Mengusung Furniture Kompak untuk Mengisi Ruangan Mungil

Setiap ruangan yang ada pada rumah minimalis, biasanya memerlukan berbagai penyesuaian yang detail terkait penataannya. Salah satu hal yang berkaitan dengan hal tersebut adalah penataan furniture-nya yang harus disesuaikan dengan ukuran ruangan. Meski kebanyakan orang menganggap ini sebagai kendala, namun sebenarnya hanya dengan mengusung furniture kompak saja sebenarnya sudah teratasi.

Tidak perlu memasukkan terlalu banyak perabot, cukup satu set furniture kompak sudah cukup untuk membuat ruangan jadi bagus meski mungil. Namun begitu, tidak semua orang pandai dalam mensiasati penambahan furniture. Ada yang bingung antara apakah akan membeli satu set furniture kompak tersebut atau bisa dengan memoles yang sudah ada.

Anda akan menemukan jawabannya nanti. Termasuk saran ide dalam mengkombinasikan furniture tersebut dengan warna dinding ruangan atau perabot lainnya. Jadi, mari kita lihat apa saja yang bisa Anda dapatkan dari mengadopsi desain furniture kompak ini.

Menambahkan Furniture Kompak pada Sebuah Ruangan, Apakah Worth it?

Memiliki rumah minimalis bagi sebagian orang merupakan salah satu kendala yang dialami ketika bicara soal penataan sebuah ruangan. Ukuran ruangan yang serba mungil sering jadi hambatan saat akan menambahkan furniture ke dalamnya. Maka, solusinya sebenarnya mudah yaitu dengan membatasi jumlah perabot yang masuk dan hanya memasukkan jenis furniture kompak saja.

Penggunaan jenis furniture kompak dengan design yang unik dan modern menjadi salah satu pilihan yang cukup baik. Sebab furniture jenis ini memiliki fungsi yang cukup banyak karena tidak mengorbankan desain awal.

Furniture multifungsi semacam ini sering sekali cocok untuk jenis bangunan yang menggunakan tipe dan jenis vertikal. Meski bukan berarti rumah minimalis satu lantai tidak cocok. Asal Anda bisa mengkolaborasikan furniture dengan kondisi ruangan yang ada, hasilnya akan tetap bagus. Jadi, apakah worth it mengadopsi furniture kompak? Tergantung hasil akhirnya.

 furniture kompak, teras belakang rumah, teras belakang rumah type 36, gambar teras belakang rumah sederhana, teras belakang rumah mewah, membangun nuansa etnik di teras belakang rumah, teras belakang rumah minimalis modern, dapur belakang rumah, desain taman belakang rumah sederhana, membangun sisa tanah belakang rumah
Furniture kompak pada sebuah interior – Diminimalis.com

Rekomendasi Jenis Furniture Kompak Multifungsi yang Bisa Anda Adopsi

Menata sebuah rumah tentu saja tidak cukup hanya dengan mengandalkan furniture saja. Sebab mesti ada hal lain yang perlu dipertimbangkan seperti pemilihan barang hingga penempatannya.

Terlebih lagi jika rumah Anda model bertingkat yang sekarang ini banyak diminati. Tipe bangunan semacam ini harus disiasati dengan cerdas supaya setiap sudut rumah termanfaatkan dengan baik. Dengan kata lain, semua furniture yang dimasukkan tidak mengurangi ruang gerak penghuninya.

Lantas furniture kompak seperti apa yang layak digunakan? Berikut beberapa rekomendasinya:

• Set meja bundar dan kursi melingkar

furniture mebel jepara, mebel jepara murah, mebel jepara minimalis, mebel jepara terbaru, katalog mebel jepara, daftar harga mebel jepara, furniture jepara minimalis, furniture jati jepara asli, harga mebel jepara minimalis
Meja bundar dari jati Jepara yang cantik- Diminimalis.com

Meja bundar dengan desain yang cantik mampu mendukung penampilan rumah menjadi lebih menarik namun tidak mengorbankan space. Meja bundar tentu cocoknya dipasangkan dengan kursi yang melingkar, sehingga tidak memakan tempat yang terlalu luas. Selain dapat mempercantik ruangan, model meja bundar semacam ini tetap bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Untuk lokasi penempatannya bebas. Bisa di ruang keluarga atau pun ruang makan. Namun rekomendasi dari kami cari ruangan yang outdoor agar lebih terekspos keindahannya.

