Jenis dan Model Gorden Terbaik untuk Rumah Minimalis, Apa Saja?

Rumah yang bagus dengan bukaan jendela yang besar memang terbilang sangat representatif secara kesehatan. Namun tahukah Anda bahwa ada hal yang harus diutamakan juga dari sebuah hunian/rumah, yaitu privasi dan keamanan. Nah, adanya gorden atau tirai di jendela akan mampu membuat rumah Anda setidaknya terjaga privasinya. Selain itu, secara estetika rumah Anda juga akan lebih bagus.

Untuk mewujudkan fungsinya secara maksimal, Anda perlu memilih gorden terbaik untuk rumah minimalis Anda. Terbaik bukan berarti yang termahal atau secara motif bagus dengan banyak rumbai-rumbai. Namun, gorden terbaik adalah yang mampu berfungsi secara maksimal dalam memberikan kenyamanan, keamanan, dan keindahan pada ruangan rumah.

Nah, pada artikel kali ini, kami akan bocorkan pada Anda apa saja jenis gorden terbaik untuk rumah minimalis dan tips memilih yang terbaik. Jadi, pastikan baca sampai selesai ya!

Mengenal Fungsi Gorden Terbaik untuk Rumah Minimalis Anda

Gorden sendiri merupakan potongan kain yang terbuat dari berbagai jenis bahan dengan ukuran, panjang, lebar tertentu yang bervariasi. Cara pakainya digantung dengan bantuan kait untuk menutupi jendela serta menghalangi pandangan dari luar. Fungsi utama dari gorden tentunya untuk menutup jendela kaca. Termasuk mengurangi cahaya yang terik dari luar dan melindungi privasi dari pandangan di luar rumah.

Memilih gorden bukan hal yang sulit jika Anda pintar merencanakan setaip detail kebutuhannya. Dengan kata lain, jika Anda pandai dalam menyelaraskan warna dengan konsep rumah, maka mendapatkan gorden yang pas akan sangat mudah. Prinsip yang harus Anda pegang adalah bahwa rumah minimalis sendiri biasanya tidak membutuhkan banyak furniture. Maka, memilih gorden dengan corak yang polos dan simpel bisa jadi pilihan terbaik.

Gorden Terbaik untuk Rumah Minimalis, Gorden Terbaik untuk Rumah Minimalis sederhana, model gorden cantik, Desain gorden minimalis
Gorden yang selaras dengan warna interior rumah minimalis- diminimalis.com

Gorden saat ini tidak hanya diambil fungsi dasarnya saja, namun sudah melebar ke sisi penunjang keindahan ruang. Dengan adanya gorden maka kami yakin, rumah minimalis Anda akan jauh lebih baik.

Memilih Gorden Terbaik untuk Rumah Minimalis

Tanpa harus panjang lebar sebetulnya Anda sudah tahu model gorden terbaik untuk rumah minimalis seperti apa yang Anda butuhkan. Hanya saja, dalam rangka mengingatkan Anda maka ulasan ini kami anggap penting.

Baiklah, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan saata akan menentukan gorden terbaik untuk rumah minimalis Anda. Sekaligus nanti akan dibahas model atau jenis gorden seperti apa yang cocok untuk dipasang di jendela rumah Anda.

Gorden Terbaik untuk Rumah Minimalis, Gorden Terbaik untuk Rumah Minimalis sederhana, model gorden cantik,jenis-jenis gorden, jenis jenis gorden, jenis model gorden

Gorden jenis tab gantung dengan bahan terbaik -diminimalis.com

 

Prinsip Umum Memilih Gorden Minimalis untuk Jendela Rumah Anda

Jendela atau pintu pada ruangan minimalis saat ini mempunyai bentuk yang bervariasi seiring dengan perkembangan industri desain interior. Ada yang membentuk kotak, kubah, ada pula yang dibuat oval.

Bervariasinya bentuk pintu atau jendela tersebut tentunya bertujuan untuk memperindah rumah secara keseluruhan. Nah, gorden sendiri dipakai untuk menambah keindahan jendela atau pintu tersebut. Oleh karenanya, para pakar desain rumah sangat menganjurkan untuk menambahkan gorden/tirai pada pintu maupun jendela rumah.

Adapun jenis gorden yang banyak diminati saat ini adalah model minimalis. Yakni, gorden dengan bentuk dan karakter sederhana tanpa banyak hiasan. Selain itu, gorden minimalis ini sangat diminati banyak orang lantaran harganya di pasaran yang cukup murah.

