Genteng rumah merupakan salah satu bagian penting yang wajib ada dalam sebuah rumah. Genteng memiliki peran yang sangat sehingga genteng rumah menjadi bagian yang wajib ada pada rumah.

Geteng rumah memiliki peran sebagai pelindung yang terletak dibagian paling atas pada sebuah rumah. Fungsi pelindung pada genteng adalah sebagai pelindung penghuni yang ada didalam rumah beserta isinya dari panas dan hujan serta cuaca di luar rumah.

Rumah yang dilengkapi dengan genteng diharapkan akan bisa memberikan kenyamanan bagi para penghuninya. Hal tersebut dikarenakan fungsi dasar dari genteng yaitu sebagai pelindung.

Jadi keluarga Anda akan terlindungi dari perubahan cuaca di luar rumah dan menjadikan keluarga Anda merasa lebih nyaman dan aman di dalam rumah. Nah, bagi Anda yang akan membangun rumah, jangan lupa untuk segera memilih jenis genteng yang cocok dan menurut Anda adalah genteng terbaik yang akan digunakan pada rumah Anda.

Bagi Anda yang masih bingung dalam menentukan jenis genteng yang bagus beserta dengan informasinya, berikut beberapa informasi terkait jenis-jenis genteng rumah yang dapat Anda gunakan pada rumah Anda.

1. Genteng rumah dari kaca

Pembahasan yang pertama adalah terkait genteng rumah yang terbuat dari kaca. Genteng kaca merupakan salah satu jenis genteng yang dapat dengan mudah Anda temukan. Masyarakat juga sudah banyak yang menggunakan genteng kaca.

Genten kaca menjadi salah satu gentang yang bagus diaplikasikan sebagai atap rumah. Genteng kaca biasanya digunakan sebagai genteng tambahan yang memiliki fungsi sebagai genteng transparan yang tembus cahaya, sehingga cahaya matahari dapat masuk kedalam ruangan.

Hal ini menjadikan ruangan dalam rumah Anda tidak menjadi ruang yang gelap di saat siang hari. Jadi genteng ini dapat Anda kombinasikan dengan jenis genteng lainnya yang tidak transparan.

7 Jenis Genteng Rumah yang Dapat Anda Gunakan 1
genteng rumah via sumberrejekigenteng.com

Dengan kata lain, genteng ini bisa berfungsi sebagai salah satu alternatif untuk pengaturan cahaya dalam ruangan. Terutama ruangan tertutup yang tidak memiliki jendela atau pintu yang langsung menuju luar ruangan.

Sehingga alternatif ini bisa membantu Anda untuk mendapatakan cahaya dalam ruangan di siang hari. Hal ini juga akan membantu Anda untuk tetap berhemat energi listrik karena di siang hari Anda tidak perlu menyalakan lampu.

Selain sebagai kombinasi, genteng kaca juga dapat Anda jadikan sebagai genteng utama di rumah Anda jika Anda menginginkannya. Jadi Anda bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Semoga informasi ini bisa menjadi salah satu bahan yang memberikan banyak kebermanfaatan untuk Anda semua. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan budget Anda jika Anda hendak membelinya.

2. Genteng rumah dari tanah liat

Pembahasan yang ke dua adalah genteng yang terbuat dari tanah liat. Jenis genteng ini merupakan genteng yang banyak digunakan di Indonesia. Jadi Anda dapat dengan mudah menemukannya.

Genteng tanah liat menjadi salah satu genteng yang pilihan masyarakat karena genteng tanah liat terkenal dengan daya tahannya yang lama walaupun genteng merupakan salah satu bagian rumah yang secara langsung berkaitan dengan perubahan cuaca.

7 Jenis Genteng Rumah yang Dapat Anda Gunakan 2
genteng rumah via i2.wp.com

Selain kuat, genteng tanah liat juga bisa memberikan kenyamanan bagi Anda dan keluarga karena walaupun cuaca diluar panas, namun genteng ini bisa melindungi Anda dari teriknya sinar matahari di siang hari.

Hal ini menjadi alasan kenapa orang Indonesia menjadikan genteng tanah liat sebagai genteng rumah mereka. Bagi Anda yang tertarik dengan jenis genteng ini, Anda dapat langsung membelinya pada pengrajin genteng terdekat yang ada di daerah sekitar rumah Anda.

