Fungsi Aluminium Foil sebagai Isolasi Atap Bangunan

Fungsi aluminium foil pada rangka atap dapat digunakan sebagai penahan panas dan radiasi matahari yang menembus plafon rumah. Kita yang tinggal di wilayah tropis, sering merasakan panas akibat terpaan sinar matahari di siang hari. Maka cara terbaik untuk mencegah panas menembus ke dalam rumah adalah dengan memasang aluminium foil dibawah atap bangunan.

fungsi aluminium foil, fungsi aluminium foil pada atap, aluminium foil pelapis atap

Rangka baja ringan yang dilapisi aluminium foil – diminimalis.com

Aluminium foil terbuat dari bahan yang kuat, elastis dan tahan air serta freon. Sehingga aman dan ramah lingkungan. Selain itu, aluminium foil juga membantu menahan dan memantulkan panas sinar matahari masuk ke rumah. Biasanya bahan ini dipasang pada rangka atap untuk melindungi kebocoran akibat air hujan dan embun.

Fungsi Aluminium Foil pada Rangka Atap Rumah

Fungsi pemasangan aluminium foil pada rangka atap rumah diantaranya:

fungsi aluminium foil, fungsi aluminium foil pada atap, aluminium foil pelapis atap

Aluminium foil sebagai pelapis atap, dapat menangkal panas akibat sengatan matahari – diminimalis.com

1. Mengurangi radiasi matahari hingga 97 %. Karena pada iklim tropis, pada siang hari biasanya suhu di dalam ruangan atau rumah biasanya lebih panas. Hal ini disebabkan perpindahan radiasi panas di bagian atas atap, berpindah ke bagian bawah atap. Aluminium foil yang dipasang berfungsi memantulkan kembali radiasi matahari tersebut, sehingga suhu di dalam ruangan menjadi lebih sejuk.

2. Aluminium foil berfungsi menghalangi aliran air. Jika terjadi kebocoran pada atap, sehingga air tidak langsung masuk ke dalam ruangan.

3. Mampu mencegah rumah dari kebakaran. Karena aluminium foil mempunyai bahan kemurnian 99,45 % dari polyethylene, tahan robek, tidak menghantarkan api, reduksi suara hingga 6 db dan titik leleh hingga 310 derajat celcius.

4. Fungsi aluminium foil lainnya dapat digunakan untuk melindungi rumah dari air hujan, embun dan debu. Biasanya saat menggunakan jasa pemasangan rangka atap baja ringan. Anda juga akan mendapatkan layanan pemasangan aluminium foil.

Tipe aluminium foil yang ada di pasaran adalah:

Terdapat dua jenis umum aluminium foil yang sering digunakan pada konstruksi atap, khususnya rangka atap baja ringan, yaitu single side (satu sisi) dan double side (dua sisi).

1. Single side adalah lapisan yang hanya satu sisi, sehingga hanya akan terlihat mengkilap di bagian atas tetapi buram di bagian bawah.
2. Double side lapisan yang mengkilap ada pada atas dan bawah alias dua sisi. Kelebihan dari aluminium double side adalah mampu menolak radiasi lebih efektif dan lebih kuat jika dibanding dengan single side.

Cara pemasangan aluminium foil adalah dengan menempatkan diantara reng dan profil C (dijepit) dengan penarikan yang rata. Penarikan harus dilakukan dengan kekuatan sedang agar aluminium foil tidak robek atau rusak.

Fungsi Aluminium Foil untuk Kebutuhan Sehari-hari

Selain dapat digunakan untuk atap rumah, aluminium foil juga dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Lantas apa saja fungsi aluminium foil yang dapat Anda rasakan?

1. Mencuci Peralatan Masak dari Noda Membandel

Pada umumnya orang akan menggunakan kawat besi untuk membersihkan noda membandel pada peralatan masak. Apabila Anda tidak mempunyai kawat besi, Anda dapat menggantinya dengan aluminium foil. Caranya mudah, hanya dengan membentuk aluminium foil seperti bola-bola dan Anda dapat menggunakan untuk menghilangkan noda membandel.

2. Mempertajam Gunting

Gunting Anda sudah mulai tumpul? Salah satu fungsi aluminium foil selanjutnya adalah mempertajam gunting. Caranya adalah dengan menggunting aluminium foil perlahan hingga benar-benar tajam. Seketika gunting akan mengkilap dan sangat tajam.

