Memiliki furniture yang mewah harus tahu bagaimana cara merawatnya. Salah satu furniture mewah yang perlu perawatan intens adalah furniture kayu Jati jepara. Sayangnya, tidak semua orang tahu persis bagaimana cara merawat furniture jati Jepara mewah agar tetap awet dan terlihat wah. Apakah Anda salah satunya?

Perawatan furniture jati memang tidak bisa sembarangan. Hal ini menjadi penting jika Anda ingin furniture jati jepara mewah yang Anda miliki terlihat tetap cantik dan menarik. Untuk Anda yang belum tahu cara merawatnya, tidak perlu khawatir karena semua upaya perawatan furniture jati Jepara mewah terbilang mudah. Justru yang terpenting dalam perawatan furniture jati Jepara ini adalah soal konsistensi perawatannya.

 furniture jati jepara mewah furniture klasik jepara, mebel jepara, furniture klasik mewah, mebel jati jepara, jual mebel jepara, mebel jepara murah, furniture jati minimalis, mebel jepara minimalis
Tips merawat furniture jati Jepara mewah di rumah – Diminimalis.com

Tips dan Cara Simpel Merawat Furniture Jati Jepara Mewah

Banyak yang bingung bagaimana kiat terbaik untuk merawat furniture jati Jepara mewah yang ada di rumah masing-masing. Padahal, keunggulan furniture jati jepara salah satunya ada pada tampilannya yang bersih berkilai. Sehingga, asalkan paham betul dengan karakteristik bahannya sudah cukup untuk tahu bagaimana strategi perawatannya. Berikut ini akan kami bahas mengenai cara tersimpe merawat furniture jati jepara mewah Anda.

• Peletakkan

Hal utama yang paling wajib diperhatikan agar furniture jati tetap awetadalah peletakkan yang tepat. Posisikan perabot rumah dari kayu jati tadi di ruangan yang kering, bersih, dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung, pastikan juga berada di suhu yang tidak lembab. Untuk tempat yang bersih dan kering tentu saja sangat jelas alasannya agar tidak membuat furniture cepat rusak.

Sedangkan untuk penempatan furniture di ruangan yang terjaga suhunya baik dan mendukung adalah demi menjaga komponen kayu agar tetap berkualitas. Jika suhu terlalu lembab, maka proses oksidasi bisa membuat kayu menjadi lebih cepat lapuk dan keropos. Terlebih lagi jika terkena sinar matahari secara langsung, lapisan cat akan menjadi cepat pudar dan tampilannya jadi cepat kusam dan kurang menarik.

• Bersihkan dari debu setiap hari

merawat furniture kayu jati, cairan untuk mengkilapkan kayu jati, cairan pembersih kayu jati, cairan pembersih furniture kayu, cara mengkilapkan perabot kayu, cara mengkilapkan kursi kayu, minyak kayu jati, bahan alami pengkilap kayu, cara membersihkan furniture kayu,
Debu pada furniture jati perlu dibersihkan setiap hari – Diminimalis.com

Debu di dalam rumah seringkali terlewatkan untuk diperhatikan padahal menjadi penyumbang kotoran terutama pada furniture. Debu yang menempel pada furniture jati asli Jepara yang mewah tentu saja akan mengurangi penampilannya.

Debu yang jarang dibersihkan juga akan bisa menjadi susah untuk dihilangkan, dan tentunya membuat furniture menjadi tidak nyaman untuk digunakan.

Maka dari itu, pembersihan debu setiap hari harus selalu dilakukan. Namun perlu diingat, alat yang digunakan untuk membersihkannya harus juga harus dipilih yang terbaik agar tidak merusak permukaan furniture. Jika menggunakan lap, maka perlu dipilih kain lap yang tidak terlalu kasar, namun tetap bisa digunakan sebagai pembersih debu. Jika menggunakan komoceng dan kuas, pilihlah yang berkualitas, agar bulunya tidak tertinggal disela-sela furniture yang justru akan membuat kotor.

• Gunakan cairan pembersih khusus mebel

Cairan apakah yang Anda gunakan untuk membersihkan produk mebel jati jepara minimali di rumah Anda? Jika sembarangan menggunakan cairan pembersih maka ditakutkan akan justru merusak kualitas kayu jatinya. Beberapa cairan pembersih yang terlalu keras akan bisa membuat proses oksidasi menjadi lebih cepat dan bahkan bisa merusak pewarnaan.

