Interior open space merupakan istilah lain dari desain ruang terbuka yang diterapkan di bagian dalam rumah. Open space menggabungkan beberapa ruangan jadi satu dan konsepnya dibuat terbuka alias tanpa sekat.

Dengan menerapkan konsep bukaan pada beberapa ruangan yang nantinya digabungkan, maka secara tidak langsung fungsi masing-masingnya juga sedikit bergeser. Meskipun tentu saja fungsi utama tiap ruangan tetap akan melekat alias tidak akan hilang sama sekali.

Bagi sebagian orang, konsep ini sangat bagus karena punya beberapa keunggulan seperti sirkulasi udara dalam rumah yang menjadi semakin lancar. Termasuk juga keleluasaan yang bisa didapat karena hilangnya sekat antar ruangan.

Jika Anda termasuk yang tertarik untuk menerapkan konsep desain ini di rumah Anda, sebaiknya pelajari dulu berbagai kelebihan dan kekurangannya. Rembuglah bersama keluarga, sebab tidak semua individu punya pandangan yang sama soal konsep rumah yang nyaman.

interior Open Space, interior Open Space design, interior Open Space rumah minimalis, desain open space, desain rumah open space, desain open space interior
desain open space antara dapur, ruang makan dan ruang tengah- diminimalis.comspace

Plus Minus Konsep Interior Open Space pada Rumah Minimalis

Di atas tadi sudah kita bahas tentang pengertian konsep interior open space. Bahwa open space sama artinya dengan menghilangkan sekat antar ruang, jadi seluruh bagin interior masing-masing ruangan terbuka/terlihat.

Sebetulnya ada banyak ruangan yang bisa disatukan. Akan tetapi, umumnya, ruangan terbuka yang disatukan terdiri ruang keluarga, ruang makan dan dapur. Ruang tamu karena erat kaitannya dengan privasi sehingga kurang tepat untuk dibuat konsep open space.

Tujuan dari menyatukan ruangan-ruangan ini sebetulnya simpel. Seperti misalnya, Anda jadi bisa enjoy memasak lalu makan bersama sekaligus menonton film dalam satu ruang terbuka dalam rumah yang sama tanpa terhalang sekat.

desain open space, desain rumah open space, desain open space interior
desain open space antara ruang tengah, makan dan dapur – diminimalis.com

Ketiga ruangan itu masih jadi favorit pecinta desain minimalis untuk disatukan dalam konsep open space. Alasannya karena tadi, pergerakan aktivitas jadi lebih mudah.

Meski terlihat menarik, tentu saja tidak semua orang suka dengan konsep ini. Jadi meskipun rumahnya memungkinkan untuk dibuat konsep terbuka tetap saja tidak diwujudkan.

Ini yang menjadi dasar pentingnya memahami dulu kelebihan dan kekurangan konsep interior open space ini. Tujuannya ialah agar keputusannya matang berdasarkan pertimbangan. Apa saja plus minusnya?

Kelebihan Konsep Desain Interior Open Space

Desain yang modern dan kekinian

Tren open space belum lama dipraktekkan pada rumah minimalis kecuali pada bagian eksterior. Sementara interior bergaya open space ini bisa menarik banyak peminat karena memang konsepnya kekinian.

Tentu Anda juga tidak mau kan ketinggalan lebih jauh dengan tren yang sudah berjalan saat ini. Mengusung konsep interior open space nantinya tidak hanya sebatas tren namun juga membuat bagian dalam rumah jadi lebih bagus secara tampilan.

Rumah jadi terasa lebih luas

Karena konsepnya yang terbuka tanpa sekat, interior bergaya open space memungkinkan bagian dalam rumah Anda terlihat lebih luas dan cerah

Bagi pemilik desain rumah minimalis apalagi yang berukuran kecil, manfaat ini sangatlah penting. Sebab, mau beraktivitas apapun yang tadinya terhalang tembok/dinding pembatas jadi tidak ada penghalang dan itu yang membuat jadi lebih leluasa.

Selain terasa lebih luas, efek lain yang bisa didapat saat mengusung konsep desain interior open space adalah efek cerah/terang. Dengan sirkulasi udara yang bagus dan cahaya terang yang masuk ke seluruh sudut ruangan maka rumah Anda akan lebih dari sekedar hunian biasa.

Hemat anggaran pembangunan rumah

Lebih hemat atau tidak sebetulnya tergantung detail konsep yang diusung. Jika konsep konsep rumah minimalis terbuka pada bagian interior yang Anda usung sederhana saja dan tidak banyak menambahkan properti baru maka sangat mungkin untuk lebih hemat anggaran.

Misalnya pada konsep tidak adanya dinding yang biasanya ada di setiap empat sisi ruangan. Sehingga meniadakannya berarti membantu menghemat biaya pembuatan tembok, pemolesan cat dan sebagainya.

Kekurangan Desain Interior Open Space

Meski kelebihan cukup menggiurkan,ternyata konsep ini juga ada kekurangannya. Nah, apa saja kekurangannya?

Privasi jadi kurang terjaga

Ya, dengan konsep terbuka dimana bisa mengakses beberapa ruangan tanpa sekat maka aktivitas juga jadi mudah terlihat. Hal ini tentu kurang nyaman bagi sebagian orang yang menginginkan privasi tinggi.

Berpotensi monoton jika konsepnya tanggung-tanggung

Poin lain yang bisa saja dianggap sebagai kekurangan dari rancangan open space adalah kemungkinan hasil desainnya akan terlihat monoton. Apalagi jika konsepnya kurang jelas sedari awal. Maka dari itu, jika ingin hasil desain yang bagus maka Anda harus merencanakannya secara matang dan berani berinvestasi menjadikan hasil konsep ini sukses.

Pada intinya, terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang sudah disebutkan di atas, mengusung konsep open space tetap bisa jadi pilihan bagus. Asalkan Anda memang jago dalam merancang dan mengatur semuanya jadi sebagus mungkin.

Baiklah mungkin itu saja uraian singkat dari kami tentang ide desain interior open space dan  plus minusnya. Semoga bermanfaat dan jika Anda mau mengusung konsep ini semoga berhasil dan hasilnya bagus. (ls) editted by RN24072021

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *