggal yang mulai tidak seimbang dengan ketersediaan lahan.

Oleh karenanya tidak heran jika saat ini banyak orang berlomba-lomba berkreasi untuk membangun perumahan dengan konsep desain minimalis. Mereka menyadari bahwa cakupan ide desain tidak ada batasnya. Justru rumah minimalis memberikan tantangan tersendiri untuk digarap.

interior rumah minimalis sederhana-diminimalis.com.png1.png

Prinsip Dasar dalam Mendesain Interior Rumah

Meski sekedar teori, memahami hal-hal penting seputar prinsip mendesain interior rumah minimalis sederhana cukuplah penting. Diantaranya ialah:

1. Konsep garis matrik

Sebagian besar orang suka dengan garis arsir yang berulang, karena nampak bagus dilihat. Begitupun untuk interior rumah minimalis sederhana Anda, tambahkan elemen dengan warna dan garis yang berulang agar semkain eye catching.

2. Seimbang antara warna dan konsep

Prinsip keseimbangan juga penting untuk menunjukkan interior yang padu. Usahakan pada setiap komponen ruangan agar diatur dengan benar. Anda bisa berpathokan pada TV lalu menyeleraskan warna nya dengan tema dinding ruangan.

3. Desain yang proporsi

Proporsi disini artinya bahwa desain yang akan diusung pada setiap ruangan mempertimbangkan proporsionalitas dengan elemen lain dalam ruangan. Misalnya pada ruang tamu, antara sofa dan dinding sebiknya tidak kontras dan warnanya tidak jomplang.

Dengan mengedepankan tiga prinsip ini dalam mendesain ruang minimalis maka hasilnya sudah cukup bagus.

Ide Desain Interior Rumah Minimalis Sederhana pada Ruangan + Contoh Gambarnya

Rumah minimalis selalu identik dengan dekorasi rumah yang sederhana. Kesan sederhana alias simpel menjadi grand design rumah minimalis modern saat ini. Para desainer menilai bahwa mendesain rumah minimalis sama artinya dengan membuat konsep ruangan menjadi lebih sederhana.

Nah, berikut ini ide desain yang setidaknya bisa Anda terapkan pada rumah minimalis Anda pada masing-masing ruangan.

1. Ruang Tamu Minimalis Sederhana

interior rumah minimalis sederhana-diminimalis.com.png1.png

Rumah dengan luas lahan minimalis/sempit seringkali menimbulkan efek domino terhadap pengerjaan desain ruangan lainnya tak terkecuali ruang tamu. Nah, lalu bagaimana tips mengatur desain interior ruang tamu sederhana yang benar-benar nyaman?

Salah satu idenya adalah seperti yang ditunjukan pada gambar di atas. Ruang tamu pada rumah mungil didesain dengan konsep sederhana dengan tetap mengutamakan kenyamanan.

Anda bisa memilih berbagai jenis/model sofa yang Anda inginkan. Pemilihan sofa di sini termasuk warna/motif, jumlah dan opsi penataannya.

Selanjutnya sebagai pelengkap desain interior ruang tamu Anda, pilih coffee table yang unik, karpet yang cantik, lampu ruangan yang ikonik, dan tirai yang artistik serta beberapa dekorasi tambahan yang futuristik lainnya. Ruang tamu sederhana jadi terkesan elegan bukan?

2. Ruang Makan Minimalis Sederhana

interior rumah minimalis sederhana-diminimalis.com.png1.png

Ruang makan pada rumah minimalis bisa didesain dengan tetap memperhatikan kenyamanan saat berkumpul atau menikmati santap bersama keluarga. Meja dan kursi bisa disusun melingkar atau persegi panjang tanpa banyak tambahan aksesoris.

Anda bisa menempatkan freezer pada sudut ruang makan guna memudahkan mengambil makanan atau miniman dingin.

3. Kamar Tidur Minimalis Sederhana

interior rumah minimalis sederhana-diminimalis.com.png1.png

Aturlah semua perabot kamar tidur Anda lebih ringkas dari biasanya. Akan sangat direkomendasikan untuk menggunakan perabotan yang multifungsi. Hal ini untuk mengurangi sisa space yang termakan oleh penempatan perabot.

Ringkasilah tampilan kamar tidur dengan memanfaatkan lemari pakaian layaknya di hotel atau apartemen. Mengusahakan semaksimal mungkin untuk menjadikan kamar tidur terlihat rapi dan sederhana akan meningkatkan kenyamanan Anda dan keluarga.

Baca juga: Mendesain Kamar Tidur Sempit Dengan Cara Sederhana

4. Kamar Mandi Minimalis Sederhana

interior rumah minimalis sederhana-diminimalis.com.png1.png

Kamar mandi memiliki peran yang sangat vital dalam sebuah rumah. Merencanakan desainnya dengan baik berarti Anda juga tengah berupaya membuat diri Anda sekeluarga nyaman dan hidup sehat.

Untuk kamar mandi dengan space yang cukup sempit seperti 2×1,5 meter saja, Anda harus berprinsip desain; simpel. Cukup menambahkan beberapa perlengkapan mandi yang diperlukan saja. Bak mandi, shower, gantungan baju, cermin, dan tempat alat mandi.

5. Ruang Keluarga Minimalis Sederhana

interior rumah minimalis sederhana-diminimalis.com.png1.png

Ruang keluarga juga merupakan bagian penting dari sebuah rumah. Meski keberadaaannya tidak begitu urgent, ruang keluarga tetap menjadi prioritas rumah minimalis yang menginginkan kesan representatif.

Pilihlah perabotan-perabotan yang tidak terlalu memakan tempat. Bila perlu buatlah konsep lesehan, karena dengan begitu Anda tidak perlu banyak perabot besar seperti sofa dan meja. Cukup dengan menggelar karpet untuk tempat bersantai keluarga.

Yang menjadi pusat perhatian dari sebuah ruang keluarga adalah keberadaan fasilitas tv dan rak buku. Keduanya bisa Anda jadikan sebagai daya tarik utama ruangan. Khusus untuk rak buku, Anda bisa memasang rak bertingkat dengan pajangan buku-buku. Terlihat elegan bukan?

6. Desain Taman Minimalis dalam Rumah

interior rumah minimalis sederhana-diminimalis.com.png1.png

Di bagian dalam rumah, Anda bisa menambahkan taman mini yang berfungsi untuk menambah keindahan sekaligus menghilangkan kesan sumpek ruangan. Dengan adanya taman kecil/void di dalam salah satu sudut rumah Anda, maka setidaknya akan memunculkan kesan natural.

7. Tata Pencahayaan Rumah

Dari sekian elemen penting mendesain sebuah ruangan, tata pencahayaan menjadi sebuah hal yang patut diperhatikan secara detail. Misalnya jika Anda ingin setidaknya menghemat pemakaian listrik, Anda bisa memperbanyak sumber cahaya matahari alami melalui bukaan atap kaca.

Sementara untuk malam harinya Anda bisa mengatur tata letak lampu sesuai dengan karakter dasar ruangan. Misalnya untuk kamar tidur diprioritaskan memasang lampu tumblr dan lain sebagainya.

Nah, cukup sekian dulu ulasan kami tentang gambaran interior rumah minimalis sederhana. Jangan lupa kunjungi artikel kami yang lain. Semoga bermanfaat. (rn) editted 12112020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.