Perbedaan Interior Ruang Sholat di Berbagai Tempat

Ruang sholat selain di rumah, kini bisa dengan mudah ditemukan di berbagai tempat, seperti tempat kerja, rumah sakit, atau bahkan di tempat umum lainnya seperti mall dan pasar. Interior ruang sholat di tempat-tempat seperti ini tentu saja berbeda desainnya dengan yang ada di rumah.

Masing-masing ruang ibadah (musholla) memiliki desain interior yang sesuai dengan lokasinya. Selain itu, perbedaan desain interior ruang sholat ini juga biasanya disebabkan karena berbagai macam hal.

Berikut beberapa perbedaan dari masing-masing desain interior ruang sholat di tempat yang berbeda tersebut. Dengan demikian diharapkan akan memberikan banyak gambaran dan informasi terkait perbedain desain interior ruang sholat serta memberikan banyak kebermanfaatan untuk Anda semua.

Interior ruang sholat di masjid

Desain interior yang pertama yang dibahas adalah interior masjid. Dimana masjid merupakan tempat ibadah yang sangat terkenal dan menjadi simbol tempat ibadah bagi umat muslim.

Masjid memiliki banyak fungsi, seperti untuk mengaji atau menimba ilmu atau belajar agama, tempat ibadah khususnya sholat, bahkan bisa menjadi salah satu tempat penggerak ekonomi rakyat.

Perbedaan Interior Ruang Sholat di Berbagai Tempat 1
interior ruang sholat via 2.bp.blogspot.com

Maksudnya adalah dengan cara menjadikan masjid sebagai salah satu tempat untuk menghimpun atau fundraising, mengelola dan mentasarufkan dana ziswaf (zakat, wakaf, infaq dan shodaqoh) yang dikelola secara produktif.

Intinya, masjid bisa menjadi tempat yang utama bagi umat muslim untuk beribadah. Anda banyak masjid yang dibangun di Indonesia juga di luar negeri, khusunya bagi negara yang memiliki penduduk yang menganut agama Islam.

Berbagai desain bangunan masjid di berbagai tempat menjadikan masjid hadir dengan fungsi yang baru, yaitu sebagai destinasi wisata halal yang wajib dikunjungi.

Menjadi destinasi wisata halal yang kini sering digandang-gandangkan adalah satu bentu apresiasi bagi siapa saja yang telah mendesain masjid dengan sedemikian indah, yang tentunya tidak akan bisa terwujud tanpa adanya kehendak dari Allah SWT.

Selain dilihat dari desainnya yang indah, megah dan unik, masjid juga menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi karena nilai sejarahnya. Banyak masjid bersejarah yang akhirnya dapat memberikan banyak edukasi bagi siapa saja yang mendatanginya.

Nilai sejarah yang melekat pada masjid biasa menjadikan masjid ini terlihat lebih istimewa dibanding masjid lainnya yang baru dibangun, walaupun bangunan masjid baru jauh lebih mewah dan megah.

Keistimewaan masjid dengan adanya nilai sejarah ini juga bisa memberikan nuansa yang berbeda untuk Anda semua yang baru mengunjunginya. Ada banyak masjid bersejarah di Indonesia juga di luar negeri.

Misalnya Masjid Gedhe Kauman yang ada di Yogyakarta. Masjid ini merupakan salah satu simbol Kerajaan Islam Mataram. Selain itu, masjid ini juga termasuk masjid tertua di Indoensia yang dibanguan pada 29 Mei 1773.

Interior ruang sholat di dalamnya sangat bagus dan dilengkapi dengan adanya empat pilar utama atau disebut juga dengan saka guru dan atap yang berbentuk tajug lambang teplok.

Semua gaya arsitektur pada masjid ini memiliki filosofinya masing-masing juga memiliki arti yang sangat bermakna. Sehingga keberadaannya sangat penting dan menjadi warisan sejarah yang harus kita jaga bersama.

Selain itu, masjid yang sangat bersejarah dan menjadi masjid tujuan untuk dikunjungin bagi umat muslim adalah Masjidil Haram. Masjid ini dikenal masjid tersuci bagi umat muslim.

Masjidil Haram dibangun dengan mengelilingin Ka’bah yang menjadi kiblat bagi umat muslim saat menjalankan ibadah sholat. Masjid ini memiliki nilai sejarah yang sangat berarti bagi umat muslim.

Masjid ini termasuk masjid terbesar di dunia dan menjadi tempat bagi para jamaah Haji melakukan tawaf dan sa’i. Sehingga banyak muslim yang memimpikan untuk bisa berkunjung dan beribadah disana.

Jadi, semua interior masjid memiliki desain yang berbeda-beda. Keindahan desain interior masjid menjadi salah satu daya tarik masyarakat untuk datang ke masjid. Selain itu, nilai sejarah juga menjadi salah satu hal pendukung yang menjadikan masjid banyak dikunjungi.

Interior ruang sholat di mushola

Pembahasan yang ke dua adalah terkait desain interior mushola. Mushola merupakan tempat ibadah untuk umat muslim, namun dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan masjid.

Karena ukurannya yang kecil, menjadikan mushola juga memiliki desain interior yang berbeda dengan masjid. Biasanya desain interior mushola akan lebih terlihat simpel dan sederhana.

Bahkan furnitur yang digunakan didalamnya juga bukanlah furnitur yang mewah dan mahal. Sehingga kesan sederhana pada mushola sering ditemui pada mushola dimanapun berada.

Perbedaan Interior Ruang Sholat di Berbagai Tempat 2
interior ruang sholat ia 2.bp.blogspot.com

Namun, tidak semua mushola didesain dengan desain interior yang sederhana, ada banyak mushola yang kini didesain dengan gaya modern yang membuat mushola terlihat lebih indah dan menambah kenyamanan Anda dalam beribadah.

Mushola biasanya berada didekat pemukiman penduduk, sehingga memudahkan masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah sholat berjamaah. Mushola biasanya juga digunakan untuk mengaji dan belajar agama Islam.

Baik mushola ataupun masjid, keduanya adalah tempat yang dapat digunakan untuk sholat bagi umat muslim. Anda dapat beribadah baik di mushola atau di masjid sesuai dengan keinginan Anda.

Tidak ada yang membedakan ketika Anda melaksanakan sholat di masjid dan di mushola. Jadi perbedaan tempat ini tidak menjadi masalah sama sekali jika dikaitkan dengan ibadah.

Hanya saja ukuran bangunan yang membedakan keduanya. Sehingga desain interiornyapun bisa jadi berbeda. Karena desain interior yang cocok untuk sebuah mushola adalah desain yang simpel sehingga ruangan akan lebih nyaman jika digunakan untuk beribadah.

Contoh desain mushola di atas, adalah contoh desain mushola modern yang dilengkapi dengan kaligrafi di bagian dinding atas serta memainkan pencahayaan ruangan dengan konsep yang lampu dinding yang menjadikan ruangan lebih indah.

Dinding dan pintu juga menggunakan desain modern sehingga mushola akan terlihat lebih mewah dan nyaman serta diharapkan akan membuat Anda tetap khusuk dalam beribadah.

Interior ruang sholat di tempat umum

Pembahasan yang selanjutnya adalah desain interior pada ruang sholat di tempat umum. Tempat umum yang biasanya disediakan ruang sholat adalah seperti di tempat wisata, mall, pasar, kampus, dan lainnya.

Ruang sholat ditempat umum biasanya lebih sederhana atau ruangannya lebih kecil dari mushola pada umumnya. Namun, Anda juga dapat menemukan ruang sholat yang luas layaknya mushola di dekat rumah Anda.

Secara umum, ruang sholat ditempat umum biasanya menggunakan desain dan furnitur yang sederhana, termasuk pencahayaannya cukup dengan lapu biasa. Namun, sekarang ini, Anda juga dapat menemukan ruang sholat yang cukup mewah dengan desain interior yang indah.

Perbedaan Interior Ruang Sholat di Berbagai Tempat 3
interior ruang sholat via cloudfront.net

Semua tergantung dari arsiterturnya dan pendanaan yang digunakan untuk membuat ruang sholat tersebut. Namun, seperti apapun desain interiornya, Anda tetap harus bisa beribadah dengan khusuk didalamnya.

Desain interior ruang sholat dengan arsiterktur yang indah biasanya dapat Anda temukan di gedung-gedung mewah seperti di mall, perkantoran atau lainnya. Desainnya biasanya menggunakan gaya modern dengan dilengkapi furnitur yang indah tanpa mengurasi kegunaannya.