Semoga rekomendasi ini bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan yang akan membantu Anda dalam menentukan jenis genteng terbaik untuk rumah hunian Anda. Jadi Anda bisa mendapatkan jenis genteng terbaik yang akan menjadi bagian dari rumah hunian Anda.

3. Genteng rumah dari beton

Pembahasan yang ke tiga adalah genteng yang terbuat dari beton. Genteng jenis ini merupakan genteng yang jarang digunakan oleh masyarakat. Salah satu faktornya mungkin dikarenakan genteng beton memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan genteng tanah liat.

Genteng beton merupakan genteng yang terbuat dari bahan air, pasir, semen, kapur mill dan fly ash. Jadi genteng beton memiliki sifat yang kuat karena dapat bertahan dalam waktu yang lama dari perubahan cuaca, baik panas maupun hujan serta polusi udara.

7 Jenis Genteng Rumah yang Dapat Anda Gunakan 3
genteng rumah via i2.wp.com

Janis genteng ini juga mampu memantulkan panas, jadi Anda bisa terlindungi dari panasnya sinar matahari. Sehingga genteng ini dapat memberikan kenyamanan bagi siapa saja yang berada di dalam rumah.

Selain itu, genteng beton juga merupakan genteng yang tahan karat. Jadi sangat cocok digunakan sebagai genteng karena genteng akan berhubungan langsung dengan matahari yang mampu menjadikan karat pada material yang berbahan dasar besi.

Sehingga Anda bisa memilih genteng beton ini sebagai genteng rumah Anda karena genteng beton tidak akan berkarat. Sehingga Anda dan keluarga tetap merasa nyaman di dalam rumah dalam jangka waktu yang lama.

Genteng benton juga dapat Anda cat dengan warna yang sesuai dengan keinginan Anda. Jadi Anda dapat menyesuaikan warna genteng sesuai dengan tema rumah yang Anda buat.

4. Genteng rumah metal atau logam

Pembahasan yang ke empat adalah genteng yang berasal dari bahan metal atau logam. Genteng metal merupakan genteng yang terbentuk dari bahan logam seprti zincalume, baja ringan dan galvanis.

Atap logam merupakan genteng yang terkenal sebagai genteng yang ringan. Genteng jenis ini sangat cocok digunakan pada rumah yang terletak pada daerah rawan gempa.

7 Jenis Genteng Rumah yang Dapat Anda Gunakan 4
genteng rumah via assets-a1.kompasiana.com

Jadi jika rumah Anda berada di daerah rawan gempat atau sering terjadi gempa, Anda dapat memilih jenis genteng ini sebagai genteng rumah Anda. Genteng ini juga dapat Anda gunakan pada bangunan lainnya, seperti sekolah atau bangunan lainnya.

Bagi Anda yang tertarik dengan jenis genteng ini, Anda dapat langsung memesannya ke penjual yang dekat dengan rumah Anda atau dapat juga memesannya secara online pada online store terpercaya.

5. Genteng rumah bitumen

Pembahasan selajutnya adalah genteng rumah bitumen. Jenis genteng ini merupakan genteng yang masih jarang orang mengetahuinya. Jadi masih sangat jarang yang menggunakannya.

Genteng bitumen dikenal dengan nama genteng aspal. Hal ini dikarenakan genteng bitumen terbuat dari bahan aspal dan material lainnya seperti pasir. Genteng ini banyak digunakan sebagai atap pada rumah-rumah modern.

7 Jenis Genteng Rumah yang Dapat Anda Gunakan 5
genteng rumah via blogpictures.99.co

Hal tersebut dikarenakan atap bitumen memiliki banyak keunggulan, seperti daya tahannya yang lama, tahan api, rayap dan jamur, juga menjadi salah satu peredam suara yang baik.

Jadi bagi Anda yang berada dalam rumah dengan atap bitumen tidak akan merasa berisik. Terutama jika diluar rumah merupakan daerah yang termasuk dalam daerah dengan polusi suara yang tinggi.

Sehingga penggunaan atap bitumen bisa menjadi salah satu alternatif pilihan yang tepat untuk rumah Anda agar Anda dan keluarga tetap merasa nyaman berada di dalam rumah hunian.

