Berbagai Fungsi Partisi Ruangan Selain Sebagai Sekat Pembatas

Dalam dunia desain interior, kita mengenal partisi sebagai salah satu ide memisahkan dua ruangan berbeda secara mudah. Fungsi partisi ruangan sendiri selain sebagai pemisah biasa juga sekaligus untuk menjaga privasi, menghadirkan nilai dekorasi, dan lain-lain. Untuk itu, partisi ruangan ini cukup penting untuk diaplikasikan pada rumah minimalis jika ingin menghadirkan suasana berbeda.

Ketimbang membangun dinding tebal hanya bertujuan untuk memisahkan dua ruangan yang bersebelahan lebih efisien menggunakan partisi. Untuk pemisah sendiri, Anda bisa pilih yang model partisi ruangan portable, atau bisa juga yang semi permanen. Bahannya juga bermacam-macam, ada kaca, kayu bahkan sekedar rak vertikal.

Mengenal Partisi Ruangan sebagai Alternatif Sekat

Partisi merupakan sekat yang membatasi antara ruang satu dengan lainnya. Perlu diketahui bahwa partisi ruangan berbeda dengan dinding pembatas, meski fungsi dasarnya sama. Partisi sendiri bisa dipindah dan diatur tata letaknya sesuai keinginan. Inilah yang membedakan antara partisi dengan dinding pembatas.

Dari sini ada beberapa fungsi partisi ruangan yang perlu Anda ketahui. Tujuannya agar Anda punya gambaran tambahan akan seperti apa desain partisi yang dipakai. Kalau sekedar sebagai pembatas biasa dengan tampilan seadanya tentu sangat disayangkan. Akan lebih baik jika ada fungsi lain yang hendak dicapai. Misalnya sekaligus mengakomodir tampilan ruangan sehingga partisinya dibuat sebagus mungkin.

fungsi partisi ruangan, material untuk dinding partisi bahan partisi ruang, macam macam partisi ruang, pengertian dinding partisi, macam macam dinding partisi, Sekat ruangan rumah minimalis
Partisi berbahan kayu yang multi fungsi- diminimalis.com

Berbagai Fungsi Partisi Ruangan untuk Rumah Minimalis

Adanya partisi pada sebuah interior bertujuan untuk membedakan fungsi yang berbeda dari dua ruangan tersebut. Dari sini jelas bahwa fungsi partisi ruangan yang utama adalah mendefinisikan kegunaan dari sebuah ruangan yang hendak dipisahkan. Dengan demikian aktivitas pada masing-masing ruangan dapat dibuat lebih spesifik.

Di bawah ini kami telah merangkum untuk Anda berbagai fungsi partisi ruangan yang bisa Anda dapatkan jika diterapkan pada rumah minimalis Anda, diantaranya:

Sebagai pemisah dua ruangan

Dua ruangan yang dipisahkan oleh partisi maka nilai fungsionalnya jadi berbeda. Contoh penerapannya ialah pada interior rumah minimalis. Menggabungkan ruang tamu dengan ruang tengah, atau ruang keluarga dengan ruang makan.

Maka dari itu, sebelum menentukan dan memilih desain partisi ruangan, yang harus dilakukan adalah menentukan terlebih dahulu fungsi utama dari ruangan tersebut. Setelah itu baru bisa menentukan model partisi rumah yang tepat untuk dipasang. Sehingga dengan begitu fungsi partisi ruangan sebagai pemisah bisa dimaksimalkan.

Memberi privasi khusus untuk dua ruangan tersebut

Misalnya pada desain interior yang menggabungkan ruang tamu dan ruang tengah, kita akan membutuhkan partisi ruang minimalis untuk memisahkan keduanya. Tanpa adanya partisi, kedua ruangan tersebut tidak akan dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Disinilah perlunya partisi untuk mengupayakan privasi dari masing-masing ruangan

Untuk ruang keluarga, yaitu bagaimana caranya agar segala aktivitas bersantai dan berkumpul tidak terekspos oleh orang non keluarga. Sementara bagi tamu di ruang tamu, tidak terganggu oleh berisiknya anak-anak saat bermain di ruang keluarga. Demikian pula jika mengambil contoh ruangan lain. Fungsi dari kedua ruangan tersebut mesti dibuat mesti terjaga privasinya dengan adanya partisi.

Sebagai elemen penghias ruangan

Saat ini partisi atau penyekat ruangan sering dipakai tidak hanya untuk memisahkan dua ruangan saja, tapi juga sebagai penghias interior. Anda bisa membuat partisi dengan berbagai desain yang menawan, ataupun memasang berbagai hiasan pada partisi Anda. Dengan menghadirkan partisi yang cantik, fungsinya tak lagi hanya sekedar pembatas ruangan saja, namun juga bisa dijadikan sebagai elemen dekoratif interior rumah minimalis Anda.

Jadi hanya dengan sebuah paritisi, Anda akan mendapatkan dua manfaat sekaligus. Yaitu, elemen pemisah dan sekaligus penghias ruangan.

Mengenal Berbagai Material yang Biasa Digunakan Sebagai Partisi

Ada berbagai macam material partisi yang dapat Anda gunakan untuk menyekat dan menghias rumah Anda. Setiap bahan partisi mempunyai karakter sendiri yang bisa disesuaikan dengan desain yang Anda inginkan. Beberapa bahan yang umum digunakan sebagai material partisi antara lain.

Kaca

partisi rumah minimalis, partisi rumah minimalis modern, partisi rumah minimalis mungil, sekat ruang minimalis
partisi dari kaca untuk memisahkan ruang dapur dengan ruang tengah – diminimalis.com

Material pertama yang sering dipakai sebagai partisi ruangan adalah kaca. Bahan kacanya tentu saja berbeda dengan yang biasa karena fungsi utamanya sebagai penyekat yaitu lebih tebal.

Keunggulan partisi berbahan kaca ialah dapat menjadikan ruangan tetap terang sehingga tidak butuh banyak titik pencahayaan. Meski ada sekat, tidak menghalangi salah satu ruangan dari cahaya yang berasal dari ruangan lainnya.

Selain itu, kesan luas juga akan tercipta dengan adanya efek bening dari partisi berbahan kaca tersebut. Namun partisi berbahan kaca tentu tidak cocok untuk memisahkan ruangan yang membutuhkan privasi tinggi. Seperti misalnya antara ruang tamu dengan dengan ruangan lain seperti kamar tidur. Jadi, jika suka dengan kaca, tinggal dipilih saja dan terapkan pada ruangan yang tepat.

Kayu

Material kayu mudah dibentuk menjadi berbagai jenis partisi yang multi-fungsi. Anda bisa membuatnya hanya sekedar sebagai bidang pembatas dengan berbagai ornamen hiasan, ataupun dengan menjadikannya lemari pajangan. Semuanya sama-sama bisa difungsikan sebagai partisi pembatas ruangan yang bisa ditambahkan dengan berbagai pernak-pernik hiasan yang cantik.

Bambu

Anda dapat menata bambu utuh (berupa bumbung) atau mengolahnya menjadi anyaman. Kesan etnik akan semakin terlihat ketika Anda bisa memilih jenis pohon bambu hias yang bagus. Pilih bambu yang mempunyai tekstur yang unik. Nuansa alami akan didapat pada ruangan yang diberikan elemen partisi berbahan bambu ini.

Material partisi dari bambu sangat cocok untuk dijadikan penyekat ruang tamu dengan ruangan ruangan lain yang berdekatan. Asalkan Anda mampu mendesain dengan baik pasti hasilnya akan maksimal.

Jadi, jangan berhenti mencoba berbagai model sekat yang diinginkan. Jika menemukan yang terbaik maka sebaiknya segera diaplikasikan. Anda akan mendapatkan berbagai fungsi partisi ruangan jika mampu mengeksplorasi kebutuhan ruangan. Stay be creative!

Mungkin sekian dulu ulasan dari kami tentang fungsi partisi ruangan pada rumah minimalis. Semoga dengan ulasan kami di atas, Anda dapat memisahkan ruangan sekaligus memberikan nilai estetika dari partisi yang Anda gunakan. (ls) editted by RN22092020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.