Nah, bagi Anda yang sedang bingung akan membuat desain interior pada ruang sholat di tempat umum, Anda dapat membuat seperti pada contoh di atas. Desain interior yang modern pada ruang sholat dengan dilengkapi furnitur yang cukup bagus.

Selain itu juga pencahayaan yang bagus dengan menggunakan lampu gantung dengan desain yang simpel namun terlihat mewah dan beberapa lampu tambahan yang membuat ruangan menjadi lebih terang.

Dengan demikian diharapkan akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan diharapakan tetap membuat ibadah sholat Anda khusuk serta belajan dengan baik.

Interior ruang sholat di rumah

Pembahasan yang terakhir adalah desain interior ruang sholat di dalam rumah. Ruang sholat menjadi salah satu ruangan wajib yang harus ada mengingat ibadah sholat dilakukan setiap hari.

Ruangan ini menjadi salah satu ruangan yang sering digunakan, sehingga desain interior ruangan bisa menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Dikarenakan setiap rumah menyediakan porsi ukuran ruang yang berbeda, jadi untuk menghadirkan mushola di rumah juga desainnya seringkali berbeda-beda.

Perbedaan Interior Ruang Sholat di Berbagai Tempat 4
interior ruang sholat via akamaized.net

Desain interior yang bagus untuk ruang sholat di rumah adalah desain yang membuat Anda dan keluarga merasa nyaman dan membuat ibadah Anda menjadi khusuk.

Anda dapat membuat desain yang simpel unturk ruang sholat minimalis dengan menambahkan berbagai furnitur yang dibutuhkan seperti lemari untuk menyimpan peralatan ibadah. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan pencahayaan ruangan.

Dengan demikian ruangan akan mendapatkan cahaya yang cukup dan membuat Anda lebih nyaman di dalam ruang sholat tersebut. Anda juga dapat menambahkan hiasan dinding lainnya, seperti kaligrafi, penunjuk arah kiblat juga dapat menambahkan jam dinding.

Jika ruang sholat di rumah Anda tertutup dan menjadikan ruangan panas, Anda dapat menambahkan kipas angin atau AC. Sehingga ketika Anda melaksanakan ibadah menjadi belih tenang dengan suhu ruangan yang sesuai dengan keinginan Anda.

Selain untuk menunaikan ibadah sholat ruang ini juga dapat Anda gunakan untuk membaca Al-Quran bersama dengan keluarga Anda. Sehingga kebersamaan Anda menjadi semakin menyenangkan.

Hal terpenting yang harus ada dalam ruang sholat di rumah adalah dengan adanya peralatan sholat yang cukup, seperti mukena, sajadah, sarung, peci, dan lainnya. Selain itu adalah pencahayaan yang cukup.

Hal terpenting lainnya adalah jangan lupa untuk selalu membersihkan dan merapihkan ruang sholat agara ruangan tetap memberikan kenyamanan saat digunakan.

Demikian beberapa perbedaan desain interior ruang sholat di berbagai tempat secara umum. Perbedaan tersebutlah yang membuat desain interior setiap ruang sholat berbeda.

Jadi ketika Anda menemui ruang sholat yang berbeda-beda, Anda tidak heran lagi dan tetap bisa menjalankan ibadah dengan khusuk didalamnya. Selain itu, Anda bisa menikmati indahnya perbedaan desain interior yang ada.

Banyaknya perbedaan desain interior pada ruang sholat, biasanya desain terbaik dan indah akan menjadi salah satu inspirasi dan menjadikannya sebagai tempat favorit yang bisa dikunjungin masyarakat.

Nah, bagi Anda yang akan membuat desain ruang sholat dimanapun itu, Anda dapat mencari referensinya dengan mudah karena contoh desain interior tempat ibadah sangat banyak dan mudah ditemukan.

Dengan informasi di atas semoga bisa membantu Anda dalam menentukan desain interior tempat ibadah dan semoga bisa menjadi salah satu informasi yang akan sangat membantu Anda dalam proses penentuan desain interior.

Selain itu, diharapkan informasi di atas bisa memberikan banyak kebermanfaatan bagi siapa saja yang membacanya dan jangan lupa untuk selalu menyesuaikan desain dengan tepat yang akan Anda jadikan sebagai ruang ibadah yang nyaman. (fy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.