• Tempat tidur multifungsi

Ranjang multifungsi merupakan sebuah solusi cerdas untuk menghemat ruangan di dalam kamar tidur. Anda bisa memanfaatkan bagian bawah tempat tidur tersebut sekaligus sebagai ruang penyimpanan seperti loker mini. Yang mana ini bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan berkas atau atau pakaian dan benda-benda penting lainnya.

• Kitchen set fungsi ganda, area masak dan meja makan

Model furniture seperti ini sangat cocok jika Anda sama sekali tidak memiliki ruangan dapur yang cukup luas untuk menempatkan meja makan dan kitchen set sekaligus. Desain kitchen set yang sekaligus dengan meja dan kursi akan sangat membantu menghemat ruang tanpa menambah jumlah perabot.

Ketika Anda sedang memasak atau ingin menyimpan peralatan dapur, meja makan dan kursinya tadi bisa disembunyikan untuk menghemat ruangan. Baru ketika akan makan, Anda bisa membuka meja dan kursi makan yang tersembunyi tadi dan menggunakannya seperti biasa.

• Lemari buku sekaligus meja kerja

Jenis furniture semacam ini sangat cocok untuk Anda yang lebih banyak menghabiskan waktu bekerja dari rumah. Ketika Anda tidak menggunakannya untuk bekerja, lemari buku ini bisa dilipat dan berfungsi hanya sebagai tempat penyimpanan buku dan berbagai barang lainnya yang Anda miliki.

Manakala Anda hendak menggunakannya untuk bekerja, Anda bisa membuka furniture tersebut dan memfungsikannya seperti biasa. Bisa dimanfaatkan untuk digunakan sebagai meja laptop atau meletakkan alat tulis.

• Sofa sekaligus media penyimpanan

Memiliki sebuah sofa yang multifungsi dapat membuat ruangan jadi berfungsi lebih baik. Selain bisa berfungsi sebagai sofa, di bagian bawahnya Anda bisa memanfaatkannya untuk media penyimpanan mainan anak atau apapun yang memungkinkan diletakkan di kolong sofa. Anda juga bisa pilih jenis sofa bed minimalis sehingga bisa berfungsi juga sebagai tempat tiduran saat tidak ada tamu.

• Pembatas ruangan sekaligus sebagai rak buku atau pajangan

Sekat ruangan rumah minimalis
Rak buku yang bisa dibuat menjadi partisi – Diminimalis.com

Apabila Anda ingin memiliki sebuah pembatas ruangan, maka Anda bisa gunakan model partisi rumah yang sekaligus berfungsi sebagai rak buku atau pajangan. Sebab selain berfungsi sebagai rak pajangan, model partisi semacam ini mampu membedakan antara ruangan satu dengan yang lainnya. Selain itu, akan sekaligus membuat ruangan jadi lebih indah.

Tips Membuat Ruangan Jadi Terkesan Lebih Luas

Gunakan teknik efek visual untuk membuat kesan visualisasi pada ruangan Anda lebih luas. Teknik visual ini cukup efektif untuk mengatasi kesan sempit pada sebuah ruangan.

Misalnya Anda bisa aplikasikan karpet dengan motif yang berbeda untuk membuat ruangan menjadi lebih indah dan bersih. Anda juga bisa gunakan efek visual lainnya yang menolong penampakan ruangan yang Anda miliki menjadi lebih luas namun tidak kehilangan fungsinya.

Berbagai teknik mensiasati ruangan sempit pada dasarnya bisa Anda aplikasikan pada ruangan manapun. Misalnya penggunaan dan pemilihan warna cat dinding atau pemberian wallpaper untuk memberikan kesan luas dan nyaman. Anda bisa aplikasikan beberapa teknik pewarnaan dan sekaligus teknik pencahayaan yang akurat, supaya ruangan menjadi lebih luas dari kelihatannya.

Memilih menggunakan furniture kompak untuk mensiasati sebuah ruangan yang sempit menjadi pilihan yang lebih bijaksana. Sebab Anda tidak akan perlu mengorbankan fungsinya hanya untuk mendapatkan kesan ruangan yang lebih luas. (an) editted by RN18082020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.