Fungsi Soda Ash untuk Menjernihkan Air Kolam Renang

Soda ash merupakan salah satu bahan kimia yang efektif untuk membersihkan kolam renang - diminimalis.com

Fungsi soda ash bsebagai salah satu obat untuk kolam renang adalah sebagi bahan pembersih air. Soda Ash sendiri merupakan sejenis bahan kimia yang digunakan untuk menaikan pH pada air kolam. Jika pH air kurang dari batas normal, maka kualitas air kolam akan turun jika terkena tambahan air, baik itu tambahan dari air hujan atau air dari kran.

 Fungsi soda ash, Fungsi soda ash pada kolam renang, Fungsi soda ash dalam pengolahan kolam renang, soda ash kolam renang
Soda ash merupakan salah satu bahan kimia yang efektif untuk membersihkan kolam renang – diminimalis.com

Dalam pemanfaatannya, soda ash digunakan mengikat kotoran yang ada didalam air kolam, sehingga kotoran yang terdapat pada kolam renang dapat mengendap ke dasar. Sebelum menggunakannya, obat kolam renang ini perlu dilarutkan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kolam.

Fungsi Soda Ash untuk Perawatan Kolam Renang Anda

Soda ash memiliki nama ilmiah karbonat natrium (Na2CO3). Soda ash adalah garam sodium dari asam karbonat berbentuk bubuk putih yang tidak berbau. Soda Ash memiliki basis berbeda dengan HCL yang lebih asam. Sodah ash juga mampu menyerap kelembaban dari udara dan membentuk larutan air alkali kuat. Karena sifat ini, soda ash digunakan sebagai obat pengendali pH air, juga dapat digunakan sebagai pelunak dan penjernih air.

manfaat soda ash, manfaat soda ash untuk kolam renang, fungsi soda ash pada air
soda ash bisa Anda dapatkan di toko bahan kimia – diminimalis.com

Soda ash termasuk chemical yang biasa digunakan sebagai penjernih air kolam yang keruh. Penyebab air kolam menjadi keruh diakibatkan oleh penumpukan lumut yang mati, sehingga air kolam renang menjadi berwarna kecoklatan dan kotor. Untuk menjaga air kolam tetap sehat, maka pH air kolam renang perlu diseimbangkan.

Anda bisa menggunakan soda ash untuk menyeimbangkan pH air kolam renang di rumah minimalis Anda. Dosis yang digunakan untuk menyeimbangkan pH air kolam renang harus deperiksa menggunakan test kit untuk disesuaikan dengan kondisi air kolam dan volumenya.

Cara Menggunaka Soda Ash untuk Perawatan Kolam Renang

Dalam penggunaannya, soda ash harus dicampur dengan air terlebih dahulu dan diaduk di dalam ember kecil,kemudian dilarutkan di dalam bit kolam sedikit demi sedikit. Filter mesin saat menambahkan soda ash harus dalam posisi sirkulasi, hal ini dimaksudkan supaya soda ash dapat dilarutkan dalam air kolam renang secara merata. Setelah itu diarkan selama kurang lebih 24 jam dan hingga esok harinya.

Setelah chemical ini bekerja, maka hasil yang dapat terlihat adalah adanya endapan kotoran yang berwarna kecoklatan di dasar kolam, ini artinya kotoran lumut yang mati telah terpisah dari air kolam. Selanjutnya untuk membersihkan kotoran tersebut, kita dapat melakukan penyedotan dengan selang atau vacuum head. Dengan menggunakan soda ash, Anda bisa meraawat kolam renang supaya tetap sehat dan jernih.

Demikian ulasan kami tentang fungsi soda ash untuk perawatan kolam renang Anda,semoga bermanfaat. (ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.