Genteng rumah Joglo merupakan salah satu bagian pada rumah berkonsep Joglo yang sangat terkenal dan menjadi salah satu bagian yang unik sekaligus jadi icon rumah Joglo itu sendiri. Joglo merupakan salah satu rumah tradisional yang unik dan termasuk yang masih banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Sehingga, Anda dapat dengan mudah menemukannya.

Anda bisa menjumpainya baik secara langsung di daerah Jawa atau dapat juga melihatnya melalui internet. Rumah adat yang satu ini menjadi salah satu warisan yang memberikan sumbangsing pada daftar kekayaan budaya Indonesia.

Bagi Anda yang penasaran terkait keunikan rumah adat Joglo terutama dengan gentengnya yang begitu unik. Berikut informasinya untuk Anda semua.

Pengertian Rumah Joglo

Rumah Joglo merupakan salah satu rumah adat salah satu suku yang ada di Indonesia, yaitu Jawa. Rumah ini juga dapat ditemui dibeberapa daerah sekitar Jawa, seperti Madura dan Bali.

Rumah adat Joglo ini menjadi salah satu icon rumah adat yang sangat terkenal dengan kekhasannya. Rumah adat ini memiliki banyak kekhasan pada beberapa bagian rumahnya. Hal ini dapat juga dilihat dari model atau desain rumah Joglo pada umumnya.

Genteng Rumah Joglo sebagai Salah Satu Ciri Khas Rumah Adat Jawa 1
genteng rumah joglo via i1.wp.com

Bagi Anda yang suka dengan model atau desain rumah Joglo, Anda bisa menjadikannya sebagai hunian nyaman Anda dan keluarga. Dengan begitu, Anda sekaligus berperan dalam menjaga kekayaan budaya Indonesia.

Bagian rumah joglo

Rumah adat Jawa yang terkenal dengan kekhasan desainnya ini, juga memiliki bagian-bagian rumah yang unik. Rumah ada jawa terdiri dari dua bagian yang biasanya digunakan, yaitu bagian rumah induk dan rumah tambahan.
Nah, khusus untuk rumah induk, ada beberapa bagian yang menjadi icon dalam rumah Joglo, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pendopo

Pendopo meruapakan salah satu ruangan yang ada di rumah joglo, yang digunakan sebagai tempat untuk berkumpul. Jadi pendopo biasanya memiliki ukuran yang lebih luas.

Jadi pendopo bisa menjadi tempat yang digunakan untuk berkumpul orang banyak. Ruangan ini sangat penting, jika Anda merupakan orang yang sering melakukan perkumpulan dengan orang lain.

Bagi Anda yang tertarik dengan pendopo Anda juga bisa menambahkannya pada rumah Anda walaupun rumah Anda bukan termasuk rumah Joglo. Karena pendopo bisa Anda buat dimanapun sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Pendopo bisa digunakan oleh siapa saja, baik anggota keluarga dalam rumah ataupun orang lain yang diijinkan untuk mengikuti perkumpulan di dalam pendopo tersebut.

Jadi pendopo ini memiliki sifat terbuka untuk semua orang. Selain itu juga didukung dengan desain pendopo yang merupakan ruangan terbuka. Jadi siapa saja bisa melihat dan dapat mendapatkan akses untuk ke pendopo.

2. Pringgitan

Pringgitan merupakan sebuah ruangan yang menghubungkan antara pendopo dengan rumah bagian dalam. Jadi ruangan ini berada menghadap pendopo dan menjadi akses menuju ke omah dalem. Jadi jika Anda hendak menunju omah dalem, Anda akan melalui bagain pringgitan ini.

Bagi Anda yang penasaran dengan bagian in, Anda dapat langsung mengunjungi rumah joglo, atau dapat pula mencarinya di internet, sehingga dapat menambah pengetahuan Anda.

3. Emperan

Emperan disebut juga sebagai teras rumah. Emperan digunakan sebagai ruangan yang bisa untuk menerima tamu. Ruangan ini biasanya memiliki kursi dan bangu sebagai tempat menerima tamu atau hanya sekedar duduk-duduk saja.

Emperan rumah juga terdapat pada rumah lainnya, tidak hanya berada pada rumah joglo saja. Emperan atau teras rumah banyak digunakan juga pada rumah moderen.

Jadi Anda dapat dengan mudah menemukan bagian emper atau teras rumah dengan berbagai desain yang unik, menarik dan bisa menjadi salah satu inspirasi Anda dalam membuat teras rumah Anda.

Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki teras rumah, Anda bisa mencari referensi desain atau model teras rumah. Dengan demikian Anda tidak merasa kesusahan atau bingung dalam menentukan desain teras rumah idaman Anda.

4. Omah dalem

Omah dalem biasanya disebut sebagai omah mburi. Istilah omah dalam bahasa Jawa biasanya juga diartikan sebagai satu kesatuan unit rumah. Jadi Anda tidak perlu bingung jika orang Jawa mengatakan omah pada satu kesatuan sebuah rumah.

5. Senthong-kiwa dan senthong tengen

Merupakan salah satu ruangan yang memiliki fungsi yang sama. Biasanya senthong kiwa dan senthong tengen digunakan sebagai bagian yang terdiri dari kamar tidur, gudang atau tempat penyimpanan persediaan makanan, dan lainnya.

Jadi bagi Anda yang hendak mencari kamar dalam rumah joglo, Anda dapat menemukannya di dalam bagian senthong kiwa atau senthong tengen. Dengan demikian Anda tidak bingung dan mempermudah Anda dalam menemukan ruangan yang dituju.

6.Senthong tengah

Sedangkan senthong tengah adalah ruangan yang berada di tengah dan di dalam rumah. Ruangan ini digunakan sebagai ruangan penyiman harta oleh pemilih rumah.

Contohnya seperti barang-barang berhaga, keris dan dainnya. Jadi jika Anda memiliki banyak harta Anda dapat menyimpannya pada ruangan ini. Karena posisinya berada di tengah, maka hal inilah yang meyakinkan pemilik bahwa ruangan tersebut merupakan ruangan yang paling aman.

7. Gandhok

Gandhok merupakan bagain tambahan yang mengintari sisi belakang banguan rumah Joglo. Selain itu juga bisa sebagai tambahan pada bagian samping bangunan inti.

Jadi bagunan rumah joglo memiliki tambahan bagian yang bisa untuk berteduh atau juga bisa menjadi salah satu akses jalan. Bagi Anda yang tertarik dengan bagian ini, Anda dapat juga menambahkannya pada rumah hunian Anda.

Desain Genteng Rumah Joglo

Salah satu bagian yang sangat jelas dan bisa dilihat semua orang pada rumah Joglo adalah bagain genteng. Bagian ini menjadi salah satu ciri khas dari rumah Joglo dan menjadi icon yang merupakan pembeda dari rumah adat lainnya.

Bagi Anda yang tinggal di daerah Jawa, pasti sudah sering menemui rumah joglo dengan model genteng yang khas. Namun bagi Anda yang tidak tinggal di Jawa, mungkin belum pernah melihatnya.

Genteng Rumah Joglo sebagai Salah Satu Ciri Khas Rumah Adat Jawa 2
genteng rumah joglo via 1.bp.blogspot.com

Oleh karena itu, genteng rumah Joglo dapat Anda lihat dan perhatikan dalam artikel ini. Dengan demikian dapat menambah pegetahuan Anda terkait genteng rumah Joglo.

Genteng rumah joglo pada dasarnya terkenal dengan rumah yang menjadi pelindung rumah adat dengan gaya tradisionalnya. Namun, kini hadir inovasi rumah joglo dengan gaya modern.

Sehingga genteng rumah joglo juga dapat Anda temukan pada rumah modern. Kombinasi antara rumah adat yang dipadupadankan dengan gaya modern. Sehingga menghasilkan kaya yang begitu indah.

Bagi Anda yang masih penasaran dengan kedua model rumah adat ini, berikut gambarannya untuk Anda. Sehingga Anda memiliki gambaran yang jelas dan semoga bisa menjadi inspirasi untuk Anda semua.

1. Genteng rumah Joglo tradisional

Rumah Joglo tradisional pada dasarnya menggunakan genteng seperti pada rumah umumnya, hanya saja genteng disusun dengan desain khas rumah Joglo. Jika Anda belum mengetahuinya, berikut ada contoh model genteng rumah Joglo yang bisa menambah pengetahuan Anda.

