Tahukah Anda bahwa ada cara yang lebih ekonomis untuk membuat suhu ruangan dalam rumah tetap nyaman? Ya, Anda bisa memasang elemen insulasi atap rumah dengan berbagai material yang ada.

Keuntungan yang akan Anda dapatkan cukup banyak dari adanya elemen ini. Asalkan Anda punya kejelian untuk mengatur semuanya tetap bekerja efektif maka rumah Anda tidak perlu lagi mengandalkan AC.

Sekarang kita cari tahu lebih jauh tentang apa itu insulasi atap rumah, bagaimana sistem kerjanya, material apa yang biasa dipakai dan apa saja keuntungannya.

Pengertian Insulasi Atap Rumah, Sistem Kerja, dan Jenis Materialnya

Mungkin ada diantara Anda yang baru mendengar istilah insulasi atap rumah. Istilah ini sebetulnya digunakan untuk menggambarkan perpindahan/penyerapan panas dari matahari ke dalam pori-pori suatu material.

Jadi, pengertian insulasi pada atap rumah bisa diterjemahkan sebagai sebuah metode yang dipakai untuk mengurangi laju perpindahan panas di atap sehingga ruangan di bawahnya tetap dingin.

Insulasi atap rumah
Insulasi atap rumah yang menguntungkan – diminimalis.com

Sistem yang digunakan pada insulasi atap ini biasanya menggunakan sistem konduksi, radiasi, dan konveksi tergantung bentuk atapnya dan juga kebutuhan sang pemilik rumah.

Pada prinsipnya, ketiga sistem tersebut digunakan untuk menciptakan suhu ruangan rumah tetap sejuk dan nyaman meskipun suhu di luar sedang panas-panasnya.

Adapun jenis Material yang biasa dipakai untuk insulasi atap rumah minimalis adalah sebagai berikut:

Aluminium foil

Material aluminium foil untuk insulasi atap rumah adalah yang paling banyak dijual dan dipakai. Material ini berbentuk lembaran berwarna perak dan sangat efektif untuk mencegah panas di atap masuk ke dalam ruangan rumah.

Sehingga, ruangan rumah pun terjaga suhu dan kelembapannya. Untuk proses pemasangannya sendiri cukup mudah dan bahkan bisa Anda pasang sendiri jika mau.

Bubble Foil

Jenis material insulasi atap rumah selanjutnya ialah bubble foil. Bahan ini memiliki sifat dan bentuk yang hampir sama dengan aluminium foil.

Perbedaannya hanyalah pada bentuk permukaannya saja. Material insulasi atap yang satu ini berbentuk lembaran bertekstur lingkaran sama besar beraturan di atasnya.

Kelebihan bubble foil ialah mampu menyerap panas dan otomatis melindungi ruangan rumah dari panas berlebih.

Glasswool

Selanjutnya ada material glasswool yang biasa dipakai sebagai bahan insulasi atap rumah. Material ini terbuat dari serat fiberglass yang diolah sedemikian rupa sehingga membentuk lapisan layaknya wool.

Glasswool sering digunakan sebagai insulasi atap pada gedung-gedung perkantoran, pabrik, dan bangunan besar serta penting lainnya.

Jika dibandingkan dengan aluminium foil, glasswool memiliki kelebihan selain menyerap panas yaitu bagus untuk diandalkan meredam suara. Tidak heran jika glasswool lebih sering dipakai pada ruangan studio musik.

Berbagai Keuntungan Ketika Memasang Insulasi Atap Rumah

Pada rumah beriklim tropis, suhu di luar ruangan seringkali tidak bersahabat. Pada musim panas saja misalnya suhu di luar ruangan bisa membuat telur mentah menjadi matang.

Bisa dibayangkan bukan seberapa panas suhu tersebut ketika mengalir ke dalam ruangan?

Sebetulnya bisa saja Anda menggunakan AC ataupun peralatan elektronik lain guna mendinginkan suhu dalam ruangan rumah. Namun konsekuensinya adalah tagihan listrik yang pasti tidak sedikit.

Belum lagi, dampak buruk jangka panjang untuk kesehatan yang akan didapat jika menggunakan peralatan elektronik untuk mendinginkan suhu terus-menerus.

Orang yang terkena asma saja misalnya, tentu tidak akan kuat berlama-lama di dalam ruangan yang menggunakan AC. Kulit juga akan cepat kering dan jika penggunaannya dalam jangka waktu yang lama bisa mengakibatkan dehidrasi.

Ancaman kesehatan tersebut tentu saja tidak akan Anda peroleh jika menggunakan insulasi atap rumah yang tepat. Insulasi yang biasanya menggunakan bahan ramah lingkungan tentu saja akan lebih aman.

Lantas apa sajakah keuntungan lainnya yang nantinya akan Anda dapatkan? Berikut ulasannya.

Penghematan energi

Bahan isolasi panas pada atap biasanya menggunakan material glasswool, polyester maupun aluminium foil yang hemat energi.

Anda tidak memerlukan daya listrik untuk mengaktifkan fungsi pendinginannya sehingga otomatis Anda akan terbebas dari tagihan listrik yang besar.

Hal ini tentunya akan berbeda jika Anda mengunakan AC ataupun kipas angin bukan?

Suhu yang sama dan merata di setiap ruangan

Suhu yang relatif sama tiap-tiap ruangan bisa tercipta jika Anda menggunakan insulasi atap rumah. Suhu yang seragam tentu saja akan membuat rumah Anda semakin nyaman ditempati dan Anda akan betah di rumah.

Namun, jika Anda menggunakan AC ataupun kipas angin tentu saja tidak bisa disamakan antar ruangan. Hanya ruangan yang memakai AC saja yang akan terkena hembusan dan hawa dingin/sejuknya.

Minim perawatan

Insulasi atap rumah
bebas perawatan atap rumah – diminimalis.com

Penggunaan insulasi atap rumah nyaris tidak memerlukan perawatan maupun pengaturan apapun. Anda hanya cukup memasangnya sekali saja dan menggantinya, inipun dilakukan hanya jika bahan insulasi atap rumah Anda sudah mengalami kerusakan parah.

Bahkan, ada beberapa jenis bahan insulasi yang bisa menyerap kebisingan di sekitarnya sehingga rumah Anda nyaman dari suara keras tak beraturan.

Dari beberapa alasan di atas, nampaknya Anda perlu memasang insulasi atap rumah dengan segera. Selain sebagai misi penghematan, adanya insulasi ini juga berguna untuk menambahk kebetahan Anda saat di rumah.

Jika Anda bingung soal bagaimana memasang sendiri insulasi rumah yang dimaksud, Anda bisa berkonsultasi dengan pakarnya. Bila perlu sewa pekerja handal agar hail pengerjaan bagus dan bisa awet bertahun-tahun.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh jika menggunakan insulasi atap rumah. Mudah-mudahan artikel singkat ini bisa menambah wawasan Anda dan juga bisa bermanfaat untuk hidup Anda. salam diminimalis (am). editted by RN10092021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *