Desain Foyer Rumah yang Sebaiknya Ada pada Konsep Rumah Minimalis Tropis

Ruang tamu memang menjadi tempat utama untuk menyambut dan menerima kehadiran seseorang yang datang ke rumah. Namun, disadari atau tidak, sebagian tamu hanya datang untuk berbincang dan menyampaikan maksud kedatangannya secara singkat. Untuk itu, kerap kali diperlukan sebuah area khusus untuk menemui mereka tanpa perlu mengajaknya ke ruang utama.

Dalam dunia arsitektur modern, area seperti ini disebut foyer. Dulu, area foyer rumah dikenal sangat fungsional, yakni sebagai area menyambut tamu sebelum ke ruang utama. Selain itu, foyer juga dipakai untuk meletakkan alat-alat yang sering dipakai seperti jaket, sepatu atau mantel hujan

Fungsi Foyer Rumah pada Hunian Minimalis Modern

Dulu, foyer rumah banyak diterapkan pada desain arsitektur barat. Fungsinya untuk mengurangi suhu dari luar ruangan yang masuk ke dalam rumah ketika musim dingin. Tidak jarang area foyer juga dilengkapi dengan tiang untuk menggantungkan jaket atau mantel hujan. Sebagian lainnya memanfaatkan foyer sebagai tempat transit para tamu yang datang sebelum memasuki ruang utama.

 foyer rumah, foyer rumah mungil, foyer rumah minimalis, desain foyer rumah minimalis, foyer rumah minimalis, desain foyer rumah minimalis, contoh foyer, ruang foyer, meja foyer, foyer adalah, pengertian foyer

foyer rumah minimalis bercorak putih – diminimalis.comDesain foyer saat ini, umumnya masih banyak yang mengambil contoh desain dari rumah ala barat. Jika diamati, fungsi foyer pada hunian-hunian Eropa adalah sebagai pemisah ruangan agar suhu dingin tidak langsung masuk ke dalam rumah. Hal ini tentu berbeda dengan kita di Indonesia yang tidak mengalami musim dingin. Jadi, fungsinya pun lambat laun bergeser.

Di Indonesia, foyer dimanfaatkan oleh pemilik rumah hanya untuk keperluan menyambut tamu dan pendongkrak estetika saja. Tamu-tamu yang datang hanya untuk singgah beberapa menit saja biasanya akan ditemui di foyer rumah. Sebenarnya, ini juga hampir mirip dengan area tunggu ruang dokter yang membuka praktek di rumah.

Secara singkat, berikut ini kelebihan dan kekurangan memiliki foyer di rumah minimalis Anda.

Kelebihan

  • Foyer bisa jadi ruang tamu utama saat darurat

Saat momen-momen tertentu, biasanya rumah akan kebanjiran tamu, misalnya saja saat lebaran. Nah, keberadaan foyer bisa dipakai sebagai ruang tamu tambahan jika ruang utama sesak. Paling pas untuk area berkumpul anak-anak.

  • Privasi terjaga, foyer bisa jadi tempat transit tamu

Seperti sudah sedikit disinggung di atas, foyer juga berfungsi sebagai tempat transit tamu yang datang ke rumah. Jenis-jenis tamu yang tidak memiliki kepentingan berbincang cukup lama seperti kurir barang dan tukang pos bisa menunggu di foyer ini.

Di sisi lain, foyer juga bisa dimanfaatkan untuk menerima tamu berbeda yang datang bersamaan. Nah, dengan menyambut mereka, para tamu, tidak langsung masuk ke ruang utama, ini sekaligus menjaga privasi rumah Anda.

  • Foyer bisa mengurangi debu dan polusi udara dari luar yang masuk ke ruang tamu utama.

Siapa sangka jika foyer juga bisa berfungsi untuk meminimalisasi persebaran debu dan polusi udara. Ya, keberadaan foyer rumah minimalis memang secara tidak langsung mampu mengatasi potensi udara buruk masuk ke ruang tamu dan ruangan lainnya.

  • Mengurangi suhu panas dari luar ruangan

Foyer juga berfungsi sebagai pelindung dari udara panas yang bisa masuk ke dalam ruangan. Dengan adanya foyer, udara tertahan di area tersebut dan kemudian menghilang. Ruang tamu utama jadi aman dan tetap sejuk bukan?

Kekurangan

  • Memerlukan area tambahan dari luas rumah

Keberadaan foyer di sebuah rumah tentu memerlukan alokasi area khusus. Ini tentu akan jadi beban jika luas lahan bangunan di rumah Anda tidak terlalu luas atau terbatas.

