10 Furniture Multifungsi yang Cocok ada di Rumah Minimalis Anda

Disadari atau tidak, keberadaan furniture multifungsi dalam sebuah ruangan memiliki pengaruh yang besar dari sisi kenyamanan dan estetika. Bisa dilihat misalnya ketika furniture multingsi melekat pada sebuah benda yang seharusnya du atau lebih menjadi satu. Selain menghemat area penempatan, secara estetis juga lebih simpel dan cantik.

Mungkin anda bertanya, apakah semua ruanagn dalam rumah cocok mengadopsi furniture multifungsi? Jawaban kami; iya. Ruangan apapun dari mulai ruang tamu hingga kamar mandi dan ruang makan tetap coccok mengusung furniture multifungsi. Sebab, pada dasarnya furnture ini adalah untuk mempermudah pemanfaatan ruangan untuk berbagai aktivitas di dalamnya.

Mencari Referensi Furniture Multifungsi yang Bisa Diadopsi

Mengeksplorasi ide/konsep penataan furniture pada rumah minimalis memang tidak ada habisnya. Apalagi, jika Anda ingin memaksimalkan kreativitas untuk membuat dekorasi di ruang yang tidak terlalu besar. Maka, salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah dengan memilih furniture multifungsi yang mampu menyatukan dua atau lebih benda menjadi satu.

Bagi Anda yang ingin memiliki rumah minimalis dengan furniture multifungsi, Anda bisa menganalisis beberapa jenis perabotan umum yang bisa dipilih. Dalam artikel ini, sudah kami rangkum 10 aneka furniture rumah minimalis yang bisa Anda masukkan dalam daftar belanja. Pilih salah satu atau beberapa diantaranya dan wujudkan rumah minimalis impian versi Anda.

Furniture Multifungsi, jual furniture multifungsi, cara membuat furniture multifungsi, furniture minimalis serbaguna furniture multifungsi, beli furniture multifungsi, perabotan rumah multifungsi, meja makan multifungsi, furniture unik untuk rumah kecil, desain kamar tidur multifungsi
Ada berbagai jenis furniture multifungsi yang cocok ditempatkan di rumah minimalis Anda – Dimnimalis.com

Rekomendasi 10 Jenis Furniture Multifungsi yang Populer

Dari list di bawah ini yang akan kami uraikan mungkin sebagian besar sudah tidak asing lagi untuk Anda. Beberapa diantaranya bahkan mungkin sudah ada di ruangan rumah Anda. jadi, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan saja mana yang perlu jadi tambahan:

1. Pintu model geser

kegunaan pintu geser, fungsi pintu geser, manfaat pintu geser
Pintu geser yang dapat mengefisienakan ruang – diminimalis.com

Pintu geser jadi salah satu rekomnendasi furniture yang bisa diadopsi. Ada banyak manfaat pintu geser untuk rumah minimalis Anda.  Mengapa pintu geser masuk kategori multifungsi?

Terinspirasi dengan model rumah di Jepang, pintu geser yang bisa dibuka dan dilepas pasang dengan mudah menjadikan suatu ruangan memiliki sekat dan berfungsi sekaligus sebagai dinding. Anda pun bisa memilih beberapa jenis pintu geser sesuai bahan yang pas.

Untuk rumah dengan konsep minimalis, pintu geser dari kaca bisa menjadi pilihan. Jika ingin terlihat lebih alami, model pintu Jepang dari kayu pun bisa menjadi alternatif lain.

Baca juga: Kegunaan Pintu Geser untuk Rumah Minimalis Anda

2. Sofa lipat

Sofa lipat bukanlah hal yang baru lagi dalam dunia desain dan interior. Inovasi ini dibuat untuk memenuhi mimpi sebagian orang yang ingin memiliki kasur besar dan sofa untuk menonton tv di ruang tamu, namun tidak perlu memakan tempat.

Anda hanya perlu memilih jenis sofa lipat sesuai dengan ukuran ruang tamu. Jangan lupa, pilihlah warna sofa lipat yang tepat agar menyatu dengan warna dinding ruangan.

3. Meja lipat

Rumah minimalis pastinya cocok dengan dapur minimalis. Untuk mengakali ruang makan yang kecil, Anda bisa menggunakan meja yang bisa dilipat ke bawah, sehingga ketika ada anggota keluarga atau teman yang dapat untuk makan malam bersama, lipatan meja yang dibawah bisa diatur untuk tambahan meja makan untuk tamu.
Anda juga bisa mengakali dengan menaruh bangku tanpa sandaran punggung sebanyak 1 atau dua di bawah meja makan tersebut. Dengan demikian, Anda tak membutuhkan tambahan ruang untuk tempat makan.