Perlu Anda ketahui bahwa gorden minimalis kebanyakan hanya bermain pada motif, warna, dan jenis bahan kainnya saja. Jadi, walaupun bentuk dan modelnya sederhana namun harganya bisa jadi bervariatif tergantung dari jenis bahan kain yang digunakan. Termasuk tergantung juga dari banyaknya gelombang/lipatan yang ada pada gorden minimalis tersebut.

Untuk jenis kain yang dipakai pada kebanyakan gorden minimalis dengan harga paling murah adalah dari kain lokal. Sementara yang paling mahal adalah jenis kain blackout yang merupakan kain import. Perbedaan dasar dari keuda jenis lokal dan blackout adalah: kain lokal memakai bahan yang tipis sehingga cahaya mudah tembus ke dalam ruangan. Untuk ukuran lebar kainnya sendiri sekitar 120 cm hingga 140 cm.

Sedangkan kain import jenis blackout mempunyai ketebalan kain yang lebih besar, sehingga cahaya matahari dan lampu interior ruangan tidak tembus. Untuk ukuran lebar kain import jenis blackout ini rata-rata sekitar 280 cm. Anda bisa memilih satu dari jenis-jenis gorden tadi, namun yang pasti sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget. Tidak perlu semua jendela diberi gorden dari jenis yang sama.

Baca juga:

Merawat Gorden Minimalis Semakin Mudah Dengan Tips Berikut

Tips Khusus Memilih Gorden Terbaik untuk Rumah Minimalis Anda

Baiklah, teman-teman sekalian, mungkin Anda penasaran bagaimana atau apa saja hal yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih gorden. Berikut ini akan kami bahas satu persatu.

1. Gunakan ukuran yang sesuai

Hal pertama yang harus Anda jadikan pathokan adalah soal ukuran. Pertimbangkan ukuran dengan bijak dan tepat. Ukuran gorden sebaiknya disesuaikan dengan panjang dan lebar jendela hingga ukuran detail. Gorden yang baik adalah gorden yang memiliki ukuran sedikit lebar sehingga dapat menutup jendela dengan sempurna. Jangan ngepres ukurannya ya!

2. Pertimbangkan bahan gorden

Kedua, setelah ukuran maka pertimbangkan bahan/material kain yang digunakan. Di atas sudah dijelaskan perbedaan kain lokal dan import. Pada intinya, pilihlah bahan yang tidak kaku namun tegas agar sesuai dengan rumah minimalis Anda.

Hindari memilih kain yang transparan dan kasar karena akan mengurangi fungsinya dalam menjaga privasi sekaligus membuat ruangan tampak panas. Hindari pula bahan yang berat agar mudah untuk digantung pada pengait. Untuk menentukan bahan kain yang dipakai bisa disesuaikan dengan budget yang Anda punya. Disarankan untuk tidak terlalu perhitungan dalam memilih gorden terbaik agar awet dan tahan lama.

3. Memilih desain gorden

Begitu banyak pilihan seperti bahan, warna, dan bentuk serta model gorden yang bisa kita pilih. Namun berikut ini adalah beberapa contoh jenis gorden yang cocok untuk digunakan pada rumah minimalis.

  • Triple Pleat Curtain (Gorden Tiga Lekuk)

Gorden jenis tiga lekuk ini disebut juga dengan French pleat curtains. Gorden ini memiliki tiga lekukan di bagian atas, lekukannya itu sendiri dijepit dibagian bawah sehingga bagian atasnya terlepas mekar seperti bunga.

Gorden model tiga lekuk ini lebih formal dan elegan dibandingkan dengan yang dua lekuk. Salah satu ciri yang membuatnya gampang dikenal adalah jika ditutup atau dilipat, maka lekukan-lekukan tersebut akan tetap terlihat mencolok keluar.

  • Gorden atau Tirai Tipis

Gorden jenis ini dibuat agar sebagian cahaya dari luar dapat masuk ke dalam ruangan tanpa harus membukanya. Seperti namanya, gorden ini biasanya amat tipis dan tembus pandang. Bahannya pun terbuat dari kain yang ringan dan semi-transparan. Gorden tipis sering dikombinasikan dengan tirai lain sebagai pelapis. Jadi, mana yang Anda pilih?

Semoga Anda segera mendapatkan gorden terbaik untuk rumah minimalis Anda ya. Sampai jumpa, semoga bermanfaat. (ls) editted by RN 14042020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.