Namun jika menggunakan air biasa, tentu saja tidak didapatkan kebersihan yang total. Untuk itu, agar furniture Anda tetap bersih, higienis dan tidak merusak kualitas kayunya maka gunakan cairan khusus pembersih mebel yang dijual di pasaran. Pilihlah produk yang berkualitas dan sesuaikan dengan jenis kayu jati yang Anda miliki.

• Lakukan pemolesan rutin

merawat furniture kayu jati, cairan untuk mengkilapkan kayu jati, cairan pembersih kayu jati, cairan pembersih furniture kayu, cara mengkilapkan perabot kayu, cara mengkilapkan kursi kayu, minyak kayu jati, bahan alami pengkilap kayu, cara membersihkan furniture kayu,
Alangkah baiknya furniture Jati Anda perlu disemir, agar tampilannya semakin cantik – Diminimalis.com

Merawat furniture jati jepara mewah bukan hanya soal pembersihan saja, namun juga soal menjaga tampilannya agar tetap bersih dan kinclong. Salah satu cara terbaiknya adalah dengan menyemirnya alias menggunakan bahan tertentu untuk mmengelapnya.

Ya, tampilan dari furniture bisa terlihat tetap wah dan berkilau seperti baru, dengan diberikan semir dan digosokkan menggunakan kain lap halus.

Selain menggunakan semir, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai cairan yang bisa dibuat sendiri untuk merawat furniture. Beberapa cairan yng dimaksud antara lain seperti air cuka, air teh basi, biji kemiri, atau juga bisa membersihkan furniture dengan tepung sagu.

• Disiplian membersihkan noda yang menempel

Berbagai produk furniture bisa terkena noda yang tentu saja bisa mengganggu penampilan. Contohnya jika terkena noda putih, bersihkan menggunakan kain yang dioleskan dengan minyak goreng yang dicampur dengan abu rokok.

Contoh lain untuk menghilangkan noda yang membandel, bisa gunakan pasta gigi atau juga baking soda. Dan jika terdapat noda lilin di atas produk meja furniture, maka Anda bisa membersihkan menggunakan pengering rambut untuk memanaskannya, dan setelah itu hanya tinggal dilap menggunakan kain basah.

• Lakukan finishing ulang

Khusus untuk produk furniture yang diletakkan di tempat terbuka, maka perlu sekali melakukan finishing ulang. Pengecatan atau melakukan pelitur ulang memang diperlukan pada furniture yang sudah tampak memudar warnanya.

Perawatan seperti ini bisa dilakukan misalnya tiga tahun sekali. Dalam rentan waktu tersebut, Anda bisa cukup memoles menggunakan minyak jati beberapa hari sekali.

• Hindari sebisa mungkin goresan

Furniture yang permukaannya sudah tergores atau bahkan terdapat lecet maka tentu saja mengurangi keistimewaannya. Maka dari itu, Anda wajib meminimalisir goresan sebaik mungkin, misalnya menggunakan taplak untuk perabot mebel meja, dan selalu mengangkatnya ketika ingin menggeser perabotan yang ada di rumah Anda.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai cara merawat furniture jati jepara mewah khususnya di rumah Anda. Berbagai hal dalam perawatan furniture yang telah dijelaskan tadi wajib dipahami oleh Anda dan juga semua penghuni rumah Anda. Terlebih lagi jika Anda memiliki asisten rumah tangga yang bertugas menjaga kebersihan rumah. Penting sekali Anda memberikan edukasi bagaimana cara merawat furniture kayu jati yang benar.

Jika Anda memahami bagaimana cara merawat furniture jati Jepara mewah yang benar, maka perabot rumah Anda akan tetap terlihat wah dalam waktu yang lama. Bukan hanya sekadar produk furniture yang kokoh dan bisa digunakan untuk jangka panjang, namun juga akan mendapatkan tampilan furniture yang tetap seperti baru. Agar furniture jati jepara Anda awet, jangan lupa untuk memahami cara merawat furniture kayu dengan benar, semoga bermanfaat! (an) editted by RN05072021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *