Berbagai Ide Menghias Kamar Mandi Agar Lebih Menarik dan tidak Membosankan

Memiliki kamar mandi berukuran minimalis memang menjadi dilema tersendiri. Mau diatur seperti apa dengan penambahan furniture bagaimanapun bisa jadi jatuhnya hanya akan membuatnya semakin sempit. Sehingga, mau tidak mau diperlukan ide menghias kamar mandi yang tepat. Bila tidak hati-hati, menambahkan ornamen dekorasi bisa malah mempersempit ruang gerak selama beraktivitas di dalamnya.

Lalu apa yang sekiranya mesti dilakukan agar kamar mandi jadi lebih baik dari sisi kenyamanan dan tampilan? Pada dasarnya Anda bisa menerapakan beberapa ide seperti menambahkan tanaman hias, membuat rak khusus alat mandi hingga sekedar menambahkan wallpaper dinding. Namun, meskipun hal-hal tadi sifatnya tambahan intinya tetap memerlukan perencanaan yang matang agar hasilnya maksimal.

Ini hanya pengantar, untuk memperjelas pembahasan ini mari kita bedah lebih jauh di artikel ini.

Mengapa Kamar Mandi Perlu Dibuat Bagus

Sebetulnya tanpa dijelasakan panjang lebar pun, membuat kamar mandi lebih dari sekedar tempat bersih-bersih badan adalah hal yang penting. Pernahkan Anda menghitung berapa kali dalam sehari Anda keluar-masuk kamar mandi? Berapa kali dalam seminggu, sebulan, hingga setahun, tepat sekali kamar mandi sudah jadi bagian dari hidup keseharian Anda.

Memang, aktivitas di kamar mandi berbeda dengan di ruangan lain yang mungkin bisa dilakukan dengan berlama-lama dan santai. Sementara di kamar mandi lebih ke sekedar melepaskan hajat untuk segera mandi atau buang air.

Namun, bukan berarti memaksimalkan tampilannya tidak penting untuk diupayakan. Sebab, tidak lain karena kamar mandi sangat erat kaitannya dengan kesehatan pemilik rumah. Kamar mandi buruk bisa diterka pasti buruk juga gaya hidup pemiliknya.

 ide menghias kamar mandi, cara menghias kamar mandi, kamar mandi unik

Jadi, ada kalanya kamar mandi perlu dihias agar ada nuansa baru di dalamnya. Minimal, wujudkan kamar mandi sehat dan ideal versi rumah Anda sendiri. Ciri-ciri kamar mandi ideal seperti sudah dibahas sebelumnya, diantaranya bersih dan terawat, bila memungkinkan: harum.

Cobalah ubah mindset Anda agar soal kamar mandi tetap jadi prioritas. Usahakan untuk selalau merawat kebersihannya minimal setelah pakai langsung disiram atau diguyur agar kotoran di lantai langsung masuk selokan.

Ide Menghias Kamar Mandi Agar Lebih Menarik

Dari sisi tampilan, desain kamar mandi minimalis jelas berbeda dengan ruang lainnya, ukuran lebih kecil dan furniture lebih sedikit. Namun, justru ini bisa menjadi kesempatam amda mengubahnya sesuai keinginan. Berikut ini adalah ide menghias kamar mandi yang dapat dijadikan Anda sebagai referensi:

1. Letakkan pot tanaman

Ide menghias kamar mandi pertama yang bisa diterapkan adalah dengan menambahkan hiasan berupa tanaman. Ide hiasan yang satu ini terbilang praktis dan murah, pasalnya Anda tinggal mencari tanaman yang tepat untuk diletakkan di salah satu sudut kamar.

Jenis tanaman seperti lidah buaya dan anggrek cocok untuk mengurangi suhu panas kamar. Selain memperindah, tanaman ini juga akan membuat kamar mandi Anda nampak lebih segar dan terhindar dari bau-bau busuk.

2. Letakkan rak khusus

Selanjutnya, untuk menghindarkan kamar mandi And dari potensi berantakan, Anda bisa menambahkan rak khusus. Rak ini dibuat untuk meletakkan handuk, perlatan mandi, hingga aksesoris di badan yang tidak sengaja terbawa masuk.

Dengan karaterisitik kamar mandi yang tidak memerlukan banyak perlengkapan furniture membuat Anda lebih leluasa menambahkan apapun. Saran kami, pilihlah yang multifungsi dengan ukuran yang bisa ditoleransi agar kamar mandi tidak semakin sempit.

3. Berkreasi dengan warna yang cerah

Hal lain terkait ide menghias kamar mandi bisa dilakukan dengan fokus pada mengubah tampilan warna interior. Apa yang sekiranya bisa diubah, lebih baik ubah saja tanpa perlu banyak pertimbangan.

Misalnya, Anda dapat mengkreasikan warna cat yang cerah seperti putih atau biru pada dinding kamar mandi. Selain itu, bisa juga dengan menambahkan aksen-aksen tertentu seperti tempat batu-batu kerikil di sela-sela lantai keramik dekat bathub Anda.

4. Tambahkan aksesoris tambahan pada lampu

lampu kamar mandi, lampu kamar mandi otomatis, lampu yang tepat untuk kamar mandi

tata cahaya di kamar mandi yang unik dan elegan – diminimalis.com

 

Pada prinsipnya, kamar mandi memang tidak membutuhkan banyak furniture dan akeseoris tambahan mengingat ukurannya yang terbatas. Namun, bukan berati salah ketika hendak menambahkan sesuatu yang bertujuan untuk memperindah ruangan.

Terkait hal itu, sistem pencahayaan jadi salah satu yang bisa diusahakan untuk diubah. Meski sebenarnya Anda bisa menggunakan satu macam lampu yaitu general lighting. Namun, untuk tujuan estetika kenapa tidak coba model yang lain sebagai tambahan.

Misalnya dengan menambahkan lampu tersembunyi atau sejenisnya ke dalam ruangan. Dengan menerapkan ide penambahan lampu maka kamar mandi Anda akan terlihan elegan dan menawan.

5. Ventilasi udara

Kamar mandi memiliki suhu udara yang lembab yang akan membuat suasana menjadi sesak. Jika hal ini tidak tertangani dengan baik, maka bisa jadi tidak akan nyaman sekali saat dipakai.

Untuk itu, sangat penting untuk menambahkan ventilasi udara dan jendela yang cukup sebagai pintu masuk cahaya matahari. Ventilasi kamar mandi sendiri memiliki banyak kegunaan, terlebih pada jika ukurannya minimalis. Sebab, lewat ventilasi tersebut lah udara dan cahaya dapat keluar masuk dari dan ke kamar mandi Anda.

Apalagi, saat siang hari, kamar mandi Anda akan terasa terang tanpa menyalakan lampu lagi. Cahaya matahari yang masuk juga mampu menjaga suhu ruangan tidak lembab, sehingga potensi tumbuhnya jamur dan muncul bau tak sedap bisa dikurangi.

Pada intinya, apapun ide menghias kamar mandi yang Anda pilih, jangan lupa untuk selalu berorientasi pada kenyamanannya. Sebab, tidak ada tujuan lain yang lebih sakral dari mengatur desain ruangan tanpa berorientasi pada kenyamanan.

Semoga ide-ide di atas dapat Anda jadikan referensi terbaik memoles tampilan kamar mandi Anda. Jika boleh memberikan rekomendasi, salah satu ide menghias kamar mandi terbaik adalah dengan mengadopsi tanaman hias. Jadi, coba praktekkan ide tersbeut demi misi keindahan dan penghematan Anda. Sampai jumpa! (ls) editted by RN11062020


Comment