3. Membersihkan Pemanggang

Pemanggang atau biasa disebut dengan oven bisanya terdapat noda-noda yang jatuh di sekitarnya. Setelah selesai melakukan pemanggangan, Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan aluminium foil. Caranya dengan menggosokan aluminium foil pada oven.

4. Membantu Proses Pematangan Lebih Cepat

Fungsi aluminium foil selanjutnya adalah meratakan proses pemanggangan. Umumnya aluminium foil dijadikan wadah atau alas makanan yang akan dipanggang. Langkah ini dapat mempercepat proses pematangan makanan lebih merata.

Langkah yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan fungsi aluminium foil untuk membakar atau memanggang ikan yaitu pertama, lapisi terlebih dahulu oven dengan aluminium foil kemudian lapisi makanan yang ingin dipanggang dengan aluminium foil. Kedua, hindari penggunaan aluminium foil pada microwave. Hal ini dikarenakan gelombang elektromagnetik dari microwave tidak dapat menembus logam dan makanan tidak dapat  panas merata.

5. Membantu Makanan Lebih Awet

Anda bingung mencari cara untuk mengawetkan makanan? Tidak ingin ribet dan membeli wadah yang mahal? Anda dapat menggunakan aluminium foil untuk membungkus makanan kemudian letakkan di dalam kulkas. Cara ini sangat membantu makanan agar lebih awet dan tetap lezat.

6. Merapikan Pakaian

Baju yang terdapat tulisan atau gambar sablon biasanya akan lengket jika di setrika dan mudah kusut. Anda yang tidak ingin mengalami hal ini dapat memanfaatkan aluminium foil untuk merapikan baju. Caranya letakkan aluminium foil di bawah pakaian yang ingin Anda setrika. Anda akan mendapatkan baju yang rapi dan tidak lengket akibat panas.

7. Memperkuat Masa Baterai dan Sinyal WIFI

Jam atau remote yang sudah aus seringkali membuat baterai mudah lepas dari tempat pemasangannya. Langkah yang tepat untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menyisipkan aluminium yang diletakkan di antara baterai dan spiral.

Selain itu, aluminium foil juga berfungsi untuk memperkuat sinyal WIFI. Caranya dengan memasang aluminium foil di dekat tembok. Sinyal yang biasanya terbuang begitu saja ke segala arah dapat menggunakan aluminium foil untuk memancarkan kembali sinyal yang dipasang di tembok.

8. Memutihkan Gigi

Selanjutnya, aluminium foil dapat digunakan untuk memutihkan gigi. Caranya dengan mencampurkan sedikit soda kue dan pasta gigi pada aluminium foil. Kemudian Anda dapat melipat aluminium foil menjadi pita lalu tempatkan pada gigi. Tunggu selama satu jam. Lakukan dua kali dalam seminggu agar hasil lebih maksimal.

Namun, perlu diketahui juga bahwa fungsi aluminium foil untuk memutihkan gigi yang dilakukan secara terus menerus dapat mempengaruhi email gigi. Umumnya cara ini dilakukan pada orang yang mempunyai masalah pada gigi seperti matinya saraf. Selebihnya proses pemutihan gigi dilakukan untuk kecantikan.

9. Menghantarkan Panas

Aluminium foil dapat bermanfaat untuk menghantarkan panas. Cara ini sangat baik untuk Anda yang tinggal di tempat yang mempunyai suhu dingin. Caranya dengan menyelipkan aluminium foil di belakang radiator untuk menghantarkan panas ke ruangan.

10. Mencegah Tetesan pada Cairan

Fungsi aluminium foil yang terakhir adalah mencegah cat yang menetes saat melakukan pengecatan awal atau pengecatan ulang pada dinding. Anda dapat melapisi aluminium foil di handel pintu, kenop, atau stopkontak. Dijamin cat tidak akan menempel pada benda-benda tersebut.

Demikian ulasan kami tentang fungsi aluminium foil sebagai pelengkap rangka baja ringan, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang manfaat baja ringan untuk konstruksi rumah minimalis Anda di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls) editted by AL130121.

Manfaat baja ringan untuk konstruksi rumah minimalis Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.