Furniture Kayu Bekas dan Cara Merawatnya Agar Tetap Awet

limbah kayu yang dikreasikan menjadi meja yang cantik - diminimalis.com

Furniture kayu bekas merupakan inovasi perabotan yang dibuat dari bahan kayu yang sudah tidak terpakai, namun bisa dibuat dengan sangat unik dan menarik. Beberapa jenis kayu yang sering digunakan sebagai bahan material bangunan antara lain, kayu jati, ulin, merbau, bintangur, mahoni, pinus, sonokeling dan sengon. Dari sekian banyak jenis kayu tersebut hanya beberapa kayu yang limbahnya banyak dikenal dan dimanfaatkan sebagai material pembuatan furniture, antara lain kayu jati, kayu sonokeling, dan kayu mahoni.

Furniture Kayu Bekas, Furniture Kayu Bekas palet, kursi dari kayu bekas, Aneka Furniture Rumah Minimalis, Furniture Rumah Minimalis murah, Furniture Rumah Minimalis modern, , furniture limbah kayu, furniture dari limbah kayu, furniture dari kayu bekas
limbah kayu yang dikreasikan menjadi meja yang cantik – diminimalis.comlimbah kayu

Furniture Kayu Bekas dan Cara Merawatnya

Keawetan kayu berhubungan erat dengan pemakaiannya. Kayu dikatakan awet jika memiliki umur pakai lama. Kayu dikatakan berumur pakai lama bila mampu menahan bermacam-macam faktor perusak kayu, seperti suhu udara, air, pukulan, gesekan, jamur dan serangga perusak kayu.

Maka, merawat furniture kayu merupakan aktifitas yang harus dilakukan secara rutin. Berbeda dengan furniture sintetis, kayu merupakan bahan alam yang bisa berubah karena kondisi lingkungan sekitarnya. Terkena sinar matahari berlebih dapat membuat furniture kayu menjadi kusam, selain itu juga dapat membuat kayu menjadi melengkung dan retak.

Kita yang hanya mengenal dua musim sepanjang tahun, harus paham dengan efek iklim terhadap furniture kayu yang kita miliki. Musim panas dengan udara yang kering, bisa membuat furniture kayu menjadi lapuk dan pecah. Sedangkan di musim hujan, kayu mudah menjadi lembab dan mengalami oksidasi. Kondisi ini akan membuat kayu mudah digerogoti rayap.

merawat furniture kayu, perawatan furniture kayu, cara merawat furniture kayu, tips merawat furniture kayu, merawat mebel kayu, cara merawat mebel kayu,
merawat furniture kayu – diminimalis.com

Ada beberapa cara efekti untuk merawat furniture kayu supaya bisa awet tahan lama. Anda bisa mempraktekkannya pada furniture kayu Anda dirumah.

1. Perhatikan penempatan furniture Anda dengan keadaan disekitarnya. Anda harus paham, furniture mana saja yang layak ditempatkan di dalam maupun di luar ruangan. Ada furniture yang tahan terhadap kelembaban di dalam ruangan, ada juga furniture yang tetap kokoh meski diletakkan di luar ruangan, meski kerap diterpa panas dan hujan.

2. Hilangkan debu dan kotoran yang menempel pada furniture kayu menggunakan vacuum cleaner mini. Debu dan kotoran yang menempel akan membuat furniture kayu jati menjadi terlihat kusam dan lapuk. Pilih cairan khusus pembersih kayu yang memiliki kualitas baik, dan jangan lupa untuk membaca petunjuk pemakaiannya.

Demikian penjelasan dan uraian kami tentang furniture kayu bekas dan cara merawatnya. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang aneka furniture rumah minimalis yang multifungsi di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Aneka furniture rumah minimalis yang multifungsi

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.