6. Genteng rumah asbes

Pembahasan rekomendasi genteng rumah yang selanjutnya adalah genteng asbes. Genteng jenis ini sangat mudah ditemukan, karena atap asbes juga termasuk jenis yang banyak diguankan oleh masyarakat.

Jadi Anda dapat membelinya dengan mudah di toko bangunan terdekat atau dapat juga membelinya melalui online store terpercaya yang tidak akan mengecewakan Anda.

7 Jenis Genteng Rumah yang Dapat Anda Gunakan 6
genteng rumah via cdn-cms.pgimgs.com

Genteng asbes dikenal juga dengan nama fiber semen. Asbes banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia dikarenakan harganya yang murah. Selain itu, asbes biasanya berbentuk lembaran.

Hal ini yang menjadikan genteng asbes sangat mudah dipasang. Asbes memiliki ukuran yang bervariasi jadi Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, asbes juga termasuk atap rumah yang tahan terhadap cuaca serta sulit dimakan rayap. Jadi Anda bisa merasa lebih nyaman berada di dalam rumah hunian.

7. Genteng rumah keramik

Pembahasan yang terakhir adalah genteng keramik. Janis genteng ini merupakan genteng yang pada dasarnya sama dengan genteng tanah liat. Karena keduanya terbuat dari tanah liat.

Namun, genteng keramik diolah dan diproses secara modern sehingga genten keramik lebih menarik dari pada genteng tanah liat biasanya. Selain itu, genteng keramik yang sudah jadi akan terlihat lebih rapi dan mewah dibanding genteng tanah liat.

7 Jenis Genteng Rumah yang Dapat Anda Gunakan 7
genteng rumah via housingestate.id

Genteng keramik memiliki kelebihan sama dengan genteng tanah liat. Jadi Anda bisa memilih apakah akan menggunakan genteng keramik atau genteng tanah liat biasa yang diproses secara tradisional.

Namun, genteng keramik tidak cocok jika Anda gunakan sebagai atap pada rumah minimalis. Jadi jika Anda memiliki rumah minimalis akan lebih bagus jika Anda menggunakan genteng biasa.

Genteng keramik memiliki hasil yang lebih mengkilat dibandingkan dengan genteng tanah liat biasa. Hal ini menjadikan genteng keramik terlihat lebih mewah dari pada genteng pada umumnya.

Bagi Anda yang tertarik dengan genteng ini, Anda dapat membelinya di pengrajin genteng terdekat atau dapat juga memesannya secara online pada online store terpercaya.

Jadi Anda akan lebih mudah dan leluasa dalam memilih genteng keramik dan Anda juga biasanya bisa memilih warna genteng sesuai dengan keinginan Anda. Sehingga Anda bisa mendapatkan genteng yang sesuai dengan kebutuhan serta keinginan Anda.

Genteng keramik sebenarnya sudah banyak yang menjualnya, namun masih jarang rumah yang menggunakan genteng jenis ini sebagai atap rumahnya yang akan melindungi dari perubahan cuaca di luar rumah.

Semoga dengan adanya jenis genteng ini, Anda bisa menemukan jenis-jenis genteng yang menurut Anda adalah genteng terbaik yang akan menjadi salah satu bagian rumah yang penting.

Semua jenis genteng di atas merupakan jenis genteng yang banyak digunakan oleh masyarakat sebagai genteng untuk rumah mereka. Jadi jika Anda tertarik untuk menggunakan salah satu atau beberapa jenis genteg tersebut, Anda dapat langsung membelinya di toko terdekat.

Selain itu, Anda dapat juga membelinya secara online di online store terpercaya. Jadi jika Anda ingin membelinya di toko online, Anda perlu memastikan bahwa toko tersebut adalah toko yang terpercaya, sehingga Anda tidak menyesal pada akhirnya.

Pastikan Anda memilih jenis genteng sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Sehingga genteng dapat berfungsi secara maksimal dan optimal sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

Bagi Anda yang masih bingung, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda dengan kondisi keuangan Anda. Jadi Anda tidak akan mendapatkan masalah keuangan setelah memutuskan membeli genteng tersebut.

Semoga informasi di atas memberikan banyak kebermanfaatan untuk Anda semua. Sehingga Anda bisa memiliki genteng rumah yang dapat memberikan kenyamanan untuk Anda dan keluarga. (fy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *