Cara Memasang Instalasi Tandon Air Rumah Yang Benar

Selanjutnya, hindari pemasangan langsung pompa dengan outlet tandon tanpa menggunakan konektor yang fleksibel. Hal ini untuk menghindari bocor ataupun rusaknya sambungan dikarenakan getaran yang dihasilkan pompa.

Untuk meminimalkan getaran pompa Anda bisa membuat dudukan pompa kuat yang diikat dengan baut.

Terakhir, buatlah instalasi pipa yang benar yaitu dengan meminimalkan sambungan dan sikuan agar pipa terhindar dari kebocoran dan juga aliran yang terhambat. Jangan lupa juga pasang saringan pada ujung pipa untuk menyaring pasir dan kotoran yang bisa menyumbat pompa.

Atur Ketinggian Posisi Penempatan Tangki Air

Setelah menentukan lokasi penempatan tandon dan mengatur pengkondisiannya maka selanjutnya adalah memilih ketinggiannya.
Mengapa ini penting? Karena posisi ketinggian tangki air akan sangat mempengaruhi besar kecilnya semburan air yang dihasilkan.
Berikut ini beberapa saran pengaturan ketinggian yang bisa Anda pilih.

1. Penempatan tandon di ketinggian 2- 4 meter

Ini merupakan ketinggian penempatan tandon air yang terendah. Tandon yang dipasang di kisaran ketinggian tersebut akan lebih tepat diaplikasikan pada pemakaian air yang ringan.

Di ketinggian ini Anda bisa memperkirakan pemakaian air hingga bisa sangat minim. Oleh karenanya ini cocok untuk misi penghematan biaya air.

2. Penempatan tandon di ketinggian 4-6 meter

Ketinggian ini dikategorikan sedang. Semburan air yang keluar bisa mencapai 5 – 6 meter sehingga ibaratnya cukup untuk mencuci motor atau mobil.

3. Penempatan tandon di ketinggian di atas 7 meter

Tandon yang diletakkan di ketinggian di atas 7 meter ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya ialah air yang mengalir ke bawah akan lebih tinggi dan tekananannya besar.

Sementara itu, kekurangan dari penempatan tandon air di ketinggian ini adalah penggunaan air akan lebih boros. Hal ini disebabkan perhitungan debit air yang dihitung per menit.

Pemasangan Pompa Pada Tandon Air

Salah satu yang penting dari insatalasi tandon air adalah pemasangan pompa. Berikut ini beberapa tips pemilihan pompa yang tepat untuk tanbdon air Anda.

1. Pilih pompa air sesuai dengan kebutuhan. Sesuaikan kapasitas hisap yang Anda inginkan dengan budget yang Anda anggarkan.

2. Tempatkan pompa air pada lokasi dan posisi yang mudah untuk diperiksa. Tujuannya untuk mempermudah pengecekan bila ada masalah di kemudian hari.

3. Tempatkan pompa agar sedekat mungkin dengan sumber air/sumur. Tujuannya untuk memperkecil jarak pipa hisap yang akan dipasang.

4. Pemasangan pompa air sangat tidak dianjurkan dekat dengan outlet tandon.

5. Sebaiknya pompa air dibaut atau diikat dengan kuat pada dudukan guna menghindari pergerakan dan getaran pompa saat sedang beroperasi.

6. Minimalisir jumlah lekukan dalam sambungan pipa untuk mencegah kebocoran potensio kebocoran pada pipa air.

Pada intinya, mengatur pemasangan instalasi tandon air memerlukan perencanaan dalam eksekusinya. Mulai dari tahap pemilihan lokasi, pembelian komponen, hingga penempatannya.

Jika Anda merencanakan semuanya dengan benar maka bisa dipastikan biaya bulanan tidak akan membengkak.

Demikianlah ulasan singkat mengenai bagaimana mengatur instalasi tandon air rumah yang tepat. jika Anda merasa kesulitan dalam pemasangannya ada baiknya serahkan kepada ahlinya agar hasilnya bisa lebih maksimal. Namun jika Anda bisa mengatur perencanaan tersebut sendiri maka itu lebih baik. Semoga bermanfaat, salam diminimalis (Editted by RN13032019)


Comment