Tips Merancang Interior Rumah Ceria agar Anak Betah di Rumah

Untuk Anda yang sudah punya anak-anak di rumah, tentu seringkali kesulitan membuat mereka betah di rumah, apalagi di zaman canggih seperti sekarang ini. Nah, dengan mengusung desain interior rumah ceria makaharapannya bisa membantu mereka lebih senang bermain di rumah. Konsep interior rumah ceria artinya ialah pada setiap ruangan dibuat semaksimal mungkin mengusung tatanan furniture dan dekorasi yang penuh warna.

Ada banyak manfaat mengusung konsep interior rumah ceria, selain membuat anak-anak betah di rumah. Yakni, untuk tamu yang datang kesan yang ditimbulkan jelas berbeda dari biasanya. Masuk ke rumah Anda melihat ruang tamu nya saja sudah seperti disambut dengan “senyuman” yang lebar. Ini menunjukkan keramahan rumah Anda berpengaruh besar terhadap orang lain. Dengan mengusung interior bergaya ceria, secara tidak langsung Anda telah menunjjukkan sisi ramah Anda sebagai pemilik rumah.

Konsep Dasar Mengusung Desain Interior Rumah Ceria

Pada intinya, tidak ada aturan khusus mengenai harus seperti apa sebuah rumah disebut memiliki interior yang ceria. Namun, karena ini kaitannya dengan konsep yang tidak biasa perlu adanya strategi pengaturan warna interior rumah tenang dan keseimbangan motifnya. Sebagai persiapan, Anda perlu menyiapkan beberapa hal seperti menentukan ruangan mana saja yang interiornya akan mengusung konsep ini. Kami kasih bocoran bahwa ruangan-ruangan privasi pemilik rumah seperti ruang keluarga dan kamar tidur adalah salah dua yang cocok mengusung konsep ceria ini.

Bukan berarti ruangan lain tidak cocok ya, hanya saja ruangan ini lebih pas jika sedari awal dibuat berkonsep ceria. Untuk ruang keluarga, interior yang menunjukkan keceriaan bisa didapat dari furniture utama seperti sofa. Kemudian bisa juga sebagai tambahan, diterapkan pada karpet dan juga hiasan dinding ruangan.

Kemudian untuk kamar tidur, mungkin lebih cocok hanya diterapkan pada kamar anak saja ya. Mengusung konsep ceria pada kamar tidur anak sebenarnya cukup mudah dan simpel. Sebab, Anda hanya perlu menggali keinginan sang anak dan mengamati karakter kesukaannya. Jika Anda sudah dapatkan poinnya maka akan mudah untuk membuat ruangan dengan interior ceria termasuk pada kamar tidur.

Baiklah, sederhananya, interior rumah ceria cocok bagi Anda yang memiliki karakter terbuka dan senang berada diantara banyak orang. Meski tidak setiap saat kita bersama dengan banyak orang, namun Anda tetap dapat merasakan riuhnya keceriaan dengan dekorasi interior yang terkesan ramai.

Selanjutnya, diminimalis akan mengulas tentang tips memaksimalkan penataan interior rumah ceria dengan tepat di rumah minimalis Anda.

interior rumah ceria, warna warni cat rumah minimalis, warna warni cat dinding rumah
memadukan berbagai warna yang kontras, bisa menjadikan interior rumah Anda terlihat ceria – diminimalis.com

Tips Mengatur Penataan Interior Rumah Ceria

Di bawah ini ada kami rangkum beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat akan mendesain interior rumah supaya terlihat ceria.

1. Lihat Referensi dari Akun Dekorasi Online

Jika Anda masih belum mendapatkan ide untuk menata rumah Anda, cobalah untuk memanfaatkan dunia maya dengan melihat galeri akun dekorasi online di Pinterest atau Instagram. Dengan memperbanyak informasi tentang dekorasi, mulai dari warna, furnitur hingga aksesoris, akan dapat memperkaya referensi Anda. Dengan demikian Anda jadi punya gambaran tentang dekorasi ceria seperti apa yang ingin Anda hadirkan pada interior rumah minimalis Anda.

interior rumah ceria, warna warni cat rumah minimalis, warna warni cat dinding rumah
furniture bisa Anda warnai dengan warna yang ceria – diminimalis.com

2. Maksimalkan Furniture yang Ada Terlebih Dahulu

Jika Anda telah menemukan ide untuk dekorasi ceria pada ruangan Anda, langkah selanjutnya adalah dengan memilih furniture. Maksimalkan furniture yang ada terlebih dahulu dengan melakukan perbaikan. Anda bisa mendaur ulang furniture, minimal dengan mengubah warna catnya. Selain itu, jika bosan dengan penataan awal bisa lakukan konsep tata interior yang baru.

3. Rak Buku Bukan hanya untuk Menaruh Buku

Jika Anda menginginkan konsep yang lebih unik lagi untuk menghadirkan nuansa ceria pada ruangan Anda, tempatkanlah beberapa potongan kecil bunga di sela-sela rak buku. Selain itu Anda juga dapat menambahkan mainan kecil seperti dinosaurus atau robot-robotan di sela-sela buku tersebut. Ini menunjukan bahwa ruangan rumah Anda tidak mainstream, rak buku untuk pajangan hiasan khusus.

4. Tambahkan Tanaman Hijau di Sudut Ruangan

Jika pada ruangan Anda terdapat sudut yang kosong, cobalah untuk menambahkan tanaman hijau untuk membuat ruangan lebih segar. Anda juga bisa menempatkan tanaman hijau pada pot yang digantungkan pada dinding. Ide ini akan mengubah perspektif orang tentang rumah berkonsep ceria, yakni tetap mengedepankan konsep penghijauan dan ramah lingkungan.

5. Aksesoris Bernilai Seni dapat Dijadikan Hiasan

Untuk sentuhan akhir, Anda dapat memberikan aksesoris yang bernilai seni di ruangan Anda seperti lukisan, poster, bingkai foto dan aksesoris lainnya. Pilihlah item yang lucu dan menarik karena dapat memberikan kesan ceria. Pemilihan model dan gaya hiasan yang pas juga akan membuat ruangan lebih enak dipandang. Tidak hanya sekedar ramai dan ceria saja. Dengan aksesoris yang tepat, maka fungsi ruangan akan lebih termanfaatkan.

Jadi bagaimana? Tertarik untuk mengunsung konsep interior rumah ceria? Jika iya, jangan lupa untuk menyiapkan segala sesuatunya sebelum interior rumah Anda diotak atik. Tentukan ruangan mana yang akan didesain ceria, apa saja furniture yang dibutuhkan termasuk aksesorisnya, dan terakhir perhatikan fungsi ruangan agar tidak berubah setelah dirancang ulang.

Mungkin demikian dulu ulasan dari kami tentang tips mengatur desain interior rumah ceria. Jangan takut hasilnya kurang baik, karena dengan mencobalah Anda akan Akan tahu. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN07012021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.