  • Biaya pembuatan dan perawatan mahal

Membuat foyer di dalam rumah juga perlu biaya bukan? Dari mulai merencanakan desain, pengadaan elemen kelengkapannya, hingga perawatannya juga butuh tenaga dan biaya. Sebagian orang akan berpikir dua kali untuk membuat foyer karena alasan ini.

foyer rumah minimalis, desain foyer rumah minimalis, contoh foyer, ruang foyer, meja foyer, foyer adalah, pengertian foyer
foyer rumah minimalis dengan hiasan di dinding – diminimalis.com

Tips Menciptakan Foyer Rumah yang Fungsional

Membuat foyer yang cantik dan menarik di rumah minimalis sudah bukan lagi sebuah masalah. Untuk rumah berdesain mungil, foyer tidak harus tepat dibuat di depan ruang tamu. Membuat foyer di samping rumah atau pintu belakang juga sah-sah saja.

Nah, bagaimana sih memulai desain foyer yang recommended untuk sebuah rumah minimalis? Berikut tipsnya:

1. Pemilihan posisi foyer

Untuk rumah minimalis, posisi foyer bisa saja tidak di depan rumah. Pemilihan area penempatannya fleksibel, bisa di dekat pintu samping atau pintu belakang rumah. Area untuk foyer ini juga tidak harus berbentuk ruang khusus, cukup model semi-terbuka saja juga tetap bagus mengingat foyer merupakan area publik.

2. Tujuan dibuatnya foyer

Dulu, selain mencegah udara dingin, foyer juga dibuat sebagai area pajangan benda-benda koleksi, dengan kata lain sekedar elemen dekoratif. Namun, di era saat ini, foyer memiliki fungsi yang lebih kompleks dari sekedar itu.

Misalnya, foyer dimanfaatkan sebagai ruang tamu mini sebelum masuk ke ruang tamu utama yang lebih privat. Ada juga yang memanfaatkannya sebagai tempat penyimpanan, atau bahkan area telepon rumah. Jadi, tentukan dulu fungsi foyer rumah yang Anda buat, agar lebih mudah memikirkan tahapan berikutnya.

Seandainya foyer di rumah Anda dibuat untuk elemen dekoratif, Anda bisa lengkapi dengan hiasan seperti foto, vas bunga, dan sebagainya. Tapi itu pikirkan saja setelahnya. Selanjutnya.

3. Sesuaikan dengan tema desain

Foyer meski bukan ruang utama, namun pemilihan desainnya tetap harus jadi pertimbangan penting. Hal ini karena foyer berperan penting dalam membuat ruangan jadi bagus atau tidak. Pilihlah warna-warna menyentuh seperti cokelat, abu-abu, atau merah marun untuk menciptakan suasana hangat di dalamnya.

4. Pilih furniture pelengkap yang tepat

Ada kaitannya dengan fungsi, pemilihan furniture sangat penting untuk menunjang fungsionalitas ruangan. Jika Anda ingin mendesain foyer sebagai elemen dekorasi, adopsilah furniture sederhana, seperti meja panjang dan beberapa buah kursi jika memang mengedepan sambutan pada tamu.

Selain itu, jika ingin terlihat anggun, Anda juga bisa menambahkan cermin di atas meja panjang tersebut. Keberadaan cermin mampu membuat lorong foyer terasa lebih luas. Cermin ini juga bisa berfungsi untuk berkaca sebelum bepergian ke luar.

Sementara, jika Anda membuat foyer sebagai area menyambut tamu, jangan lupa tambahkan kursi dan meja yang cocok dengan warna dinding. Lantaran foyer umumnya berukuran kecil, jadi jangan gunakan furniture terlalu besar seperti pada ruang tamu utama agar tidak sempit. Sederhana saja, yang penting cukup untuk menyambut tamu sementara.

5. Beri partisi

Terakhir, jangan lupa foyer diberi partisi diantara space-nya dengan ruang tamu. Ini berguna untuk memisahkan area privat dan publik. Partisi ruangan yang bisa dipakai cukup banyak, ada pintu, dinding portable, rak buku, tripleks dan sebagainya.

Bisa juga dengan menerapkan partisi semu dimana hanya mengandalkan perbedaan ketinggian lantai dengan ruang tamu. Ini malah bisa jadi ide yang bagus agar adanya partisi tidak menambah kesan sumpek.

Jadi, intinya, foyer rumah bisa dibuat sesederhana mungkin juga bisa sebagus dan semewah mungkin. Sesuaikan saja desainnya dengan fungsi dan tujuan yang ingin Anda capai dari membuat foyer tersebut. Terakhir, semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat untuk Anda. (ls) editted by RN04052020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.