IBADAH DI BULAN RAMADHAN BERSAMA KELUARGA DI RUMAH

IBADAH DI BULAN RAMADHAN BERSAMA KELUARGA DI RUMAH #rumahkusurgaku - diminimalis.com
IBADAH DI BULAN RAMADHAN BERSAMA KELUARGA DI RUMAH #rumahkusurgaku - diminimalis.com
IBADAH DI BULAN RAMADHAN BERSAMA KELUARGA DI RUMAH #rumahkusurgaku – diminimalis.com

Ibadah di bulan Ramadhan kepada Allah termasuk salah satu kewajiban manusia. Ibadah itu dimudahkan oleh Allah di bulan yang mulia, Ramadhan. Bentuk kemudahannya pun beragam seperti mudahnya beribadah karena sarana-prasarana yang telah disiapkan, banyaknya orang yang turut serta beribadah, hingga balasan yang luar biasa seperti pahala dan ampunan dari Allah Ta’ala.

Ada ibadah yang harus dikerjakan di masjid secara berjamaah, seperti shalat wajib bagi laki-laki dewasa. Namun ada pula banyak jenis ibadah yang bisa dikerjakan di rumah, bahkan bersama dengan keluarga. Jenis ibadah semacam inilah yang akan menghidupkan rumah kita, sehingga akan mendatangkan keberkahan dari Allah dan menghalangi langkah setan dalam menggoda keluarga kita.

Ibadah ibadah di bulan Ramadhan bersama keluarga

Jenis ibadah yang bisa dilakukan di rumah antara lain, pertama, sahur bersama anggota keluarga. Sahur terkesan sebagai perbuatan yang ringan, namun justru di dalamnya terdapat keberkahan. Apalagi jika sahur dilaksanakan bersama dengan anggota keluarga, tentu akan terasa lebih nikmat.

Dari Anas bin Malik radhiyalllahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Bersahurlah, sesungguhnya di dalam sahur terdapat keberkahan.”

(HR. Bukhari Muslim).

Kedua, menyegerakan berbuka bersama anggota keluarga. Berbuka yang paling nikmat adalah berbuka bersama anggota keluarga. Dan setiap orang yang menyegerakan berbuka –meskipun hanya dengan seteguk air atau sebuah kurma—akan selalu berada dalam kebaikan, sebagaimana Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Manusia masih akan baik-baik saja selama mereka menyegerakan berbuka.”

(HR. Bukhari Muslim).

kebaikan menyegerakan berbuka #rumahkusurgaku - diminimalis.com
kebaikan menyegerakan berbuka #rumahkusurgaku – diminimalis.com

Berbuka tidak harus menyantap makanan berat, tetapi bisa dilakukan dengan meminum air atau memakan makanan ringan sekedar untuk membatalkan. Meskipun sederhana, kebersamaan akan memberikan kenikmatan bagi para pelakunya, serta meningkatkan rasa sayang di antara mereka.

Ketiga, membaca dan mempelajari Al-Qur’an. Ramadhan merupakan waktu yang sangat utama untuk belajar dan mengajarkan Al-Qur’an. Orang tua mengajarkan anaknya untuk bisa membaca Al-Qur’an secara baik dan benar. Ini merupakan amal yang paling utama karena sebaik-baik orang adalah yang belajar dan mengajarkan Al-Qur’an.

Apabila anak sudah dapat membaca Al-Qur’an, maka bisa dilakukan membaca bersama namun bergantian. Seseorang membaca Al-Qur’an beberapa ayat, sedangkan yang lainnya menyimak dan membetulkan apabila terjadi kesalahan dalam membacanya. Kemudian diteruskan oleh giliran berikutnya hingga orang terakhir secara bergantian, sedangkan yang tidak membaca tetap menyimak.

Kegiatan membaca Al-Qur’an bersama keluarga juga bisa dilakukan dengan cara setor hafalan. Masing-masing saling membacakan hafalannya secara bergiliran, sedangkan yang lainnya menyimak. Dengan demikian, insya Allah keluarga kita akan dimudahkan oleh-Nya untuk menjadi keluarga penjaga Al-Qur’an.

Keempat, mengerjakan shalat malam bersama anggota keluarga. Shalat malam di bulan Ramadhan atau biasa disebut shalat tarawih, memang sudah menjadi kebiasaan dikerjakan di masjid secara berjamaah. Namun sesekali anggota keluarga bisa mengerjakannya di rumah. Hanya saja, untuk shalat fardhu (shalat Isya), anggota keluarga laki-laki harus mengerjakannya secara berjamaah di masjid, baru kemudian pulang untuk qiyam Ramadhan bersama keluarganya.

Shalat tarawih di rumah bersama anggota keluarga bisa dikerjakan pada awal waktu atau setelah Isya sebelum tidur, dan bisa pula dikerjakan di akhir waktu seperti saat sepertiga malam terakhir. Hal ini tidak masalah karena batas waktu shalat malam antara sehabis Isya hingga sebelum adzan Subuh.

Selain amalan di atas, masih banyak jenis amal ibadah yang dapat dikerjakan di rumah bersama anggota keluarga. Bahkan setiap pekerjaan yang baik dan diridhai Allah, apabila ia diniatkan mengharap ridha Allah dan dimulai dengan basmallah, maka pekerjaan itu bisa bernilai ibadah di sisi Allah. Dan tentu banyak pekerjaan yang bisa dilakukan oleh anggota keluarga secara bersama, misalnya membersihkan rumah, memasak di dapur bersama, mendiskusikan permalasahan keluarga dan lain sebagainya. Mari kita isi Ramadhan dengan barlomba-lomba mencari pahala kebaikan bersama keluarga. (aa)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.