4. Rak dinding geser

Rumah minimalis biasanya memiliki ukuran kamar yang lebih kecil. Rak dinding geser adalah rak yang diletakan di sela-sela dinding dengan model pintu seperti lemari namun dengan cara digeser. Biasanya diletakkan di dalam kamar utama untuk menaruh pakaian atau barang berharga lainnya.

5. Dinding rak

Apa bedanya dinding rak dengan yang rak dinding geser? Jika rak dinding geser menyatu dengan dinding itu sendiri, sedangkan dinding rak bentuknya adalah dinding yang ditempeli banyak rak, tanpa adanya penutup yang sekaligus berfungsi sebagai tempat menyimpan beberapa barang.

Pernah lihat perpustakaan modern yang rak bukunya tertempel di dinding? Ya kurang lebih seperti itu bentuknya. Hal ini berfungsi untuk bisa memuat lebih banyak barang tanpa boros tempat.

6. Box bayi plus rak lemari

Kebutuhan bayi biasanya memang belum begitu banyak daripada ketika sudah menginjak anak sekolah dan dewasa. Biasanya hanya perlu disiapkan keranjang bayi, lemari pakaian, dan rak mainan.

Akan tetapi, akan lebih efisien lagi apabila di bawah ranjang dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan mainan dengan beberapa rak, dan di satu sisi ranjang baik depan atau belakang dilengkapi dengan semacam lemari kecil untuk menyimpan pakaian bayi. Anda pun tidak perlu repot-repot berpindah tempat untuk mengganti popok bayi Anda.

7. Bangku box

Bangku ini sekilas terlihat seperti bangku tanpa sandaran pada umumnya. Apa yang membuat bangku box menjadi unik dan serbaguna? Letaknya ada di kelima sisi kanan, kiri, depan, belakang, dan bawah juga tertutup karena bentuknya seperti kubus.

Karena itulah bangku tersebut menciptakan sebuah ruang kosong. Ruang kosong tersebut bisa digunakan untuk menyimpan mainan anak-anak. Tinggal menambahkan engsel dan knop kecil di salah satu sisinya.

8. Ranjang plus rak pakaian

Banyak ahli interior yang memikirkan bagaimana caranya mengubah kamar tidur yang sempit menjadi lapang tanpa harus ada satu benda wajib di kamar yang dikorbankan, seperti lemari baju. Hingga akhirnya banyak yang mendesain ranjang kasur dengan rak baju di bawahnya.

Ada yang tetap membatasi lebar dan tinggi rak dengan sisa kaki ranjang dan ada juga yang benar-benar hingga bawah menutup permukaan.

9. Tempat tidur sekaligus ruang kerja/ruang belajar

ruang belajar nyaman, ruang belajar yang nyaman, desain ruang belajar anak
Tempat tidur plus ruang kerja – diminimalis.com

Jenis interior yang satu ini mungkin adalah yang paling dicari oleh para penghuni rumah minimalis. Dengan desain unik dalam satu tampilan, tapi ada dua fungsi yang ditawarkan.

Diambil dari ide ranjang susun, pada bagian atas dijadikan sebagai tempat tidur dan bagian bawah digunakan sebagai ruang belajar atau ruang kerja lengkap dengan rak-rak buku yang tersusun sangat detail, tangga, gantungan baju dan beberapa rak untuk baju. Anda hanya perlu menambahkan kursi saja.

10. Rak di bawah tangga

Mempunyai rumah minimalis adalah kesempatan Anda untuk memanfaatkan semua ruang kosong tanpa terkecuali sela-sela bawah tangga. Konsultasikan dengan desainer interior Anda untuk mengakali bagaimana cara membuat tumpukan rak di bawah susunan tangga.

Beberapa furniture ayng ada dalam daftar tersebut sangat mudah untuk ditemukan. Bahkan ada jasa khusus pembuatannya yang jika Anda mau bisa dipekerjakan untuk membuat furniture multifungsi model kustom. Percayalah hasilnya akan lebih maksimal.

Kesimpulannya, rumah minimalis sudah semakin banyak diminati oleh masyarakat sebab tidak membutuhkan lahan banyak dan cocok ditinggali oleh keluarga kecil. Selanjutnya, dengan memilih furniture multifungsi yang tepat, rumah minimalis meskipun kecil akan tetap nyaman dan estetis.(us) editted by RN25072020


Comment