Model genteng rumah jogjo pada umumnya sama saja, yang membedakan hanya bangunan rumah yang terlihat jelas berbeda dengan rumah masa kini. Rumah tradisional biasanya dibuat dari bahan-bahan yang berasal dari alam.

Genteng Rumah Joglo sebagai Salah Satu Ciri Khas Rumah Adat Jawa 3
genteng rumah joglo via upload.wikipedia.org

Bahan-bahan tersebut menjadi salah satu keunikan rumah tradisional dari jaman dahulu. Rumah tradisional biasanya menggunakan bahan kayu sebagai bahan utamanya.

Selain itu, rumah tradisional Joglo juga dilengkapi dengan berbagai ukiran pada kayunya. Sehingga menjadi rumah yang unik dan lebih menarik serta estetik karena memilki nilai seni yang tinggi.

Memadupadankan rumah tradisonal dengan genteng pada rumah Joglo juga menjadi satu kesatuan yang utuh sehingga rumah Joglo terlihat lebih sempurna dan Indah.

Dengan demikian diharapkan akan memberikan kenyamanan bagi para penghuni didalamnya. Selain itu, juga diharapkan bisa menjadi salah satu inspirasi untuk Anda dalam membuat rumah hunian yang nyaman bagi keluarga.

2. Genteng rumah Joglo moderen

Pembahasan yang terakhir adalah terkait genteng rumah Joglo moderen. Rumah joglo modern kini hadir dengan menggunakan bahan bangunan yang lebih kekinian.

Rumah joglo modern hadir dengan menggunakan bahan semen dan dengan desain yang lebih kekinian. Namun, tetap menggunakan konsep dan desain penempatan genteng seperti rumah Joglo tradisional.

Genteng Rumah Joglo sebagai Salah Satu Ciri Khas Rumah Adat Jawa 4
genteng rumah joglo via picture.urbanindo.com

Jadi genteng rumah joglo bisa menjadi salah satu icon yang unik dan tidak tergantikan. Karena desain penataan genteng rumah joglo sangat berbeda dengan rumah adat lainnya.

Rumah modern dengan menggunakan desain genteng rumah Joglo menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda pilih ketika Anda hendak membangun rumah idaman.

Rumah modern yang tetap menjunjung konsep adat ini diharapkan akan menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap rumah adatnya. Sehingga rumah adat tetap menjadi salah satu warisan budaya yang tetap lestari dan dapat dengan mudah ditemukan.

Bagi Anda yang tertarik dengan konsep rumah adat modern ini, Anda dapat segera menjadikan contoh ini sebagai inspirasi dan sumber utama dalam merealisasikan rumah adat impian.

Hal ini diharapkan akan menjadikan Anda dan keluarga merasa lebih nyaman dan aman di dalam rumah. Selain itu, diharapkan juga akan menjadi hunian yang dapat menginspirasi orang lain.

Hal terpenting lainnya adalah model rumah apapun yang Anda pilih, Anda sebaiknya tetap menjaga kesehatan dan kebersihan dalam rumah. Jadi rumah Anda akan tetap memberikan kenyamanan untuk semua yang ada didalamnya.

Demikian informasi terkain rumah joglo dan bagiannya yang menjadikan rumah ini unik dan berbeda, yaitu bagian genteng rumah Joglo. Semoga informasi di atas dapat memberikan banyak kebermanfaatan untuk Anda semua.

Salah satunya adalah dapat memberikan informasi yang penting untuk Anda semua sehingga dapat membantu Anda dalam mengambil sebuah keputusan atau hanya untuk sekedar informasi tambahan yang dapat Anda gunakan sebagai bahan pengetahuan semata.

Bagi Anda yang tertarik dengan model rumah joglo, Anda dapat juga menjadikan informasi di atas sebagai sumber pengetahuan yang penting juga dapat pula sebagai sumber inspirasi untuk Anda semua.

Nah, untuk Anda yang sudah memiliki rumah joglo, jangan lupa untuk selalu rajin merawat dan membersihkannya. Karena rumah joglo juga harus dirawat setiap saat, agar keberadaannya memberikan kenyamanan untuk Anda semua.

Dengan demikian, diharapkan akan membuat Anda merasa menjadi lebih nyaman dan aman berada didalam rumah joglo idaman Anda. Selain itu juga bisa menjadi rumah tinggal yang dapat memberikan kebahagiaan untuk Anda dan keluarga. (fy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *