Berbagai Macam Ide Hiasan Gantung pada Rumah Minimalis yang Bisa Ditiru

Rumah tanpa hiasan sepertinya sangat-sangat monoton. Apalagi jika semuanya serba beli, sudah keluar uang tapi belum tentu suportif untuk menunjang tampilan ruang. Lain halnya jika untuk hal-hal yang sifatnya tambahan, Anda berusaha buat sendiri. Kepuasan akan menjadi bonus yang akan Anda dapat jika hasilnya maksimal. Kalaupun tidak, ya setidaknya Anda tidak keluar uang lebih banyak dari beli jadi.

Salah satu ide hiasan yang banyak dipakai dan terbukti bagus adalah yang model gantung. Ada banyak ide hiasan gantung DIY yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Mau pakai barang bekas bisa, mau beli bahan-bahan siap pakai dengan kualitas bagus juga bisa. Tinggal diniatkan saja untuk bikin apa yang sekiranya bagus melengkapi rumah Anda.

Kabar gembira untuk Anda sebetulnya karena diminimalis kali ini akan membahas soal beberapa contoh ide hiasan gantung. Harapannya bisa Anda tiru nantinya, dibuat bersama keluarga dan dipasang di salah satu ruangan rumah Anda.

Strategi Menemukan Ide Hiasan Gantung yang Tepat untuk Rumah Anda

Hiasan gantung sendiri sebenarnya sudah sangat umum diaplikasikan pada interior rumah. Bahkan, beberapa pemilik rumah minimalis ada yang sudah sukses menerapkannya. Rumah dengan hiasan handmade sepertinya jadi ide yang worth it utuk Anda tiru.

Tidak perlu beralasan dan beranggapan bahwa adanya hiasan tersebut akan memberikan dampak sempit pada interior rumah Anda. Sebab, secara teori, semua itu bisa disiasati dengan mudah buktinya banyak yang akhirnya sukses.

ide hiasan gantung, cara membuat hiasan dinding kamar, hiasan dinding dari sedotan

Rumah si buah hati akan lebih terlihat cantik dengan hiasan gantung yang indah – diminimalis.com

Jadi sebagai prinsip dasarnya, Anda tidak perlu membatasi diri dalam mengeksplorasi keindahan rumah minimalis Anda. Sebab, untuk membuat hiasan apalagi yang model gantung, Anda bisa memanfaatkan berbagai jenis barang di sekitar Anda. Tidak sedikit barang bekas yang menurut banyak orang tidak bisa digunakan lagi, Anda masih bisa memakainya. Tentu ini bisa jadi ide membuat rumah tampak ceria dengan biaya murah.

Tips Memilih Hiasan Gantung yang Tepat

Biasanya yang sulit bukan pada cara membuatnya, namun lebih ke menentukan ide apa yang paling tepat, benar kan? Nah, untuk Anda yang hendak mengaplikasikan sebuah ide hiasan gantung, coba sesuaikan dengan tips ini agar hasilnya lebih maksimal.

Sesuaikan objek hiasan dengan gaya interiornya

Dalam menambahkan hiasan rumah, jangan serta-merta memilih ide berdasarkan apa yang kita suka saja. Karena, jika kita asal pilih maka konsep dekorasi rumah jadi tidak pas. Coba analisis dulu gaya seperti apa yang ada di rumah Anda. Selanjutnya disesuaikan dengan produk hiasan yang akan Anda tambahkan.

Pertimbangkan ketinggian langit-langit

Ruangan rumah yang akan diberi hiasan gantung memang akan memiliki kesan yang berbeda, tergantung produk hiasan gantungnya. Sebelum memberi hiasan gantung ke dalam salah satu ruangan rumah Anda, ketahui dulu ukuran ruang dan ketinggian langit-langitnya. Kenapa ini penting, sebab nanti kaitannya dengan ukuran hiasan, lagipula karena posisinya menggantung maka tali panjangnya perlu dipertimbangkan.

Agar keren, sesuaikan dengan tren

Sebelum menghias rumah coba sembari melihat tren yang sedang berkembang. Pilih ide dekorasi hiasan gantung yang sedang diminati banyak orang. Akan lucu misalnya jika hiasan gantung yang Anda pilih dari barang bekas botol sementara yang sedang tren adalah dari bola lampu bekas. Kalau Anda jeli, Anda akan menemukan ide hiasan yang keren dan kekinian.

Pilih posisi yang paling tepat

Memmbuat hiasan gantung bisa jadi cukup mudah, apalagi di era internet sekarang ini, tinggal ikuti tutorial, selesai. Namun hal yang mau tidak mau harus dipikir sendiri adalah menentukan posisi peletakkannya yang sesuai. Mau di tengah ruangan, atau mepet dinding semua terserah Anda. Yang penting coba cari kesesuaian dengan furniture dalam ruangan dan pilih dimana lokasi penempatan paling tepat.

Daripada beli lebih baik buat sendiri

Yap, ini adalah inti dari bahasan kita sebenarnya, agar jangan tergiur untuk apa-apa serba beli. Kenapa tidak Anda coba buat sendiri selain lebih murah, Anda juga akan dapat kepuasan tersendiri. Jadi, mau buat hiasan gantung model apa nih?

Contoh Ide Hiasan Gantung pada Rumah Minimalis

Ada banyak ide hiasan dinding yang sebetulnya bisa Anda buat dan praktekkan. Anda bisa mencari informasi cara membuatnya di internet. Atau kalau mau langsung, bisa lihat dua contoh berikut ini:

1. Hiasan Gantung dari Sedotan

Ide hiasan gantung pertama ialah dari bahan dasar sedotan. Ide hiasan gantung ini sangat mudah membuatnya asal telaten, Anda bisa mengikuti cara membuatnya berikut ini:

  • Sediakan sedotan minum dan klip kertas
  • Masukkan tiga klip kertas ke sisi luar sedotan
  • Atur jarak antar klip agar tidak bersinggungan.

Untuk dua klip yang berada di ujung sedotan hadapkan ke arah bawah, sedangkan satu klip yang berada di tengah sedotan hadapkan ke atas. Klip yang berada di tengah tersebut nantinya berguna sebagai pengait pada sisi atas atap.

  • Buatlah pola yang sama dengan langkah di atas dengan dua sedotan yang lain.
  • Tambahkan klip kertas sesuai dengan keinginan Anda untuk mengatur tinggi rendahnya hiasan yang Anda gantungkan.
  • Tambahkan hiasan dari kertas, bisa berupa bentuk burung, bintang, atau bentuk lucu lainnya.
  • Hal yang perlu Anda perhatikan ialah keseimbangan antara kedua sisi sedotan, berilah seidkit beban agar terlihat indah dan tidak miring.

2. Hiasan Gantung dari Pita dan Pembidang

Hiasan gantung yang bisa Anda kreasikan selanjutnya ialah dari bahan dasar pita yang dikaitkan pada sebuah pembidang. Yuk langsung saja kita simak cara pembuatannya berikut ini:

  • Sediakan bahannya berupa satu buah pembidang, benang rajut dan tali pita untuk hiasan gantungnya.
  • Potonglah pita warna-warni yang telah disediakan menjadi 7 hingga 9 bagian dengan panjang sekitar 25 cm.
  • Buatlah ikatan atau simpul telinga kelinci pada setiap pita yang ada. Jika ingin lebih kuat Anda bisa tambahkan simpul sekali lagi pada bagian tengahnya.
  • Potong tali atau benang rajut dengan panjang yang berbeda. Tali ini berfungsi untuk mengikat tali pita yang akan digantungkan pada pembidang.
  • Biar nampak lebih hidup, buatlah panjang tali dengan ukuran yang bertingkat. Mulai dari ukuran tali atau benang rajut yang pendek hingga yang panjang.
  • Kaitkan ujung satu benang pada pita yang telah dibuat simpul dan ujung lainnya pada pembidang.
  • Pastikan ikatan tali pada pembidang kuat dan tidak longgar.

Gantungkan pembidang di atas kamar. Anda bisa menambahkan ide kreativitas lainnya agar semakin menarik. Ada pepatah mengatakan “Rumahmu adalah surgamu”. Maka, buatlah rumah minimalis Anda senyaman dan seindah mungkin untuk mewujudkan surga di rumah bagi keluarga tercinta.

ide hiasan gantung, cara membuat hiasan dinding kamar, hiasan dinding dari sedotan

contoh hiasan gantung pads kamar anak laki-laki yang bisa diuat dengan bahan sederhana – diminimalis.com

Itu dia beberapa contoh ide hiasan gantung yang bisa Anda kreasikan untuk menghias rumah khususnya kamar anak Anda. Jangan lupa ketika sudah dihias untuk tetap dirawat dengan baik, karena percuma bagus kalau tidak terawat. Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya. (ls) editted by RN04062020


Comment